Mengenal SNMPTN: Sejarah, Persyaratan, Hingga Waktu Pendaftaran!

Tersedia berbagai jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), salah satunya SNMPTN. Berbeda dengan SBMPTN dimana pesertanya harus mengikuti ujian tertulis, sistem seleksi ini menggunakan rapor sebagai bahan pertimbangannya. Well, teruntuk kamu yang masih suka bingung membedakan kedua jalur seleksi tersebut, mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai SNMPTN! Lets go!

1. Apa itu SNMPTN?

Apa kamu tahu apa itu SNMPTN?
Masih suka bingung bedain SNMPTN dan SBMPTN?

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa kita kenal SNMPTN merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru lewat jalur undangan. Sistem ini sudah ada sejak tahun 2008. 

Sebelumnya terdapat berbagai model seleksi dengan nama yang berbeda, mulai dari SKALU (Sekretariat Kerja sama Antar Lima Universitas), Perintis/SKSAU (Sekretariat Kerja sama Antar Sepuluh Universitas), SIPENMARU (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi), SMPB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) sampai SNMPTN itu sendiri. Lumayan banyak juga ya pergantian namanya!

Melalui jalur ini, kamu bisa masuk ke perguruan tinggi tanpa harus mengikuti ujian tertulis. Cukup menggunakan nilai rapor dan prestasi milikmu selama bersekolah.  Jadi, nilai rapor dari semester 1 sampai 5 beserta nilai non akademik seperti ekstrakurikuler maupun prestasi lainnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan.

2. Tujuan Adanya SNMPTN

Tujuan adanya SNMPTN adalah memberi kesempatan siswa berprestasi untuk masuk ke {TN impiannya.
Salah satu tujuannya adalah untuk memberi kesempatan siswa berprestasi menempuh pendidikan di PTN

Penerimaan mahasiswa baru sendiri harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta enggak diskriminatif. Adanya SNMPTN bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa SMA/SMK/MA yang memiliki prestasi tinggi guna menempuh pendidikan di PTN termasuk Universitas Terbuka. Selain itu, PTN pun bisa mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi tinggi. 

3. Siapkan Persyaratannya! 

Jangan lupa siapkan segala persyaratannya!
Yuk, siapin berkas-berkasnya!

Tentu kamu harus paham dulu dong persyaratan mengikuti SNMPTN supaya prosesnya dapat berjalan lancar. Siapa tahu ada dokumen yang mungkin belum lengkap atau terurus. Jadi, apa saja itu?

  • Mempunyai prestasi akademik dan memenuhi persyaratan sesuai masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN serta terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  • Mempunyai nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Buat pemilih program studi bidang seni maupun olahraga wajib mengunggah portofolio.

4. Tahapan Pendaftaran SNMPTN

Ini dia tahap mendaftar SNMPTN!
Perhatikan baik-baik tahap pendaftarannya, ya!

Setelah paham dengan persyaratannya, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana tahapan-tahapan pendaftarannya. Perhatikan baik-baik, agar nanti pas mendaftar enggak ada yang sampai terlewat. Berikut penjelasannya!

  • Apabila kamu memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, gunakan email dan password login ke laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk melakukan pendaftaran.
  • Isi biodata, pilihan PTN, juga program studi, unggah pas foto resmi terbaru serta dokumen prestasi tambahan (jika ada). Baca dan pahami seluruh ketentuan di PTN pilihanmu!
  • Untuk pemilih program studi bidang seni maupun olahraga, wajib mengunggah portofolio beserta dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah. Jangan lupa yes!
  • Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC Agar Tidak Salah Persiapan!

5. Pilihan Program Studi

Pilih jurusan sesuai minatmu, pertimbangkan matang-matang!
Ada ketentuan soal memilih jurusan di LTMPT lo!

Soal memutuskan mau berkuliah di program studi memang susah-susah gampang. Namun ingat, ada ketentuan dari LTMPT mengenai pilihan program studi. Kamu hanya boleh memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua, maka salah satunya harus dari provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK-mu. Lain halnya apabila memilih satu program studi, kamu boleh mengambil PTN di provinsi mana pun. Terakhir, disarankan untuk enggak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Baca Juga: Fakta dan Mitos Seputar UTBK-SBMPTN, Kamu Sudah Tahu belum?

6. Jadwal SNMPTN 2022 

Simak jadwal SNMPTN 2022 berikut ini!
Catat tanggal-tanggalnya supaya persiapan kamu lebih matang!

Biar persiapan SNMPTN-mu makin matang, ketahui pula jadwal pelaksanaannya! Melalui timeline yang ada, kamu jadi tahu kapan harus menyiapkan berkas, mengunggahnya, hingga waktu mendaftarnya. Kamu boleh mencatatnya di notes smartphone sebagai pengingat! Ini dia jadwal pelaksanaan SNMPTN 2022.

  • Pembuatan akun LTMPT : 04 Januari—15 Februari 2022
  • Sosialisasi PDSS : 01 Desember 2021—08 Februari 2022 
  • Sosialisasi SNMPTN : 01 Desember 2021—28 Februari 2022
  • Launching kegiatan PMB : 04 Januari 2022
  • Penetapan siswa eligible : 04 Januari—08 Februari 2022
  • Pengisian PDSS : 08 Januari—08 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN : 14—28 Februari 2022
  • Pengumuman hasil SNMPTN : 29 Maret 2022 

Itu dia penjelasan mengenai SNMPTN! Selalu update informasi terbarunya melalui akun resmi media sosial maupun website-nya! Kalau kamu masih bingung ketika menyiapkan berkas atau melakukan pendaftaran, berkoordinasilah dengan guru BK sekolahmu!

Oh iya, SimulasiKu punya try out UTBK dan kelas online lo! Sudah tahu belum nih? Bukan cuma itu saja, ada pula artikel menarik seputar kampus, ujian masuk, serta tips belajar. Jadi tunggu apalagi? Buruan daftar!

Baca Juga: Pembahasan tentang Bahasa Panda UTBK, Aneh tapi Mengandung Makna

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us