Hukum Mendel: Sejarah, Teori, dan Contoh Soal

Hukum Mendel ternyata dapat membantu membuat prediksi penurunan gen. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengetahuinya dari hasil persilangan antar makhluk hidup yang memiliki satu dan dua sifat yang berbeda. Wah, menarik sekali ya?! Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini! 

1. Sejarah Terciptanya Hukum Mendel

Awal mula percobaan Mendel menggunakan kacang polong
Awal mula percobaan Mendel menggunakan kacang polong

George Johann Mendel adalah tokoh yang membuat hukum Mendel. Beliau lahir pada tanggal 22 Juli 1822. Tidak hanya terkenal sebagai ilmuwan, tapi juga sebagai biarawan. Kemudian, ia sangat tertarik dengan bidang hereditas tumbuhan. Oleh karena itu, teman-temannya seperti Fisikawan dan ahli biologi pertanian, Friedrich Franz dan Johann Karl Nestler, serta Kepala Biara Franz Cyril Napp dan Profesor Franz Diebl, memberi dukungan pada Mendel untuk melakukan percobaan genetika pertama pada tanaman kacang polong. 

Mengapa menggunakan tanaman kacang polong? Berikut ini adalah alasannya:

  • Sedikit perawatan, tapi tumbuh dengan cepat.
  • Dapat dilakukan penyerbukan sendiri dan silang. 
  • Memiliki ciri yang mudah dibedakan.
  • Menghasilkan keturunan yang banyak. 

Setelah selesai dengan percobaan tersebut, lahirlah hukum Mendel I tentang persilangan monohibrid dan hukum Mendel II yang berkaitan dengan persilangan dihibrid. Selain itu, melalui hukum ini kita mengenal istilah-istilah baru seperti di bawah ini:

  • Hibridisasi: persilangan.
  • Parental (P): induk atau orang tua.
  • Filial (F): keturunan atau anak.
  • Alel: salinan berbeda dari gen yang sama. 
  • Genotif: sifat yang tidak tampak.
  • Fenotif: sifat yang dapat diamati. 

2. Isi dari Hukum Mendel, Apa itu?

Ingin menghasilkan buah yang diinginkan? Coba terapkah hukum mendel https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sehat-alam-seni-7214841/
Ingin menghasilkan buah yang diinginkan? Coba terapkan hukum Mendel ini!

Terdapat dua hukum Mendel yaitu pertama adalah segregasi bebas dan yang kedua adalah asegregasi bebas. Lantas, apa isi dari kedua hukum ini? Mari, kita lihat bersama-sama:  

  • Teori Mendel I (Segregasi Bebas): “Pada pembentukan gamet (sel kelamin anak), kedua gen induk (orang tua) yang merupakan pasangan alel akan memisah, sehingga tiap-tiap gamet menerima satu gen dari induknya.” 
  • Teori Mendel II (Asegregasi Bebas): “Pasangan alel dari gen yang berbeda bisa berpasangan secara bebas selama pembentukan gamet.” 

Namun, apa perbedaannya? Untuk segregasi bebas hanya bisa diterapkan pada persilangan monohibrid. Sebaliknya, asegregasi bebas berlaku pada persilangan dihibrid. Sekarang sudah jelas perbedaan antara keduanya. Jadi, sobat tidak akan pusing lagi deh.

3. Yuk, Bahas Soal Hukum Mendel!

hukum mendel https://www.pexels.com/id-id/foto/aneka-rangkaian-bunga-947914/
Bunga warna-warni dengan cara persilangan monohibrid

Jika hanya memahami secara teori, rasanya masih kurang. Jadi, pada bagian ini mari berlatih mengerjakan contoh soal segregasi bebas yang terjadi pada monohibrid. Apa itu monohibrid? Apabila ada dua individu yang mempunyai satu sifat berbeda, itu disebut monohibrid. Selanjutnya, seperti apa sih soalnya? Ayo, berlatih bersama dengan soal ini!:

Sarah memiliki kebun bunga seluas 10 hektar. Ia mencoba menyilangkan bunga kuning (KK) dengan bunga putih (kk) dan menghasilkan bunga yang berwarna kuning semua (F1). Jika Sarah menyilangkan sesama F1 dan menghasilkan 10.000 bunga, maka berapa jumlah bunga yang bergenotipe homozigot putih? 

Pertama, cara penyelesaian soalnya adalah seperti ini:

P1: KK x kk

Alel: K dan k

F1: Kk

Setelah itu, kamu silangkan F1 dengan sesamanya. 

F1: Kk x Kk

Alel: K dan k

Tabel persilangan monohibrid

Akhirnya, dari tabel tersebut hasil frekuensi fenotipe sebesar 3:1 (bunga merah: bunga putih) dan frekuensi genotipenya adalah 1:2:1 (KK: Kk: kk). Namun, kamu belum selesai mencari berapa banyak bunga yang memiliki genotipe homozigot putih? Untuk mencari jawabannya kamu dapat menggunakan matematika sederhana ini:

X = Genotipe homozigot putih/seluruh genotipe  x 10.000

X= 1/4 x 10.000 

X= 2.500

Jadi, bunga dengan genotipe putih ada 2.500 buah. 

4. Manfaat Ilmu Genetika dalam Kehidupan

Ternyata buah bisa direkayasa, lho! https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sehat-kuning-buah-4023132/
Ternyata buah bisa direkayasa, lho!

Ilmu pengetahuan yang kita pelajari di sekolah, pasti ada manfaatnya untuk kehidupan kita. Contohnya adalah materi Genetika ini. Apakah kamu tahu apa saja kegunaannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini: 

  • Bidang Pertanian: Sobat dapat membuat bibit unggul dengan menerapkan hukum Mendel. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menciptakan tanaman yang tahan hama dengan bekal ilmu genetika. 
  • Bidang Kesehatan: Para dokter dapat memprediksi apakah seseorang mengidap penyakit kanker melalui genom. Selain itu, para tenaga kesehatan juga dapat mengetahui cara menangani penyakit fenilketonurani (PKU).
  • Industri Farmasi: Ternyata dengan mengetahui cara rekombinasi DNA, manusia dapat membuat obat seperti insulin, interferon, dan hormon pertumbuhan. 
  • Hukum: Apabila terjadi kasus kriminal seperti pembunuhan, rekayasa genetika dapat membantu polisi untuk menemukan pelaku dengan menggunakan DNA yang tertinggal. 

Nah, itu tadi sejarah, isi, contoh soal, dan manfaat hukum Mendel dan ilmu Genetika dalam kehidupan. Ternyata, sangat mudah sekali, ya! Sobat hanya perlu menggunakan matematika sederhana untuk menyelesaikan soalnya.  

Apabila sobat ingin belajar materi biologi lainnya, kamu bisa baca-baca artikel blog SimulasiKu. Tidak hanya itu, kamu bisa menonton lebih dari seribu video pembelajaran dan ada try out online pada setiap hari Minggu. Oleh sebab itu, jangan sampai ketinggalan sobat! Ayo, segera gabung! 

Referensi:

Biografi Gregor Mendel, Kisah Biarawan Menjadi ‘Bapak Genetika’ Paling Berpengaruh   

Rumus Hukum I Mendel dan Persilangan Monohibrid 

Baca juga: Yuk Kenali 5 Macam Sistem Indra pada Tubuh Manusia dan Fungsinya!

Editor: Ryfa Ayu Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us