5 Strategi yang Bisa Kamu Terapkan saat Mengerjakan Soal UTBK

Mengerjakan soal UTBK tergolong susah-susah gampang. Selain karena harus mengulang kembali semua materi yang telah Sobat pelajari dari kelas 10, 11, dan 12, waktu yang kita dapat juga gak banyak. Belum lagi hal-hal lain yang dapat memengaruhi mental Sobat, seperti kondisi ruangan, perasaan ketika berhadapan dengan soal asli, hingga kondisi kesehatan.

Nah, supaya dapat menyukseskan diri di depan soal UTBK, Sobat harus mempunyai strategi. Strategi ini nantinya akan membantumu berhadapan dengan waktu yang singkat. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Kerjakan Soal yang Mudah Dahulu

Kerjakan Soal yang Mudah Dahulu. Pexels
Kerjakan soal yang mudah untuk menambah total perolehan skormu

Terdengar klise, tetapi beneran ampuh, lo! Jadi, UTBK 2022 akan menggunakan sistem item response theory (IRT). Ini berarti pertanyaan-pertanyaan yang mudah berpotensi memberikan nilai yang kecil karena banyak yang mampu mengerjakannya.

Walaupun begitu, nilainya tentu tetap bermanfaat untuk menambah perolehan skormu, kan? Di samping itu, menyelesaikan pertanyaan yang tergolong gampang terlebih dahulu bisa menjadi pemanasan bagi Sobat sebelum beralih ke soal yang lebih sulit.

Lebih jauh lagi, jika Sobat berfokus hanya pada soal susah dengan harapan langsung mendapatkan nilai besar ketika jawabannya benar, kamu masih memiliki peluang salah. Ketika salah, Sobat tidak mendapatkan apa-apa.

Jadi, daripada menghabiskan waktu pada soal yang nilainya besar, tetapi peluang salahnya juga besar, lebih baik kumpulkan nilai dari pertanyaan yang mudah. Nantinya, Sobat tetap bisa kembali lagi ke soal yang sulit ketika waktunya masih cukup, kok!

2. Batasi Waktu Pengerjaan untuk Setiap Soal UTBK

Batasi Waktu Pengerjaan. Pexels
Batasi waktu supaya durasi pengerjaan soal tidak melebar

Seringkali, kita terlalu asyik mengerjakan satu soal sampai lupa kalau waktu terus berjalan. Seperti ada perasaan berat hati untuk beralih ke pertanyaan berikutnya sebelum berhasil menemukan jawaban soal tersebut. Sayangnya, cara ini kurang efektif. Alhasil, karena waktu yang tersisa sedikit, soal yang bisa Sobat selesaikan pun juga sedikit.

Nah, untuk mencegah durasi pengerjaan yang melebar, Sobat bisa menggunakan metode pembatasan waktu per soal. Dalam hal ini, sebelum mulai mengerjakan soal UTBK, tentukan dulu berapa waktu yang kamu sediakan untuk masing-masing soal. Cara yang paling mudah adalah membagi waktu untuk satu paket soal dengan jumlah pertanyaannya. Tidak peduli soal mudah atau susah, bagi waktunya sama rata.

Selanjutnya, disiplinlah dengan pembagian waktu tadi. Jika sudah selesai dan waktunya masih ada, segera lanjut ke soal berikutnya dan terapkanlah waktu yang sudah kamu tentukan. Jika waktu sudah habis dan jawaban belum didapatkan, tetap beranjak ke soal berikutnya. Sobat bisa kembali lagi ke soal yang belum selesai jika masih ada waktu yang tersisa. Dengan begini, setidaknya kamu “mencicipi” seluruh soal, kan?

3. Gunakan Kertas Coret-Coretan dengan Rapi

Gunakan Kertas Coret-Coretan dengan Rapi. Pexels
Coretan rapi mencegah kita mengulang kembali mengerjakan soal yang belum selesai

Masih berkaitan dengan metode pembatasan waktu, lakukanlah perhitungan di kertas coret-coretan alias kertas buram secara rapi. Tidak perlu terlalu rapi, sih. Yang penting, tulisanmu terlihat jelas. Hal ini untuk memudahkanmu ketika terdapat sisa waktu dan ingin kembali ke soal yang belum selesai.

Ada banyak cara supaya kertas coretan terlihat mudah dibaca. Sebagai contoh, Sobat bisa memberi nomor untuk tiap coretan sesuai dengan nomor soal. Kamu juga dapat mencoret-coret seperti saat mengerjakan tugas matematika, yaitu dengan baris yang jelas dan tanda sama dengan yang sejajar. Apa pun itu, lakukan secara cepat, tapi tetap rapi, supaya tidak banyak membuang-buang waktu.

Baca juga: 5 Strategi Persiapan UTBK untuk Gap Year, Apa Saja?

4. Pahami Konsep untuk Dapat Mengerjakan Soal UTBK

Pahami Konsep untuk Dapat Mengerjakan Soal UTBK. Pexels
Konsep memudahkanmu dalam memahami proses mendapatkan jawaban

Sobat mungkin sering mendapatkan rumus-rumus kunci atau “cara cepat”. Cara cepat ini sangat berguna untuk menghemat waktu pengerjaan soal. Di samping itu, tutor yang menyediakannya pun sudah berpengalaman dalam meriset soal UTBK yang sering muncul. Namun, ketika terjadi kesalahan atau jawaban yang tidak cocok, jangan ragu mengerjakannya sesuai konsep.

Terkadang, kita tidak benar-benar paham tentang cara cepat. Yang kita mengerti adalah cara menggunakannya dan tipe soal UTBK seperti apa yang cocok. Dengan mengerjakan sesuai konsep, mungkin butuh waktu yang lama, tetapi Sobat lebih mengerti proses menemukan jawaban dan mudah merevisi jika terdapat kesalahan.

5. Fokus ke Diri Sendiri dan Soal UTBK yang Ada di Hadapanmu

Fokus ke Diri Sendiri dan Soal UTBK yang Ada di Hadapanmu. Pexels
Fokus ke diri sendiri karena waktu pengerjaan UTBK terbatas

Ketika mengikuti UTBK, ruangan yang kita tempati akan berisi orang lain juga, mulai dari peserta lain hingga para pengawas. Terkadang, apa yang terjadi pada peserta lain menjadi sebuah distraksi, seperti peserta yang terlihat sangat mudah mengerjakan soal ataupun yang terlihat sudah selesai lebih dulu. Kita lantas mempertanyakan kemampuan diri sendiri.

Dengan pemikiran seperti itu, proses pencarian jawaban yang sedang Sobat lakukan bisa buyar. Kamu justru malah menyia-nyiakan waktu dan menghancurkan kondisi psikologis diri. Jadi, mulai sekarang, fokus saja ke diri sendiri dan soal UTBK yang ada di layar saja!

Last but not least, dalam menuntaskan soal UTBK, jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan doa, ya, Sobat SimulasiKu! Ini juga bagus untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dalam menghadapi “hari penantian” itu.

Selain strategi ketika Hari H, kamu juga perlu strategi untuk hari-hari sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan banyak berlatih. Sudah tahu belum kalau SimulasiKu punya laman yang khusus membantumu belajar dan berlatih dengan harga terjangkau? Di sana, kamu bisa menyaksikan banyak video materi dan melakukan try out, lo! Cek website-nya sekarang juga, yuk!

Baca juga: Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us