Hati-hati! Ini Konsekuensi Mengundurkan Diri Ketika Diterima SNMPTN

Sobat Simulasiku pasti tau dong SNMPTN itu apa? Yup! Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menggunakan nilai rapor semester 1-5 sebagai indikator utama dalam  proses seleksinya. Peserta SNMPTN juga diperbolehkan menginput sertifikat prestasi pada bidang akademik maupun non akademik Eits… tapi Sobat Simulasi pernah dengar nggak sih konsekuensi jika mengundurkan diri saat terbukti lolos SNMPTN? 

Dibalik keuntungan mengikuti  SNMPTN, ternyata ada juga loh sanksi bila memutuskan untuk melepas SNMPTN. Well, berhasil lolos SNMPTN merupakan impian seluruh calon mahasiswa, kamu tidak bisa menyalahgunakan kesempatan berharga tersebut seenaknya. Lebih baik kamu menyerahkan kesempatan tersebut kepada temanmu.

Lantas apa saja sanksi bila terbukti mengundurkan diri saat diterima SNMPTN? Scroll dan simak penjelasannya!

1. Akun LTMPT Terkunci Sehingga Tidak Bisa Mendaftar SBMPTN

Skor UTBK memiliki peran sangat penting dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri
Skor UTBK memiliki peran sangat penting dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri

Sebelum mendaftar SNMPTN pastikan lagi dengan pilihanmu, Sobat Simulasiku. Bila kamu memilih untuk tidak daftar ulang ketika berhasil lolos SNMPTN, sanksinya ialah akun LTMPT milikmu akan terkunci sehingga tidak bisa mendaftar SBMPTN.

Lalu bagaimana dengan seleksi mandiri? Well, sudah ada sekitar 56 perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai UTBK sebagai syarat utama mengikuti seleksi mandiri. Itu artinya kamu juga tidak memiliki peluang mengikuti seleksi mandiri yang menggunakan skor UTBK sebagai kriteria penilaiannya. 

So, jangan sia-siakan kesempatanmu di SNMPTN ya!

2. Berdampak Pada Sekolah serta Adik Tingkatmu

Melepas SNMPTN bisa merugikan sekolah
Melepas SNMPTN bisa merugikan sekolah

Keputusan untuk melepas SNMPTN bisa berdampak ke sekolah tidak ya? 

Konsekuensi melepas SNMPTN sejatinya tidak hanya merugikan dirimu sendiri tapi juga nama sekolah serta nasib adik kelasmu nanti, loh. PTN akan mengurai nilai indeks sekolah maupun kuota siswa yang akan mendaftar SNMPTN pada tahun berikutnya. Bahkan ada loh sekolah yang di blacklist oleh PTN tertentu sebagai bentuk sanksi melepas SNMPTN.

Sebagai contoh kamu dari SMA X dinyatakan lolos SNMPTN di UI, tapi kamu memutuskan untuk tidak mengambilnya karena jurusan kuliah tersebut tidak sesuai dengan keinginan orang tuamu. Kemungkinan adik kelasmu dari SMA X sulit untuk lolos di UI melalui jalur SNMPTN karena nilai indeks sekolah SMA X menurun. 

3. Tidak Bisa Mendaftar Sekolah Kedinasan

STAN mensyaratkan penggunaan nilai UTBK dalam proses seleksi mahasiswa baru
STAN mensyaratkan penggunaan nilai UTBK dalam proses seleksi mahasiswa baru

Sama halnya dengan persyaratan seleksi mandiri pada beberapa PTN yang harus menggunakan nilai UBTK,  untuk bisa mendaftar di sekolah kedinasan pun demikian. Sesuai dengan ketentuan LTMPT, nilai UTBK tahun 2022 merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki untuk mendaftar sekolah kedinasan, loh

Sekolah kedinasan seperti STAN mensyaratkan penggunaan nilai UTBK berupa nilai TPS dan TPA rumpun SOSHUM dalam proses seleksi mahasiswa baru. Apabila tidak memiliki nilai UTBK maka kamu tidak berkesempatan untuk mendaftar di sekolah kedinasan seperti STAN.

Itulah pembahasan mengenai konsekuensi yang mungkin kamu terima saat melepas SNMPTN. Mengundurkan diri dari SNMPTN sebenarnya bisa kamu lakukan sebelum pendaftaran SNMPTN berlangsung, tepatnya saat pengumuman siswa eligible. Temui guru BK serta berikan alasan atas pilihanmu tersebut. Dengan begitu kamu tidak akan mendapat sanksi dan pihak sekolah akan mengganti posisi kamu.

Gimana Sobat Simulasiku, apa kamu sudah mempersiapkan pendaftaran SNMPTN? Sebelum meyakinkan diri untuk mendaftar, pastikan dulu pilihan jurusanmu sudah sesuai dengan keinginan kamu serta orang tuamu.

Baca Juga: Persiapan KIP-Kuliah 2022: Bantuan Kuliah Gratis dan Uang Saku

Penulis: Afifah Febriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us