7 Tips Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu!

Sobat SimulasiKu pasti sudah tahu ‘kan, bahwa akan ada perubahan materi yang diujikan pada UTBK 2022? Yap, di materi tes tahun 2021 hanya ada TPS dan TKA Saintek atau Soshum, sedangkan pada tahun 2022 ini akan ada UTBK bahasa Inggris.

Penambahan mata ujian dilakukan berdasarkan kesepakatan seluruh rektor Perguruan Tinggi, mengingat bahasa Inggris merupakan aspek penting karena sering digunakan dalam tugas-tugas kuliah.

Tak bisa dipungkiri, soal bahasa Inggris memang masih menjadi kendala bagi sebagian siswa. Soal yang biasanya berbentuk reading comprehension ini tak jarang mengandung banyak kosa kata sulit dalam rupa teks panjang. 

Topik yang dibahas di dalamnya pun umumnya berkaitan dengan hal-hal ilmiah, seperti fenomena alam, wabah penyakit, hingga isu-isu politik. Alhasil, tak sedikit siswa yang sudah pusing duluan dan memilih untuk asal mengisi jawaban. Sayang banget, bukan?

Nah, terus bagaimana caranya agar bisa mengerjakan soal UTBK bahasa Inggris di tengah waktu yang sangat terbatas? Yuk, simak! Berikut, 7 tips dan trik dalam mengerjakan soal UTBK bahasa Inggris.

1. Pahami Jenis dan Maksud Soal

utbk bahasa inggris
Pentingnya memahami soal sebelum membaca teks

Banyak siswa yang terburu-buru untuk membaca teks dari awal hingga akhir, barulah kemudian membaca soal. Padahal, akan lebih efektif jika kamu membaca soal terlebih dahulu sehingga kamu akan paham apa yang harus kamu cari di dalam teks tersebut. 

Membaca soal juga tidak asal membaca. Kamu harus memahami jenis dan maksud dari soal tersebut, apakah mencari topik utama, maksud kalimat secara tersirat, mengisi kalimat rumpang, dan sebagainya.

2. Gunakan Metode Skimming dan Scanning

metode skimming dan scanning
Membaca cepat dengan metode skimming dan scanning

Membaca teks UTBK bahasa Inggris berbeda dengan saat kamu membaca novel bahasa Inggris, lo. Kamu tidak perlu menghayati makna kata per kata, tetapi menggunakan metode membaca skimming dan scanning

Skimming adalah teknik membaca cepat dan mencari tahu apakah teks tersebut patut dibaca lebih lanjut atau tidak. Di samping itu, scanning merupakan teknik membaca untuk mencari informasi spesifik dalam sebuah teks. Kedua metode ini sangat penting untuk kamu gunakan, terutama ketika mencari gagasan utama dalam teks.

Baca juga: Teknik Skimming dan Scanning

3. Perbanyak Membaca Teks Bahasa Inggris

perbanyak vocabulary
Banyak membaca dapat memperluas vocabulary

Nah, agar kamu dapat menerapkan metode skimming dan scanning dengan lebih efektif, perbanyaklah membaca teks berita, buku, konten, atau bacaan apapun dalam bahasa Inggris. Hal ini juga berguna untuk menambah vocabulary kamu, lo!

Bila kamu memiliki vocabulary luas, maka tentunya akan memudahkanmu dalam memahami teks dan menjawab soal yang menanyakan makna, sinonim, atau antonim suatu kata.

4. Ketahui Subjek atau Objek Asli dari Pronoun

subjek asli pronoun
Ketahui subjek atau objek asli dari pronoun

Salah satu jenis soal yang sering keluar dalam UTBK bahasa Inggris adalah mencari subjek atau objek asli dari pronoun. Sebagai contoh, “Who is … mentioned in line …” atau “The pronouns ‘which’ refers to ….” Untuk menjawab soal-soal seperti ini, maka kita harus memahami kalimat sebelum dan sesudah kata yang ditanyakan pada soal.

5. Perhatikan Kata-Kata Pengecoh

kata pengecoh soal
Perhatikan kata-kata pengecoh dalam soal

Memang kelihatannya sepele, tetapi soal semacam ini sering kali menjebak. Meskipun waktu sangat terbatas, tetapi kamu harus tetap mencermati kata-kata pengecoh dalam soal. Contohnya, kata “however” dan “except” yang menunjukkan arti berlawanan.

Baca juga: 5 Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

6. Jangan Terpaku di Satu Soal

jangan terpaku di soal sulit
Jangan terpaku di soal yang sulit

Bila kamu mengalami kesulitan di satu nomor, jangan terpaku di soal tersebut karena sama saja dengan membuang waktu. Kerjakan dahulu soal yang bisa kamu kerjakan. Setelah semua soal telah selesai dan waktu masih tersisa, maka barulah kamu boleh kembali ke soal tadi.

7. Perbanyak Ikut Try Out

perbanyak try out
Melatih diri dengan mengikuti try out

Salah satu cara untuk membiasakan dirimu dalam mengerjakan soal-soal UTBK adalah latihan soal-soal try out secara teratur. Dengan mengikuti try out, kamu akan semakin memahami tipe-tipe soal dan cara mengerjakannya.

Itulah 7 tips dan trik mengerjakan soal UTBK bahasa Inggris. Buat Sobat SimulasiKu yang masih bingung mau ikut try out di mana, kamu bisa ikut Try Out Online SimulasiKu yang diadakan setiap minggunya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menonton video pembelajaran dan mengikuti bimbel intensif UTBK! Lengkap banget, ‘kan? Yuk, segera ikutan!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us