Ingin kuliah? Simak 4 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia Ini!

Penerimaan mahasiswa baru adalah agenda akbar tahunan bagi seluruh perguruan tinggi Indonesia. Setiap tahun jugalah calon-calon mahasiswa akan mendaftarkan dirinya ke perguruan tinggi impian mereka. Kemudian, untuk menjawab tingginya angka pendaftar perguruan tinggi sekaligus dalam rangka menggencarkan peningkatan mutu pendidikan Indonesia, hadir berbagai jalur masuk perguruan tinggi Indonesia untuk para calon penghuni kampus tempuh.

Berbicara tentang jalur masuk perguruan tinggi, apakah Sobat sudah mengetahui jalur apa saja yang dapat Sobat tempuh untuk masuk perguruan tinggi Indonesia? 

Baiklah, kencangkan sabuk pengamanmu sebab kita akan menelusuri jalur-jalur tersebut!

1. SNMPTN, Jalur Masuk Perguruan Tinggi via Nilai Rapot

SNMPTN jalur undangan masuk melalui nilai rapot saja lho!
Nilai Rapotmu Semasa Sekolah akan Diseleksi oleh Pihak PTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur pertama yang akan dibuka oleh perguruan tinggi negeri (PTN). Biasanya, siswa-siswi yang lolos pemeringkatan dari pihak sekolah sesuai ketentuan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bisa mengikuti SNMPTN. Kemudian, pihak PTN akan menyeleksi calon-calon penghuni kampusnya melalui nilai rapor dari semester ke-1 hingga ke-5. Selain persyaratan berupa kewajiban untuk mengirimkan transkrip mapel, biasanya PTN juga akan meminta portofolio untuk pendaftar pada program studi tertentu. 

Jalur yang satu ini punya kelebihan serta kekurangannya sendiri loh Sobat. Kelebihannya antara lain biaya perkuliahan yang relatif rendah dan peluang masuk PTN tanpa perlu ikut tes/ujian. Sedangkan kekurangannya adalah tingginya tingkat persaingan saat proses seleksi dan kecilnya kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur ini.

2.SBMPTN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

SBMPTN jalur masuk test yang cukup ketat
Ikuti Ujian SBMPTN untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri!

Jalur yang satu ini mengharuskan para pendaftar PTN untuk mengikuti tes/ujian. Tes SBMPTN sendiri terbagi dalam 3 kelompok ujian: Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), serta Campuran (Saintek-Soshum). SBMPTN diadakan secara bergelombang dengan sesi pelaksaan tes/ujian yang berbeda-beda. Saat ini ujian pada jalur SBMPTN telah berbasis komputer (UTBK) untuk memudahkan para pendaftar dalam hal pengerjaan.

Jalur SBMPTN, pada kenyataanya merupakan jalur favorit calon-calon penghuni kampus. Sehingga tak heran jika tingkat persaingan yang ada pada jalur ini melambung tinggi. Tapi jangan khawatir, bagi Sobat yang hendak mengikuti SBMPTN ada try out bersama Simulasiku.id yang bisa sobat ikuti agar lebih siap saat berjibaku di medan laga ujian nantinya.

3. Sobat Punya Segudang Prestasi? Coba Jalur Prestasi Aja!

Untuk Kamu yang memiliki banyak prestasi bisa melalui jalur prestasi
Jalur Prestasi, Kesempatan Masuk Perguruan Tinggi Buat Sobat yang Berprestasi

Jika Sobat mengantongi segudang prestasi, Sobat bisa mencoba jalur prestasi untuk masuk perguruan tinggi. Prestasi yang menjadi pertimbangan pihak perguruan tinggi bisa dari bidang akademik maupun non-akademik. Capaian prestasi pada tingkat provinsi hingga internasional juga akan menjadi nilai tambah yang cukup penting. Salah satu kekurangan dari jalur prestasi adalah sedikitnya kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini.

Jika Sobat ingin mengikuti jalur prestasi, ada beberapa hal penting yang harus sobat persiapkan. Pertama, informasi tentang perguruan tinggi mana saja yang membuka jalur prestasi. Kedua, dokumen pribadi sekaligus dokumen tentang prestasi Sobat yang telah terverifikasi. Ketiga, timeline dari jalur prestasi pada masing-masing PTN dan ketentuan pendaftarannya.

4. Masuk Perguruan Tinggi via Seleksi Mandiri

jalur mandiri solusi untuk kamu yang gagal di SNMPTN dan SBMPTN
Perguruan Tinggi Biasa Menggelar Seleksi Mandiri bagi Calon Mahasiswa Baru

Jangan berkecil hati jika sobat tidak beruntung pada jalur SNMPTN ataupun SBMPTN, karena masih ada seleksi mandiri yang bisa sobat ikuti. Seleksi mandiri biasa perguruan tinggi adakan setelah rampungnya pelaksanaan SNMPTN-SBMPTN. Setiap perguruan tinggi memiliki persyaratan dan bentuk pelaksanaan seleksi mandiri yang berbeda. Ada perguruan tinggi yang tetap menggelar ujian/tes dan ada juga yang hanya menggunakan hasil UTBK-SBMPTN untuk proses penerimaannya.

Beberapa kelebihan dari seleksi mandiri adalah tingkat persaingan yang tak seketat SNMPTN ataupun SBMPTN dan bisa mendaftar lebih dari dua pilihan PTN. Sedangkan kekurangan dari jalur ini adalah biaya perkuliahan yang cenderung lebih mahal dari biaya perkuliahan calon mahasiswa jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Demikianlah, perjalanan singkat kita menulusuri jalur-jalur masuk perguruan tinggi Indonesia. Nah, sekarang apakah Sobat sudah ada gambaran mengenai jalur mana yang akan Sobat tempuh untuk masuk perguruan tinggi? Silahkan penuhi kolom komentar yang ada dengan rencana jalur yang akan sobat tempuh!

Oh ya, bagi Sobat yang sedang mempersiapkan diri untuk menempuh jalur masuk perguruan tinggi, Simulasiku setiap minggu menyelenggarakan tryout UTBK loh. Tryout dari Simulasiku pastinya pas untuk jadi bekal kalian saat berjibaku dengan UTBK kelak!

Terakhir, semoga sukses wahai calon penghuni kampus! 

Editor: Putri Zuhairah

One thought on “Ingin kuliah? Simak 4 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia Ini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us