Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

Hari pelaksanaan UTBK 2022 sudah semakin dekat. Sudah sejauh mana, nih, persiapan belajar Sobat SimulasiKu? Sadar maupun tidak sadar, ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat persiapan atau pelaksanaan UTBK-mu menjadi kurang maksimal, lo!

Oleh karena itu, SimulasiKu ingin membagikan informasi mengenai 6 kesalahan yang harus kamu hindari untuk persiapan menghadapi UTBK SBMPTN nanti. Yuk, simak!

1. Tidak Mencari Tahu Info Terbaru

informasi UTBK 2022
Pentingnya mencari informasi terbaru seputar UTBK

Kamu sudah tahu belum kalau akan ada perubahan materi yang diujikan pada UTBK 2022? Yap, di materi tes tahun 2021 hanya ada TPS dan TKA Saintek atau Soshum, sedangkan pada tahun 2022 ini akan terbagi menjadi tiga bagian.

Apa saja? Tes UTBK 2022 dibagi menjadi Tes Kemampuan Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Penambahan mata ujian ini dilakukan berdasarkan kesepakatan seluruh rektor Perguruan Tinggi, mengingat bahasa Inggris merupakan aspek yang penting karena sering digunakan dalam tugas-tugas kuliah, misalnya review jurnal.

Berikut ini merupakan info terbaru untuk UTBK SBMPTN 2022 versi lengkapnya:

  • Soal yang diberikan berbeda setiap harinya.
  • Peserta gap year wajib membuat akun LTMPT baru.
  • Pada sertifikat UTBK 2022, skor atau nilai Bahasa Inggris terpisah dengan TPS.
  • Bahasa Inggris menjadi sub-tes baru sehingga terdapat 3 sub-tes pada UTBK 2022, yaitu TKA, TPS, dan Bahasa Inggris. Akan tetapi, waktu pengerjaan tes Bahasa Inggris tetap diikutsertakan dalam sub-tes TPS.

2. Mulai Belajar Setelah Pengumuman SNMPTN

pengumuman utbk 2022
Jangan menunggu pengumuman SNMPTN untuk mempersiapkan UTBK

Berharap pada SNMPTN boleh-boleh saja, tetapi bukan berarti kamu dapat lalai dan membuang waktu dengan bersantai. Kamu pasti sudah sering mendengar, bukan, kalau penilaian SNMPTN itu cenderung “gaib”?

Dengan kata lain, tidak ada tolak ukur yang pasti. Oleh karena itu, meskipun nilai rapor kamu bagus, alangkah baiknya jika kamu tetap mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN. 

Terus kalau nanti ternyata aku keterima SNMPTN, sia-sia dong udah belajar mati-matian? Tidak ada yang sia-sia dalam belajar, Sobat. Semua ilmu yang telah kamu pelajari pasti tetap akan berguna untuk ke depannya. 

Di samping itu, daya tampung jalur SNMPTN juga lebih sedikit dibandingkan jalur-jalur lainnya, hanya sekitar 20 persen dari keseluruhan daya tampung program studi yang bersangkutan. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin, oke?

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

3. Ragu-ragu dalam Memilih Jurusan dan Kampus

persiapan utbk
Pilihlah jurusan dan kampus dengan matang

Menentukan pilihan jurusan memang bukan perkara yang mudah. Hal yang paling utama adalah kamu harus mengetahui minat dan bakatmu. Selanjutnya, banyak-banyaklah mencari tahu informasi mengenai jurusan dan kampus yang kamu incar.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang-orang terdekat maupun yang telah berpengalaman. Dengan demikian, keputusanmu sudah matang pada waktunya.

Pilihan program studi kedua yang kamu ambil juga tak kalah penting, lo! Jangan sampai kamu hanya menggantungkan harapan pada pilihan pertama lalu asal memilih jurusan untuk mengisi pilihan kedua.

4. Hanya Modal Menghafal

persiapan soal HOTS
Pentingnya pemahaman konsep, bukan sekadar menghafal

Dari tahun ke tahun, tidak sedikit soal UTBK yang menggunakan tipe soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal tipe HOTS ini membutuhkan penalaran tingkat tinggi sehingga kamu tidak bisa terpaku hanya pada satu pola jawaban.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan pemahaman konsep yang kuat. Nah, bagi kamu yang masih menggunakan metode belajar dengan modal menghafal, sepertinya kamu harus mengubah cara belajar kamu, nih!

Baca juga: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Kenali Minat Bakatmu!

5. Tidak Ikut Try Out

ikut try out
Ikut try out dapat melatih otakmu dalam mengerjakan soal ujian

Kesalahan lain yang harus kamu hindari untuk menghadapi UTBK 2022 adalah jarang latihan soal dan tidak ikut try out. Padahal, mengikuti try out UTBK dapat melatih kamu dalam menghadapi berbagai tipe soal, serta manajemen waktu dalam menyelesaikan soal UTBK. 

Hasil dari try out juga bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan. Kalau kamu masih bingung mau ikut try out di mana, kamu bisa mengikuti Try Out UTBK online di SimulasiKu yang akan diadakan setiap minggunya!

6. Begadang

hindari begadang
Hindari belajar sampai larut malam

Kalau kamu mengira belajar keras hingga tengah malam akan mengoptimalkan persiapanmu, maka kamu salah besar! Belajar teratur memang penting, tetapi jangan sampai tubuhmu kurang istirahat.

Menjaga kondisi fisik itu penting agar kamu tetap sehat selama proses persiapan UTBK hingga menjalani ujian nanti. Terlalu lelah dan kurang istirahat hanya akan membuat otakmu tidak maksimal dalam memahami materi maupun mengerjakan soal.

Nah, itulah 6 kesalahan umum yang harus kamu hindari dalam persiapan UTBK 2022 mendatang. Selain try out online, SimulasiKu juga menyediakan berbagai video materi pembelajaran dan bimbel intensif UTBK untuk membantu persiapan belajarmu! Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us