Sudah Siap UTBK? Ini Barang yang Wajib Kamu Bawa!

Untuk teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian, selain kesiapan materi soal dan mental, kamu perlu ingat untuk membawa berkas dan beberapa barang penting ke tempat ujian. Nah, SimulasiKu sudah merangkum nih barang-barang yang wajib dibawa saat UTBK sesuai aturan resmi LTMPT.

Nggak mau kan kalau sudah siap lahir-batin, eh malah nggak boleh masuk ruangan karena kelupaan atau salah membawa barang tersebut? Yuk, simak artikelnya agar persiapanmu semakin mantap!

1. Alat Tulis Pribadi

alat tulis 
https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-stationery-7718804/
Simpan peralatan tulismu di tempat pensil ya agar tidak tercecer!

Meskipun berbasis komputer, kamu akan tetap memerlukan alat-alat tulis seperti pulpen, pensil, dan penghapus saat pelaksanaan ujian nanti. Alat tulis ini boleh kamu gunakan untuk mencoret-coret kertas saat berhitung rumus atau lainnya. Cukup penting kan?

2. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 

kartu UTBK https://www.pexels.com/photo/a-person-filling-out-adoption-request-documents-7979436/
Berkas penting nih, jangan sampai hilang!

Saat selesai melakukan pendaftaran UTBK, tentunya kamu akan menerima Kartu Tanda Peserta UTBK yang bisa kamu unduh dari website pendaftaran. Simpan kartu tersebut dengan baik dan aman karena kamu akan memerlukannya sebagai bukti kepesertaanmu nanti di hari ujian. Jadi, jangan sampai lupa ya!

3. Bukti Kelulusan Peserta

barang yang wajib dibawa saat UTBK https://unsplash.com/photos/2W32pAOwFEk
Berkas ini juga penting lho, jadi jangan lupa bawa di tasmu!

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan bukti kelulusan berupa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi oleh sekolahmu (bagi peserta yang sudah lulus tahun sebelumnya) atau kamu bisa menggunakan surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolahmu. Surat keterangan ini harus mencakup nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, dan pasfoto berwarna siswa berukuran bebas. 

Kedua hal ini tentunya bisa kamu urus di sekolahmu sendiri. Namun, agar lebih pasti dan tidak tergesa-gesa, kamu boleh mulai bertanya ke pihak sekolahmu dan mengurus berkas ini dari jauh hari agar saat menjelang hari ujian semuanya berkas sudah siap. 

Baca juga: Jangan Pernah Lakukan 4 Hal ini Sebelum UTBK!

4. Identitas Diri

barang yang wajib dibawa saat UTBK https://www.pexels.com/photo/close-up-of-hand-holding-text-over-black-background-326576/
Cek lagi, apakah kamu sudah membawa kartu identitas diri milikmu?

Untuk mengonfirmasi bahwa peserta yang hadir adalah orang yang sama (bukan digantikan orang lain) dan menghindari kecurangan ujian, maka kamu perlu membawa juga kartu identitas diri lainnya seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar. Jangan sampai tertinggal ya, karena panitia ujian akan memeriksa berkas-berkas ini saat kamu memasuki ruangan ujian. 

5. Barang Wajib Protokol Kesehatan

barang yang wajib dibawa saat UTBK https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-face-mask-3902881/
Tetap patuhi protokol kesehatan ya teman-teman!

Karena kita masih berada dalam pandemi, kamu juga wajib membawa barang-barang yang mengikuti protokol kesehatan. Contohnya, saat berada di tempat ujian, kamu harus menggunakan masker medis sesuai ketentuan, bukan masker kain. 

Selanjutnya, kamu perlu membawa handsanitizer-mu sendiri dan mengurangi kemungkinan penularan virus dengan menjaga jarak minimal 1 meter antar satu peserta dengan lainnya. 

Di samping itu, panitia juga akan mengecek suhu badanmu (tidak lebih dari 37,5 derajat celcius) untuk memastikan bahwa kamu sehat dan dapat mengikuti ujian. Jika suhu badanmu melebihi ketentuan, panitia akan membawamu ke ruang medis untuk pemeriksaan lebih lanjut. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kesehatanmu ya!

Perlu kamu ingat juga, beberapa tempat ujian akan memintamu untuk membawa hasil tes negatif Covid-19. Memang tidak semua tempat mewajibkan hal ini, akan tetapi untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga mencari tahu apakah tempat ujianmu nanti meminta hasil tes ini atau tidak.

Itu dia beberapa berkas dan benda yang wajib dibawa saat UTBK. Seringkali peserta ujian menyepelekan hal ini, padahal barang-barang ini tak kalah penting dari persiapan lainnya. Oh iya, sambil menyiapkan dokumen tersebut, kamu bisa banget nih ikutan kelas online persiapan UTBK bersama SimulasiKu.id. Coba deh cek website-nya! 

Baca juga: Ini Dia 5 Jurus Jitu Sukses UTBK!

Editor: Saskia Trifidita

One thought on “Sudah Siap UTBK? Ini Barang yang Wajib Kamu Bawa!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us