Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang Wajib Kamu Ketahui!

Penting lho untuk tahu perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN yang serupa tapi tak sama. Kenapa? Karena kedua jalur perguruan tinggi tersebut pasti punya spektrum persiapannya sendiri. Sama halnya dengan proses seleksi sekaligus peluang lolos dari kedua jalur tersebut yang berbeda. Eh, Sobat Simulasiku sudah benar-benar tahu perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN belum? Jika belum, ayo kita cari tahu sisi-sisi yang berbeda dari dua jalur seleksi PTN ini!

Perbedaan Pertama: Waktu Penyelenggaran SNMPTN dan SBMPTN

nah jangan lupa noted perbedaan SBMPTN dan SNMPTN dari segi waktu
Jalur SBMPTN akan dibuka setelah rampungnya SNMPTN

Untuk Sobat Simulasiku yang masih berstatus siswa dan sedang menanti detik-detik kelulusan pasti lebih dulu berhadapan dengan SNMPTN. Setelah SNMPTN barulah jalur pendaftaran SBMPTN akan dibuka. Kok bisa, SNMPTN dulu? Karena pemerintah telah mengatur timeline penyelenggaraan dua jalur tersebut. Setelah mengetahui waktu penyelenggaraan kedua jalur tersebut, kamu bisa menyusun timeline persiapanmu sendiri deh

Nah, biar kamu nggak ketinggalan informasi seputar waktu pelaksanaan kedua ujian tersebut kamu bisa mengakses website resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Perbedaan Kedua: Peserta yang Bisa Mengikuti SNMPTN dan SBMPTN

peserta SNMPTN dan SBMPTN berbeda loh
Peraturan peserta yang bisa ikut SNMPTN atau SBMPTN itu beda gengs!

Perbedaan selanjutnya terletak pada kebijakan tentang siapa saja yang bisa mengikuti dua jalur ini. Untuk SNMPTN sendiri, peserta yang bisa ikut hanyalah siswa kelas 12 yang mendapat rekomendasi dari sekolahnya sesuai persyaratan dari LTMPT. Sederhananya SNMPTN memang untuk mereka yang masih berstatus siswa.

Sedangkan, Peserta SBMPTN sendiri bisa mengikuti ujian setelah mengantongi ijazah atau penanda kelulusan dari bangku SMA/MA/SMK/Sederajat. Peserta SBMPTN juga bisa mengikuti ujian sebanyak 3 kali, terhitung sejak tahun lulusmu. Contohnya, jika kamu lulus SMA tahun 2021 maka kamu bisa ikut SBMPTN lagi pada dua tahun berikutnya.

Perbedaan Ketiga: Bentuk Seleksi SNMPTN dan SBMPTN

perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yaitu dari bentuk seleksinya!
SNMPTN menggunakan nilai rapor, sedangkan SBMPTN menggunakan nilai UTBK

SNMPTN sendiri dikenal banyak orang sebagai jalur undangan. Lain halnya dengan SBMPTN yang dikenal sebagai sebagai jalur masuk perguruan tinggi via tes atau ujian. Pemahaman banyak orang akan dua jalur ini memang benar, sebagaimana proses seleksinya yang berbeda. 

Perguruan tinggi akan menyeleksi para pendaftarnya dari jalur SNMPTN dengan nilai rapot dari semester 1 hingga semester 5. Sedangkan, nilai ujian atau tes (UTBK) akan menjadi penentu kelolosan para calon mahasiswa yang menempuh jalur SBMPTN.

Perbedaan Keempat: Kuota Penerimaan dan Peluang Kelolosan

perbedaan SNMPTN dan snmptn juga bisa dilihat dari peluang [enerimaan dan kelolosan!
Kuota penerimaan SNMPTN tahun 2021 adalah 20%, sedangkan SBMPTN sebesar 40%

Ada hal yang harus kamu perhatikan dari dua jalur ini, yaitu perbedaan kuota penerimaan dan peluang lolosnya. Berdasarkan kebijakan pemerintah pada tahun 2021, pemerintah mengeluarkan kuota penerimaan dari jalur SNMPTN sebesar 20% dan SBMPTN sebesar 40%. Namun, besar kuota penerimaan itu bisa saja berubah.

Selain perbedaan pada kuota penerimaan, kamu juga harus mengetahui perbedaan tingkat persaingan dari dua jalur ini. Sesuai dengan peserta masing-masing jalur ini tentu SBMPTN akan lebih tinggi tingkat persaingannya. Kenapa? Karena sainganmu di SBMPTN bisa saja berasal dari tahun sebelumnya.

Perbedaan Kelima: Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan

jangan lupa mempersiapkan kedua ujian tersebut!
Persiapan SNMPTN dan SBMPTN itu nggak bisa kamu samain!

Perbedaan terakhir terletak pada hal-hal yang harus kamu siapin. Misalnya nih, kamu sudah pasti akan mempersiapkan dirimu dengan belajar sebelum berhadapan dengan soal-soal ujian SBMPTN. Sedangkan, pada jalur SNMPTN yang harus kamu siapkan ya hasil belajarmu selama menjadi siswa, yaitu rapotmu. 

Oh ya, ada biaya pendaftaran yang harus kamu siapkan jika hendak mengikuti jalur SBMPTN. Nah, biaya pendaftaran jalur SNMPTN umunya sudah pemerintah tanggung alias gratis. Kemudian, pihak sekolah biasanya ikut andil pada proses persiapan SNMPTN. Sedangkan, persiapan SBMPTN akan kamu lakukan secara mandiri.

Jadi, itulah perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN selain namanya yang berbeda. Besar harapannya dari informasi ini kamu bisa menyusun siasatmu sebaik dan sematang mungkin agar lolos masuk perguruan tinggi. Nah, untuk memantabkan persiapan masuk perguruan tinggi, kamu bisa mengikuti tryout dan kelas online dari Simulasiku nih gengs.

Terakhir, semoga sukses menggapai kampus impianmu!

Editor: Putri Zuhairah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us