5 Strategi Lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Bagi Kamu yang Mengulang!

Mengikuti ujian untuk masuk perguruan tinggi memang bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika sebelumnya pernah mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan berakhir dengan harus berlapang dada menerima kabar ketidaklolosan. Sebenarnya kegagalan itu hal yang wajar loh. Sedangkan, yang tak wajar itu terus-menerus larut akan kegagalan. Belajar dari kegagalan tentu akan lebih baik adanya. Lebih kerennya lagi, jika Sobat memiliki rencana yang matang sebelum mengulang ujian masuk perguruan tinggi. Nah, andai kata Sobat hendak menatang kembali untuk ke perguruan tinggi, simaklah lima strategi ini!

1. Susun Persiapanmu dari Pengalaman Ikut Ujian Masuk Perguruan Tinggi!

Rancanglah Strategi mu untuk masuk ke perguruan tinggi
Belajar dan Menyusun Strategi dari Pengalaman itu Penting loh Guys!

Pengalaman mengikuti ujian masuk perguruan tinggi sebelumnya adalah senjata utama Sobat. Sobat bisa merancang strategi dari pengalaman tersebut. Coba ingat kembali soal-soal yang susah Sobat jawab. Ingat juga jumlah soal yang bisa Sobat jawab. Kemudian, hubungkan dengan berapa skor nilai perguruan tinggi Sobat yang terdahulu. 

Lewat cara tersebut, bisa Sobat dapatkan gambaran tentang sejauh mana kesiapan Sobat untuk mengikuti kembali ujian masuk perguruan tinggi. Melaui gambaran tersebut jugalah, Sobat dapat menetukan langkah-langkah persiapan Sobat.

2. Trik Ampuh agar Lolos dari Susahnya Soal Ujian: Pahami Materi Pelajaran

pahamilah Materi pelajaranmu!
Pemahaman akan Materi Pelajaran akan Memudahanmu!

Pada saat ujian masuk perguruan tinggi sebelumnya, pasti Sobat telah berhadapan dengan soal-soal yang bukan main menyeramkannya. Nah, Sobat bisa menjinakkan soal tersebut dengan paham terlebih dahulu materi pelajarannya. Usahakan untuk memahami materi pelajaran, bukan menghafalkannya. 

Materi pelajaran untuk ujian masuk perguruan tinggi itu tidak sedikit. Apalagi jika Sobat berencana mengambil kelompok ujian campuran. Jangan sampai terjadi senjata makan tuan, ketika sobat lupa akan materi pelajaran yang telah sobat hafalkan di tengah-tengah ujian.

3. Susun Rencana Belajarmu, Jangan Melewatkannya a.k.a Bolos!

Buatlah jadwal belajar!
Susun Rencana Belajarmu agar Lolos Ujian!

Jadwal belajar itu penting adanya. Belum lagi jika sobat punya kesibukan lain seperti bekerja ataupun jadwal nongkrong bareng teman sepermainan. Susun jadwal belajar Sobat sesuai dengan timeline ujian yang akan berlangsung. Percayalah, masa-masa persiapan sebelum ujian masuk perguruan tinggi itu sangatlah berharga.

Sobat bisa tentukan materi mana dulu yang akan sobat pelajari. Berikan juga porsi belajar yang lebih besar untuk materi yang belum sobat pahami. Kemudian, Sobat bisa mengukur kemajuan belajar Sobat setiap minggunya. Jangan bolos belajar ya sob! Ingat, ada bangku kuliah yang menantimu.

4. Tryout Ujian Masuk Perguruan Tinggi, Siasat agar Sobat Lebih Siap!

Ikuti Tryout agar kamu siap untuk masuk perguruan tinggi!
Ikutlah Tryout Ujian Masuk Perguruan TInggi, Ukur Seberapa Siap Sobat!

Pertandingan uji coba yang klub sepakbola adakan tentu bertujuan untuk melihat seberapa siap dan kuat tim mereka sebelum nantinya resmi bertanding. Begitu pula dengan tryout yang bertujuan untuk menilik kesiapan Sobat sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Dengan demikian, tryout juga layak untuk menjadi bagian dari strategi Sobat yang mengulang ujian masuk perguruan tinggi.

Lewat tryout, Sobat akan bertemu dengan rupa-rupa soal yang bisa jadi hadir di lembar ujian masuk perguruan tinggi nantinya. Sobat juga akan terbiasa dengan waktu pengerjaan ujian nantinya jika rutin mengikuti tryout. Salah satu tryout yang bisa sobat ikuti adalah tryout yang rutin diselenggarakan oleh SimulasiKu.

5. Persiapkan dengan Matang Rencana Program Studi yang akan Kamu Ambil!

Putuskan program studi untuk masuk ke perguruan tinggi!
Petakan Program Studi Yang Menjadi Tujuanmu, Cari Informasinya!

Ibarat “4 Sehat – 5 Sempurna”, strategi ke-5 ini hadir untuk menyempurnakan kesuluruhan strategi sobat. Apabila Sobat sudah melakukan persiapan dengan 4 strategi sebelumnya, maka langkah terakhirnya adalah merencanakan program studi impian sobat. So, matangkan strategi ini agar Sobat bisa lolos!

Pertama, carilah informasi tentang kuota peneriman mahasiswa baru di program studi tujuan sobat. Selanjutnya, adalah menentukan target nilai untuk ujian kali ini.  Target nilai ujian kali ini pastinya harus lebih tinggi dari nilai ujian sebelumnya. Terakhir, perlu sobat sadari jika ada banyak yang bersaing untuk mendapatkan kuota penerimaan mahasiswa baru a.k.a lolos ujian.

Demikianlah, strategi yang bisa Sobat terapkan agar lolos kala bersua kembali dengan perguruan tinggi. Satu yang pasti, sobat taklah sendirian. Ada Simulasiku yang setia menemani masa-masa persiapan Sobat untuk menggapai kampus impian.

Akhir kata, semangat dan sukses untuk ujiannya!

Editor: Putri Zuhairah

One thought on “5 Strategi Lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Bagi Kamu yang Mengulang!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us