UTUL UGM: Segala Hal yang Wajib Kamu Tahu untuk Sukses Jadi Gamada!

Hayo, siapa di sini yang lagi belajar untuk persiapan UTBK? Sebagai persyaratan utama untuk masuk ke PTN favoritmu, tentu Sobat SimulasiKu harus mempersiapkannya secara matang. Namun, apabila belum beruntung, kamu tetap bisa mendaftar lewat seleksi mandiri, lo, salah satunya adalah UTUL UGM.

UTUL UGM sendiri merupakan salah satu jalur masuk Universitas Gadjah Mada yang paling populer. Nah, buat kamu yang berencana kuliah di sana, wajib banget pantengin informasi tentang jalur masuk tersebut di bawah ini. Check it out!

1. Gambaran Umum UTUL UGM

Gambaran Umum UTUL UGM
UTUL UGM sudah menggunakan sistem computer-based test

UTUL adalah singkatan dari Ujian Tulis. Seperti namanya, Sobat akan melakukan seleksi dengan mengerjakan beberapa macam tes. Nah, dari tes tersebut dengan kombinasi lainnya, Sobat bakal mengadu kemampuan dengan ratusan atau bahkan ribuan pendaftar lainnya.

Kalau harus bersaing dengan ribuan peserta, lantas, apa yang membuat UTUL lebih spesial daripada SNMPTN dan SBMPTN? Nah, potensinya terletak pada jumlah penerimaan pesertanya. For your information, UGM menerima lebih banyak peserta melalui jalur UTUL daripada jalur SNMPTN dan SBMPTN, lo!

Pada tahun 2021, UGM menerima 3.240 mahasiswa baru melalui jalur UTUL UGM. Sementara itu, kampus ini hanya menerima 2.925 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dan 2.069 melalui jalur SNMPTN. Lumayan banget, kan?

Lebih jauh lagi, sejak 2020, Kampus Biru ini mengganti nama jalur mandirinya tersebut menjadi CBT-UM UGM. “CBT”-nya merujuk pada pelaksanaan pengerjaan tes yang menggunakan sistem computer-based test (CBT). Jadi, jangan kaget kalau kamu menemukan istilah tadi karena keduanya sama.

2. Materi Tes

Materi Tes ujian tulis universitas gadjah mada
Terdapat 3 tes yang harus Sobat ikuti

Biasanya, bagian-bagian tes dari ujian tertulis yang satu ini tidak terlalu banyak yang berubah dari tahun ke tahun. Walaupun begitu, pada tahun 2021, terdapat penambahan tes. Kalau kita coba kelompokkan, tes-tes tersebut terbagi menjadi seperti di bawah ini:

  • TKA (Tes Kemampuan Akademik) yang berisi soal-soal Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia
  • TKDU (Tes Kemampuan Dasar Umum)
  • TKDU-Potensi (Tes Kemampuan Dasar Potensi)

Nah, TKDU-Potensi inilah yang baru pada 2021 kemarin. Ini adalah sekumpulan soal-soal psikotes yang akan mengetes potensi Sobat sekalian.

Untuk kelompok ujian, ini terbagi menjadi 3:

  • Saintek (akan mendapatkan soal TKA Saintek, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika Peminatan)
  • Soshum (akan mendapatkan soal TKA Soshum, yaitu Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi)
  • Campuran (akan mendapatkan soal TKA Saintek dan Soshum)

Perlu menjadi catatan bahwa kamu hanya dapat memilih 1 kelompok ujian saja berdasarkan prodi yang kamu jadikan pilihan di seleksi ini.

Baca juga: SIMAK UI, 3 Fakta Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Persyaratan untuk Bisa Mengikuti UTUL UGM

Persyaratan untuk Bisa Mengikuti UTUL UGM
Kamu butuh surat keterangan lulus dan ijazah untuk bisa mendaftar

Selain materi, persyaratan juga penting untuk kamu ketahui. Jangan sampai kamu sudah capek-capek belajar, tetapi jadi sia-sia karena ternyata tidak memenuhi persyaratannya. Persyaratan UTUL UGM 2022 memang belum tersedia di website-nya, tapi kamu bisa menjadikan syarat-syarat tahun lalu sebagai referensi.

Persyaratan terbagi menjadi 2, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus. Syarat-syarat umum mengikuti seleksi ini adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Paket C dan sederajat tahun 2021, 2020, atau 2019
  • Mengikuti UTBK-SBMPTN 2021
  • Dalam keadaan sehat sehingga dapat mengikuti segala proses dengan baik

Sementara itu, syarat khusus adalah syarat yang perlu kamu perhatikan setelah memenuhi syarat umum. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk lulusan SMA/SMK/MA/Paket C tahun 2020 dan 2019, harus memiliki ijazah.
  • Untuk lulusan tahun 2021, minimal memiliki surat keterangan lulus (SKL) yang memuat informasi jati diri, foto terbaru, dan telah mendapat cap/stempel dari sekolah atau penyelenggara Paket C yang sah.
  • Pada saat mengikuti CBT-UM UGM 2021, peserta wajib membawa:
    • Ijazah (asli atau fotokopi berlegalisasi) atau SKL (asli);
    • Kartu ujian CBT-UM UGM Tahun 2021;
    • Kartu identitas (KTP atau KK);
    • Surat hasil tes kesehatan: PCR (masa berlaku 3×24 jam)/swab antigen (masa berlaku 3×24 jam)/GeNose (masa berlaku 2×24 jam) yang menyatakan bebas (negatif) Covid-19.

4. Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan Dokumen
Sobat perlu mengunggah sejumlah dokumen sebagai kelengkapan

Sambil menunggu pendaftaran UTUL UGM 2022 buka, kita bisa siapin dulu dokumennya. Semua dokumen yang ada di bawah akan menjadi bahan verifikasi identitasmu. Kemudian, prosedurnya adalah melalui unggahan online. Jadi, siapkan komputer dan koneksi internetnya, ya!

Scan dari dokumen-dokumen berikut perlu kamu ubah ukuran file-nya menjadi antara 150 KB sampai 800 KB serta dalam format .pdf:

  • Ijazah (untuk lulusan 2020 atau 2019) dan SKL (untuk lulusan 2021)
  • Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021
  • KTP atau KK

5. Lokasi Ujian UTUL UGM

Lokasi Ujian UTUL UGM
Sobat perlu datang ke tempat ujian karena UGM menyelenggarakan UTUL secara offline

Nah, sekarang saatnya siap-siap ke tempat ujian. Eh, jangan dulu karena UTUL UGM 2022 belum buka, ya, Sobat! Sambil menunggu buka, kita bisa cek lokasi ujian tahun lalu.

Pada 2021, UTUL UGM dapat Sobat ikuti dengan datang ke 2 kota penyelenggara, yaitu di Jakarta dan Yogyakarta. Hal ini sedikit berbeda dengan tahun 2019 yang berada di 5 kota, yaitu Jakarta, Medan, Pekanbaru, Surabaya, dan Yogyakarta.

Di Jakarta, Sobat akan menjalani tes UTUL UGM di gedung UGM Jakarta, sementara di Yogyakarta, kamu akan mengikutinya di Gedung UGM yang berada di Yogyakarta.

Gimana, Sobat? Mulai paham, kan, kalau jalur masuk UGM itu ada banyak banget? Setelah tahu kalau penerimaan mahasiswa baru lewat jalur UTUL UGM ini lebih banyak daripada jalur lainnya, apakah Sobat jadi semakin bersemangat buat dapetin UGM?

Untuk mempersiapkan diri “meminang” UGM, Sobat bisa coba-coba latihan UTBK dan seleksi mandiri lainnya, nih, di website SimulasiKu. Penasaran ada apa aja di dalamnya? Sekadar spoiler, lagi ada event try out, lo! Yuk, cek biar bisa ikutan!

Baca juga: Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us