Jurus Menghadapi Tugas Kuliah, Anti Deadliner Klub!

Sebagai mahasiswa, kamu tentu enggak akan bisa jauh dari yang namanya tugas kuliah yang menumpuk. Saking banyaknya sampai membuat kepala pusing! Belum lagi kalau kamu aktif di organisasi atau kepanitian. Otak tambah meledak-ledak rasanya! Eits, tapi jangan khawatir, mungkin kamu aja yang belum tahu jurus rahasianya. Nah, berikut 5 jurus menghadapi tugas kuliah, anti deadliner klub!

1. Mengetahui Jadwal Kuliah

Kenali dan pahami jadwal kuliahmu dengan baik.
Jadwal kuliah ini penting, jangan sampai enggak tahu!

Dengan mengetahui jadwal kuliah, kamu bisa menyesuaikan antara ritme kegiatan dan kesibukan perkuliahan. Simpan atau print jadwal tersebut lalu tempel di meja belajar supaya kamu enggak ketinggalan kelas. Selain itu, jadwal ini juga dapat menjadi panduan buatmu dalam mengerjakan tugas. Cari hari yang sekiranya luang atau minim kelas supaya dapat menyelesaikan tugas. 

Kalau perlu, susun agenda harianmu agar kamu bisa me-manage waktumu dengan baik. Tulis aktivitas harianmu secara detail mulai dari bangun hingga menjelang tidur. Apalagi di masa kuliah online ini, dimana jadwal kuliah sering berubah tiba-tiba. Jadi, rajin-rajinlah update informasi terbaru!

2. Pasang Deadline Tugas Kuliah dan Buat Reminder di HP!

Pasang reminder di HP dan buat deadline supaya enggak kelupaan!
Deadline bikin kamu terpacu untuk menyelesaikan tugas

Kunci tugas kuliah enggak menumpuk adalah jangan jadi deadliner! Hasil pekerjaan yang mepet sama deadline biasanya kurang optimal. Entah akibat terburu-buru, minim persiapan, atau asal mengumpulkan. 

Oleh sebab itu, buatlah dengan lengkap list setiap tugas dari dosen, jangan lupa cantumkan tanggal pengumpulannya. Hal ini berfungsi sebagai pemacu semangat kamu mengerjakan tugas. Pasang juga pengingat di smartphone biar enggak kelupaan!

3. Bikin Skala Prioritas 

Tentukan tugas kuliah mana yang perlu dikerjanan dulu dan mana yang kurang mendesak.
Buatlah skala prioritas untuk memudahkanmu menentukan mana yang mau dikerjakan dahulu

Setelah mempunyai daftar tugas, jurus selanjutnya ialah membuat skala prioritas. Belajar memilah serta memilih pekerjaan yang hendak kamu selesaikan terlebih dahulu. Kerjakan yang sekiranya sudah dekat dengan deadline. Minimal, sehari sebelum hari H harus selesai.

Dalam membuat skala prioritas, bedakan antara penting dan mendesak, penting tetapi tidak mendesak, mendesak tetapi tidak penting, tidak mendesak dan tidak penting. Melalui cara itu, akan lebih mudah menentukan mana yang mesti kamu selesaikan. Pokoknya jangan sampai kewalahan karena tugas menumpuk! Pintar-pintarlah mengaturnya okey!

Baca Juga: 5 Tips Menumbuhkan Motivasi Belajar!

4. Mencicil Tugas Kuliah Jadi Jurus Berikutnya

Biasakan diri mencicil tugas yang diberikan.
Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit

Yup, penting banget untuk mencicil tugas sebab hal ini bisa meringankan bebanmu. Sempatkan satu jam setiap hari guna mencicilnya. Alhasil, pikiran enggak akan terlalu lelah. Pilih waktu efektif mengerjakannya, pagi, sore, atau malam hari. Kamu cocoknya kapan nih

Usahakan juga jangan begadang apalagi pakai Sistem Kebut Semalam alias SKS. Mentang-mentang tugasnya menumpuk lantas kamu ingin menyelesaikannya sekaligus, sampai-sampai harus terjaga semalaman. Padahal, cara tersebut berdampak buruk pada kesehatan dan tentunya hasil pun kurang maksimal.

Baca Juga: Bahaya Belajar SKS, Sudah Tahu Belum?

5. Istirahat Tatkala Lelah Mengerjakan Tugas Kuliah

Jangan lupa untuk istirahat juga.
Istirahat kalau capai, nanti lanjut lagi!

Lelah merupakan hal yang wajar, semua orang niscaya mengalaminya. Begitu pun selama mengerjakan tugas. Kamu butuh istirahat. Entah itu jalan-jalan ke luar rumah, rebahan, atau membuka media sosial barang sebentar. Berhenti sejenak guna menyegarkan pikiran supaya konsentrasi lebih maksimal. 

Tugas boleh seabrek tetapi jangan sampai juga membuatmu enggak bahagia. Kehidupan kampus harus tetap kamu nikmati. Luangkan pula waktu berolahraga, sekadar joging ataupun senam kecil di teras rumah nampaknya perlu deh! Mengutip dari hellosehat.com, olahraga ternyata bikin kita bahagia lho! Sebab, terjadi peningkatan hormon endorfin yang mampu menurunkan kadar stres sekaligus memunculkan perasaan senang.

Itulah dia 5 jurus menghadapi tugas kuliah. Jika ada jurus lain yang mau kamu tambahkan, tulis saja di kolom komentar okey! Meskipun melelahkan, cobalah ambil sisi baiknya. Kemampuan mengatur waktu, rasa tanggung jawab, serta inisiatif bakalan turut terasah selama kamu mengerjakan tugas.

Fyi, untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi, boleh banget ikutan try out UTBK dan kelas online di SimulasiKu. Nantikan juga artikel menarik lainnya seputar dunia kampus, ujian masuk, maupun tips belajar. Yuk, cek website-nya! Cheer up!

Baca Juga: Belajar Makin Mudah dengan Video Materi SimulasiKu!

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us