5 Trik Belajar Efektif dalam Waktu Singkat, Apa Saja?

Belajar merupakan suatu kewajiban, khususnya bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Walau sebenarnya di lubuk hati terdalam, rasanya sulit sekali mengumpulkan nyawa untuk belajar. Nyatanya, belajar tidak melulu harus dilakukan dalam bentuk duduk diam, berkonsentrasi, dan membaca. Butuh trik dan tips agar belajarmu bisa efektif. Jangan sampai belajar lama-lama tetapi nihil yang kamu pahami. Nah, berikut ada 5 trik belajar efektif dalam waktu singkat, apa saja? 

1. Catatan Pelajaran Membuat Belajar Lebih Efektif

Catatan akan membantu belajar jadi lebih efektif.
Catatan akan mempermudah kamu memahami materi pelajaran

Siapa nih yang di kelas suka malas mencatat? Padahal, catatan itu berguna banget lho untuk membantu kamu belajar. Catatan bisa menjadi sarana penunjang dalam memahami materi secara cepat dan efektif. Kamu bisa mempelajari inti-inti dari sebuah pelajaran tanpa harus membaca seluruh materinya. Dengan demikian, proses belajarmu akan terfokus pada materi penting saja.

Selain itu, catatan yang ditulis dengan detail dan tersusun secara sistematis akan memudahkan kamu memahami pelajaran dengan cepat. Mencatat juga membantumu untuk mudah menghafal. Ketika menulis catatan, secara tidak langsung kamu sudah mencari, menyerap, dan menguasai informasi dari materi pelajaran tersebut. Jadi, mulai rajin mencatat yuk!

2. Gunakan Teknik Jembatan Keledai Agar Belajar Efektif 

Kamu bisa coba trik jembatan keledai ini agar belajar efektif.
Siapa yang sudah pernah mencoba trik satu ini?

Menurut artikel dari Kompas.com, teknik mnemonic atau jembatan keledai adalah sebuah teknik untuk mengingat atau menghafalkan suatu hal dengan mengasosiasikannya terhadap hal yang mudah diingat. Teknik jembatan keledai ini dapat kamu gunakan dalam menghafal materi atau istilah yang sukar diingat, seperti unsur kimia, tata bahasa, maupun rumus-rumus matematika.

Cara kerjanya ialah dengan membentuk kata atau suku kata yang dirangkai menjadi satu kalimat. Melalui satu kalimat ini, kamu bisa lebih mudah mengingat atau paling tidak kamu terpancing untuk teringat. Salah satu contoh populer dari teknik ini adalah mejikuhibiniu, kepanjangan dari merah, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Semakin menarik singkatannya semakin mudah kamu mengingatnya pula.

3. Istirahat Di Sela-Sela Belajar

Istirahat sejenak gak bikin kamu jadi pemalas kok.
Istirahat sebentar dulu, lalu gas lanjut!

Kegiatan belajar biasanya berlangsung dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Selama beberapa jam kamu harus duduk sembari membaca atau menghafal materi pelajaran. Padahal faktanya, istirahat di sela-sela belajar memiliki manfaat baik bagi kinerja otak. 

Cobalah beristirahat dan merilekskan diri terlebih dahulu sekitar 10 menit sebelum mulai belajar kembali. Kamu tidak harus tidur kok, yang penting cobalah untuk merasa nyaman dan santai. Membuka media sosial atau bermain game dalam waktu sebentar juga bisa menjadi pilihan. Intinya, jangan terlalu memaksakan diri belajar secara terus menerus, beli selingan waktu istirahat sebentar.

Baca Juga: 5 Tips Persiapan Mental Guna Menghadapi UTBK

4. Ingin Belajar Jadi Efektif? Carilah Tempat yang Nyaman

Tempat belajar juga mempengaruhi belajar efektif.
Kamu sendiri lebih senang belajar di tempat seperti apa?

Kerap kali hal satu ini terlupakan, padahal imbasnya pada efektivitas belajar tidak kecil. Pernah gak sih merasa sebuah tempat itu PW banget, sampai kamu males buat pindah atau sekedar bangun? Tempat seperti itulah yang perlu kamu gunakan saat belajar. Tempat yang nyaman akan sangat mempengaruhi mood-mu semasa belajar. Mood yang bagus jelas akan membantu proses belajarmu menjadi efektif dan cepat.

Kalau kamu mulai bosan dengan tempat dan suasana belajar, ubahlah posisi ataupun layout ruangan agar mendapatkan penampilan yang baru. Pergi ke perpustakaan atau tempat nongkrong juga bisa kamu lakukan jika kamu ingin mencari suasana baru. Hanya saja, pastikan tempat tersebut tidak terlalu ramai supaya kamu tetap nyaman belajar. 

5. Belajar Berkelompok 

Gak perlu sungkan mengajak teman belajar bersama, sama-sama nambah ilmu kok!
Belajar dengan teman membuat kamu gak perlu sungkan bertanya

Apa kamu merasa lebih cepat paham kalau temanmu yang menjelaskan materi pelajaran? Kalau iya, sepertinya kamu perlu deh membuat kelompok belajar. Tak bisa dipungkiri bahwa materi pelajaran yang disampaikan guru kadang kala susah kamu pahami. Entah karena ritme pelajaran yang terlalu cepat maupun cara penyampaiannya. 

Belajar secara berkelompok apalagi bersama teman-temanmu bisa menciptakan suasana yang santai. Kamu gak akan sungkan bertanya apabila kamu belum paham dengan materinya. Kamu juga memiliki kesempatan berdiskusi bahkan beradu argumen mengenai materi pelajaran, yang mana hal itu dapat membuatmu memahami materi secara mendalam.

Well, itu tadi 5 trik belajar efektif dalam waktu singkat. Setiap orang tentu mempunyai cara dan trik belajarnya sendiri. Kamu boleh mulai mencari cara yang tepat untuk kamu terapkan dengan gaya belajarmu. Seumpama kamu senang dengan cara belajar yang gak ribet dan menyenangkan, yuk coba ikuti kelas online dan try out di SimulasiKu! Tinggal buka website-nya dan kamu bisa langsung daftar! Gampang bukan?

Baca Juga: Tips Fokus Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us