5 Alasan Penting Mengikuti Try Out Sebelum Pelaksanaan UTBK, Sudah Tahu?

Halo, Sobat SimulasiKu! UTBK makin dalam hitungan hari, nih! Kira-kira, persiapan apa saja yang sudah Sobat lakukan untuk menghadapi hari “spesial” tersebut? Apakah kamu sudah mengikuti sejumlah try out UTBK? 

Mungkin, banyak dari Sobat SimulasiKu yang malas untuk mengikuti try out karena rasanya seperti ujian yang berulang-ulang. Namun, tahukah kamu? Try out ternyata memiliki segudang manfaat bagi persiapan UTBK, lo! Penasaran ada apa saja? Check it out, Guys!

1. Try Out Melatih Manajemen Waktu

Try Out Melatih Manajemen Waktu
Dengan waktu terbatas, peserta UTBK harus disiplin dalam mengerjakan soal

Mana yang lebih sering kamu lakukan: berlatih mengerjakan soal dengan atau tanpa batasan waktu? Tentu, lebih banyak yang senang mengerjakan soal tanpa batasan waktu, ya? Alasannya mungkin karena bisa lebih santai dan tidak merasa harus terburu-buru. Namun, hal ini akan berakibat kepada manajemen waktumu yang kurang terlatih.

Sobat tidak akan menyadari bahwa kamu terlalu lama berkutat pada satu soal, entah karena itu susah atau memang terlalu santai ngerjainnya. Sementara itu, soal di UTBK, kan, ada banyak dan waktunya pun sangat terbatas. Jadi, kamu harus bisa mengerjakan masing-masing soal dalam waktu yang singkat.

Nah, dengan mengikuti try out UTBK, Sobat mau tidak mau harus mengatur manajemen waktu dengan strategi tertentu supaya dapat mengerjakan soal sebanyak mungkin dengan jawaban yang tepat. Awalnya memang tidak mudah, tetapi kamu akan menemukan ritme pengerjaanmu sendiri kalau rajin mengikuti kegiatan ini.

2. Memberikan Atmosfer seperti saat UTBK

Memberikan Atmosfer seperti saat UTBK
Tampilan aplikasi dan pembatasan waktu membuatmu jadi menganggap ini UTBK sungguhan

Ketika memasuki ruangan UTBK, wajar sekali jika nanti Sobat merasakan perasaan cemas, takut, atau tremor. Kalau memakai bahasa kekinian, mungkin namanya “vibes-nya beda”. Penyebab hal ini adalah karena dalam alam bawah sadar, Sobat merasa bahwa ujian tersebut akan sangat berpengaruh dalam kehidupan ke depannya sehingga merasa takut salah atau gagal.

Sekalipun wajar, kita bisa mengurangi atau bahkan mencegah hal itu, lo! Caranya adalah dengan membiasakan diri terpapar dengan suasana-suasana semacam itu supaya pikiran meresponsnya sebagai hal yang normal. Nah, try out UTBK adalah salah satu sarana yang cocok untuk itu.

Saat try out UTBK, Sobat akan mengerjakan soal melalui aplikasi digital yang tampilan dan tenggat waktu yang mirip ketika UTBK berlangsung. Selain itu, kamu juga akan mengerjakannya bersama ratusan atau bahkan ribuan orang lain di luar sana. Jadi, Sobat membangun perasaan seakan-akan sedang melaksanakan UTBK.

3. Menyuguhkan Soal yang Mirip UTBK

Menyuguhkan Soal yang Mirip UTBK
Dengan mengikuti try out, tidak perlu susah-susah mencari soal lagi

Terkadang, kita ingin berlatih mengerjakan soal, tetapi tidak tahu harus mencarinya dari mana. Alhasil, kita hanya mengerjakan soal yang ada saja tanpa tahu apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah sesuai dengan kisi-kisi UTBK atau tidak.

Dengan mengikuti try out UTBK, kamu tidak akan mempermasalahkan hal itu lagi. Cukup pilih penyedia layanan try out yang kompeten, Sobat hanya perlu fokus menguasai materi saja untuk meraih nilai yang memuaskan. Biarkan panitia penyelenggara menyiapkan soal-soal yang dapat memprediksi kemampuanmu. Dengan begitu, Sobat pun jadi tidak membuang-buang waktu.

Baca juga: 5 Hal Penting Perlu Dilakukan Saat Pelaksanaan UTBK, Jangan Lewatkan!

4. Kunci Jawaban Try Out UTBK Bermanfaat, lo!

Kunci Jawaban Try Out UTBK Bermanfaat
Kunci jawaban juga bisa menjadi sumber belajar

Jika sudah selesai mengerjakan keseluruhan proses try out, Sobat akan mendapatkan kunci jawaban yang juga akan berisi penjelasannya. Kunci jawaban inilah yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran. 

Selama proses pengerjaan, Sobat mungkin menemui sederet pertanyaan yang sulit atau ragu dengan jawabannya. Dengan melihat kunci jawaban beserta pembahasa tersebut, kamu tidak hanya dapat menemukan jawaban, tetapi juga dapat mengevaluasi apakah jawaban yang kamu pilih sudah yakin benar atau malah salah.

5. Try Out UTBK sebagai Evaluasi Progres Persiapan

Try Out UTBK sebagai Evaluasi Progres Persiapan
Hasil dan nilai UTBK cocok dijadikan bahan evaluasi diri

Nah, setelah mendapatkan suasana, perasaan, soal, dan pembahasannya, jangan lupa kalau Sobat juga akan mendapatkan nilai hasil pengerjaannya. Kelima hal yang akan para peserta try out UTBK dapatkan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi kepada diri sendiri, “Sudah seberapa siap diriku dalam menghadapi UTBK?”

Memang, nilainya tidak mengubah kesiapanmu. Meskipun begitu, Sobat dapat mulai memperbaiki letak kekurangan dengan melihat nilai tersebut. Terlebih lagi jika Sobat SimulasiKu konsisten mulai mengikuti try out sedari awal, pasti waktu yang tersisa untuk terus mengembangkan diri semakin panjang lagi.

Ternyata, try out UTBK sepenting itu, ya! Walaupun Hari H makin mepet, kamu masih punya waktu, kok! Sobat bisa menguji diri dengan mengikuti try out dari penyedia layanan yang kompeten, salah satunya adalah SimulasiKu. Gak cuma try out saja, kamu juga bisa mencoba bimbel intensif dan menyaksikan video pembelajaran, lo! Yuk, coba sekarang!

Baca juga: Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us