Tips Belajar UTBK-Soshum, Cocok Untuk yang Lintas Jurusan!

Soal-soal UTBK adakalanya sering menjadi momok bagi para pendaftar perguruan tinggi, baik soal kelompok ujian Saintek maupun Soshum. Kedua kelompok ini tentunya membuat kamu harus mempersiapan pembelajaran UTBK secara matang.Ada yang mengatakan kelompok ujian Saintek susah karena adanya rumus yang super-duper rumit. Sedangkan pada kelompok Soshum, materi pelajarannya sangat variatif a.k.a berjibun. Kedua spektrum ujian itu akhirnya menuntut para ‘pejuang untuk dapat belajar UTBK agar lebih fokus.

Jika kamu sedang puyeng mempersiapakan diri untuk menghadapi UTBK, khususnya untuk kelompok ujian Soshum, sila simak kiat-kiat belajar di bawah ini!

1.Ubah Mindset-mu, Jangan Menganggap Belajar UTBK itu Beban!

jangan berfikir Belajar UTBK itu berat!
Jangan merasa terbebani dengan proses belajar, Kamerad!

Materi pelajaran Soshum memang terkenal variatif a.k.a berjibun. Namun, kamu jangan merasa terbebani dengan besarnya volume materi itu. Gini, anggap saja materi-materi Soshum yang kamu pelajari itu adalah bekal untuk masa-masa perkuliahan nantinya. Toh, nantinya kamu juga akan mendaftar di jurusan Soshum. 

Mindset belajar sebagai upaya menambah wawasan juga cocok bagi mereka yang lintas jurusan. Mungkin saja ada istilah-istilah dari bidang Soshum yang belum mereka kenal dan pahami. So, belajar materi Soshum juga jadi tahap persiapan bagi para pejuang UTBK biar nggak kudet saat berkuliah nantinya.

2. Pelajari Materi-materi Dasar, kemudian Kembangkan!

belajar utbk dengan cara pelajari dasar-dasar materinya!
Kamu bisa membuat mind map untuk membantu proses belajarmu

Sebagai langkah awal, kamu bisa mempelajari dahulu materi-materi Soshum yang paling dasar. Tujuannya agar kamu mendapat pondasi pemahaman yang kuat untuk bidang Sosial dan Humaniora. Setelahnya, kamu bisa belajar pada materi pelajar yang lebih lanjut. Jangan lupa untuk mengembangkan pemahamanmu terhadap materi pelajaran Soshum.

Eh, terus apa tujuannya mengembangkan materi? Tujuannya untuk melatih kemampuan menalar dan berpikir kritis. Emang penting? Penting, karena soal-soal bertipe HOTS-nya UTBK. HOTS sendiri ialah Higher Order Thingking Skills. Sederhananya, soal-soal UTBK dirancang untuk mengukur tingkat penalaran para  pendaftar perguruan tinggi.

3. Bosen? Inovasikan Gaya Belajar UTBK Soshum!

Inovasikan Belajar UTBK mu!
Kamu bisa membuat mind map untuk membantu proses belajarmu

Belajar tak melulu itu-itu saja, sob! Kamu bisa mencari sumber bacaan selain buku-buku yang berasal dari sekolah. Kalau kamu mudah bosan kala berhadapan dengan buku, belajarlah dengan menonton video pembelajaran UTBK yang berceceran di platform digital seperti Youtube. Sebagai bentuk refreshing, sarana liburan yang edukatif seperti museum bisa kamu kunjungi pada akhir pekan. Jadi, kamu tetap bisa belajar seraya bervakansi ria. 

Sebenarnya, bosen belajar itu nggak salah kok. Setiap orang pasti punya batasannya sendiri. Kecuali kalau kamu tak mencari solusi dari rasa bosanmu dan berakhir malas belajar, itu baru salah. So, carilah cara untuk mengatasi rasa bosanmu. 

4. Belajar UTBK-Soshum dengan soal pada Tahun-Tahun Sebelumnya

jangan lupa mempelajari soal soal tahun lalu
Soal-Soal UTBK yang telah diujikan bisa jadi sumber referensimu loh, gengs

Kamu bisa mencari soal-soal UTBK pada tahun-tahun sebelumnya untuk kamu pelajari. Lantas, apa saja sih yang bisa kamu dapat dari soal-soal tersebut? Pertama, kamu dapat membiasakan diri dengan karakteristik soal-soal UTBK. Kedua, soal-soal tersebut bisa jadi kisi-kisi untuk UTBK yang mendatang. Ketiga, kamu bisa mengerti mata pelajaran apa yang paling kamu kuasai.

Oh ya, konsistensi menjadi faktor penting agar latihan soal-soal UTBK ini menjadi efektif. Sebab, tips belajar ini juga akan melatih ketajamanmu dalam mengerjakan soal. Akan percuma jika kamu mampu mengerjakan 100 soal dalam sehari, tapi tak ada repetisi sebagai tindak lanjutnya. Nah, kamu bisa memasang target jumlah soal yang akan kamu kerjakan tiap minggunya. Itu akan jauh lebih baik.

5. Ikuti Tryout UTBK-Soshum agar Kamu Semakin Siap

jangan takut mengikuti try out

Sebenarnya cara ini serupa dengan latihan soal UTBK, tapi ada perbedaanya loh. Jika kamu latihan soal secara mandiri, pasti batasan waktunya bisa tak tetap. Nah, kalau Tryout waktu pengerjaannya itu tetap. Tryout biasanya menyesuaikan dengan waktu pengerjaan ujian UTBK nantinya. Selain itu, tryout juga menghadirkan rupa-rupa soal a-la UTBK. Lalu, apa untungnya dari dua hal tersebut?

Pertama, kamu bisa mengetahui jumlah soal yang bisa dijawab dalam kurun waktu yang ada. Otomatis, kamu juga jadi paham mana saja soal yang masih belum bisa kamu jawab. Kedua, Tryout bakal membiasakan dirimu sebelum berhadapan secara langsung dengan soal-soal UTBK.

SimulasiKu rutin menyelenggarakan Tryout UTBK-Soshum loh, gengs. Kamu bisa mendaftar melalui website Simulasiku!

Jadi itulah kiat-kiat belajar UTBK Soshum yang bisa kamu terapin mulai sekarang. Ingat, ada kampus impian yang menanti untuk kau gapai. So, tanyakan dirimu sendiri, mau nggak menunaikan mimpimu itu?

Nah, sebagai salah satu langkah untuk menggapai kampus impian, ada kelas online Simulasiku yang bisa kamu ikuti loh, Kamerad! 

Akhir kata, semoga sukses wahai para pejuang UTBK! Ciao.

Editor: Putri Zuhairah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us