Info Seputar Tes Minat Bakat, Penting untuk Menentukan Jurusan Kuliah!

Sobat SimulasiKu pasti sudah sering mendengar tentang Tes Minat Bakat, bukan? Salah satu jenis tes psikologi ini sangat penting, lo, terutama untuk kamu yang masih bingung menentukan pilihan jurusan untuk kuliah nanti.

Sebenarnya tes minat dan bakat itu apa, sih? Apa saja manfaatnya dan apakah kamu harus benar-benar mengikuti hasil tes tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Apa Itu Tes Minat Bakat?

apa itu tes minat bakat
Pentingnya memahami minat dan bakat yang ada di dalam diri

Secara umum, tes bakat minat adalah rangkaian uji dan analisis yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik ketertarikan, serta kepribadian seseorang terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu.

Komponen dari hasil tes ini dapat memperlihatkan minat, kemampuan, kepribadian dan gaya bekerja, nilai-nilai kehidupan (values), maupun gaya belajar yang cocok untukmu.

Tes minat biasanya terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Sementara itu, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmetika, spasial, dan reasoning.

Baca juga6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

2. Apa Saja Manfaatnya?

manfaat tes minat
Tes minat bakat dapat membantumu dalam memilih jurusan kuliah

Tes minat dan bakat dapat membantu kamu untuk mengenal potensi yang ada dalam dirimu. Dengan demikian, kamu dapat menentukan pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan passion-mu sehingga meminimalkan kondisi salah jurusan. 

Bagi mahasiswa, tes ini dapat membantu memberikan rekomendasi karier. Tak hanya itu, uji untuk mengenali potensi diri ini juga bisa kamu lakukan saat butuh informasi tambahan (tentang kecenderungan diri, dan lainnya) untuk didiskusikan bersama orang tua atau guru.

3. Website Tes Minat Bakat Gratis

website tes minat gratis
Brainwonders, salah satu penyedia layanan tes minat bakat gratis

Tes untuk mengenali potensi diri ini dapat kamu lakukan melalui dua cara. Cara pertama adalah secara offline atau berupa tes tertulis dan wawancara dengan konsultan pendidikan, konsultan psikologi, atau lembaga pendidikan.

Baca juga: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Kenali Minat Bakatmu!

Cara yang kedua adalah secara online yang dengan mudah dapat kamu lakukan melalui aplikasi atau website. Berikut ini 3 rekomendasi website gratis:

a. Brainwonders

Sebagai perusahaan konseling terbesar di India, Brainwonders telah memperoleh 7 penghargaan nasional atas kontribusinya terhadap bidang Pengembangan Prasekolah, Sekolah, dan Perusahaan.

Melansir situs resmi Brainwonders, ada tiga layanan paling populer yang diberikan oleh Brainwonders, yaitu U.S. Patented DMIT, Tes IQ Online, serta Tes Bakat Minat Online. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengakses situs https://www.brainwonders.in/

b. Memikat

Memikat merupakan platform pendidikan hasil kerja sama dari Telkom University dengan Youthmanual untuk menyediakan fasilitas pengenalan minat, bakat, dan potensi diri.

Platform ini menyediakan fitur dasar yang gratis dan fasilitas premium yang berbayar. Namun, fitur dasar pun telah mampu menggambarkan minat, bakat, dan potensi kamu. Kamu dapat mengaksesnya pada link berikut: https://smb.telkomuniversity.ac.id

c. Tes Bakat Indonesia

Tes Bakat Indonesia menyediakan berbagai paket tes untuk beberapa tingkatan sekolah dengan tujuan masing-masing. Bagi kamu yang akan memilih jurusan kuliah dapat mencoba Paket 3P (Potential, Passion and Personality Test). Ini akan memberikan gambaran minat, potensi dan kepribadianmu.

Untuk tujuan spesifik memilih jurusan bagi calon mahasiswa, kamu dapat memilih Tes Passionet yang akan melihat kesesuaian dirimu pada 21 jurusan kuliah yang ada. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lengkap, kamu dapat mengunjungi website-nya di www.tesbakatindonesia.com

4. Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tes?

setelah tes minat
Melakukan riset jurusan yang telah direkomendasikan

Ada satu catatan penting yang harus kamu ingat setelah melakukan Tes Minat Bakat. Walaupun tes ini dapat memberikan rekomendasi jurusan yang cocok, bukan berarti kamu harus menelan hasilnya mentah-mentah, ya! Keputusan akhir akan tetap berada di tanganmu.

Oleh karena itu, banyak-banyaklah melakukan riset untuk memantapkan pilihanmu. Kamu dapat mencari tahu seperti apa jurusan yang telah direkomendasikan. Mulai dari apa saja yang akan kamu pelajari, kemampuan yang dibutuhkan, kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut, hingga peluang kerjanya.

Nah, itulah penjelasan seputar Tes Minat Bakat, mulai dari manfaat, website gratis, hingga tindakan lanjut yang harus kamu lakukan setelah mengikuti tes tersebut. Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan berbagai video materi, bimbel intensif UTBK, serta Try Out online untuk mengoptimalkan kegiatan belajarmu. Yuk, segera daftar!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us