Ketahui Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar Agar Kamu Menjadi Siswa Anti Mager!

Dihantui rasa malas belajar bukanlah hal aneh bagi para siswa. Meski sudah menentukan jam belajar, tapi kok masih nggak mau bergerak ya untuk membuka buku pelajaran dan malah ntar-ntaran terus? Wah, kamu perlu berhati-hati karena keadaan ini bisa jadi gawat nih kalau tidak segera kamu tangani! Oleh karena itu kamu perlu mencari tahu cara untuk mengatasi rasa malas belajar supaya tidak lagi menunda-nunda waktu!

Mengalahkan rasa malas tentu tidak mudah dan perlu pembiasaan, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!

1. Kenapa Kamu Malas Belajar?

anti malas belajar https://www.pexels.com/photo/notes-on-board-3782142/
Jika sudah tahu alasannya, kamu bisa susun strategi untuk mengalahkannya

Kamu pernah berpikir gini  nggak, “Kenapa ya aku malas belajar?” Nah, kamu bisa coba refleksikan hal itu ke dirimu, sebenarnya apa sih yang membuatmu ogah-ogahan membuka buku atau mengerjakan tugas? Apakah karena terlalu banyak materi yang harus dipelajari? Apakah materi pelajaran terlalu sulit? 

Bisa jadi yang membuatmu selalu menunda adalah karena kamu sudah lebih dulu merasa takut untuk menghadapi pelajarannya. Oleh karena itu, kamu perlu mem-break down permasalahan itu agar ketemu solusi untuk memecahkannya. Ingat, semua pasti ada jalan keluarnya. Termasuk juga jerat keengganan untuk mengulang pelajaran. 

2. Pokoknya Mulai Aja Dulu!

menghilangkan malas belajar https://www.pexels.com/photo/young-game-match-kids-2923/
Meskipun masih bingung mau mulai dari mana, langsung jalanin aja!

Selanjutnya, ini adalah langkah paling besar dan sangat krusial untuk kamu lakukan: yaudah kerjain aja! Nah loh, kenapa begitu? Kamu tahu kan kalau tidak ada pelari yang mencapai garis finish tanpa berangkat dari garis start

Begitu juga dengan belajar, pada dasarnya kamu tetap harus memulai dari titik mana saja. Jika kamu merasa malas karena materinya terlalu sulit, kamu bisa mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Kalau alasanmu karena terlalu menumpuk, boleh dong kamu mencicil satu-persatu? Pelan-pelan saja, yang penting jalan terus ya!

3. Ikuti Gaya Belajar yang Cocok Denganmu

mengatasi malas belajar https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-looking-on-computer-3059748/
Lakukan dengan cara belajar ala kamu supaya nyaman!

Setelah memulai, terapkan gaya belajar yang paling mendukung prosesmu agar tercipta suasana yang nyaman dan membuatmu betah untuk mencerna topik pembahasan yang ada di buku. 

4. Anggap Saja Kamu Sedang Dikejar Deadline

dikejar deadline https://www.pexels.com/photo/white-clock-reading-at-2-12-1537268/
Biasanya kamu lebih terpacu kalau ada deadline yang menghantui kan?

Siapa nih deadliners yang lebih bersemangat mengerjakan tugas kalau sudah mepet waktu? Memang sih kalau dikejar deadline tuh rasanya memacu adrenalin banget, tetapi ini sama saja membuang waktu loh. Sebagai gantinya, kamu dapat membuat “deadline palsu” saja! Misal, pengumpulan tugas matematika ini hari kamis, buatlah deadline palsumu pada hari Rabu. 

Nah, nantinya spare time yang kamu miliki bisa kamu pakai untuk meninjau hasil pekerjaanmu, atau boleh juga kamu pakai untuk santai. Yang penting pekerjaanmu sudah selesai!

Baca juga: Sulit Fokus Mengerjakan Tugas? Lakukan 6 Kebiasaan ini untuk Meningkatkan Konsentrasi!

5. Mengatasi Rasa Malas Belajar dengan Menentukan Goals

menentukan goals https://www.pexels.com/photo/green-typewriter-on-brown-wooden-table-4052198/
Pastikan keinginan mencapai garis akhir lebih besar dari rasa malasmu

Hal lain yang bisa memicu rasa rajin adalah motivasi kuat untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, motivasimu tidak harus sesuatu yang luar biasa seperti meraih medali emas atau memenangkan lomba internasional kok

Meski boleh banget menjadikan kedua hal itu sebagai motivasi. Namun, di sini motivasi kecil yang bahkan cenderung sepele pun bisa kamu jadikan garis finish-mu. Contohnya, kamu ingin segera menyelesaikan pekerjaan karena ingin menonton drama atau film, melanjutkan mabar dengan temanmu, atau ingin segera rebahan scrolling TikTok. 

Kalau sudah merampungkan tanggung jawabmu, leha-leha seperti itu jadi lebih tenang kan? Yuk, semangat!

6. Hapus Kata “Nanti” dari Kamus Belajarmu

malas belajar https://www.pexels.com/photo/wood-typography-photography-blur-7462587/
Biasakan mengucap kata “sekarang!” dalam belajar

Ini nih kata paling berbahaya yang mengancam semangatmu! Kalau kamu biasa mengucap “Ah, nanti aja deh” tiap malam saat jam belajarmu tiba, stop! Mulai hari ini tukar kata itu dengan “sekarang” dan sokong dengan aksi nyata yaitu: duduk manis di mejamu dan buka halaman materi! Jangan kalah sama rayuan kata “nanti”. 

Itu dia cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa malas belajar. Karena kamu siswa yang keren, kamu pasti bisa menaklukan godaan ini! Selanjutnya, ayo gabung ke klub anti mager bersama SimulasiKu.id dan ikut bimbel online harian di sana! Oh iya, ada Try Out UTBK juga loh dan video pembahasan materinya, yuk cek website-nya!

Editor: Saskia Trifidita

One thought on “Ketahui Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar Agar Kamu Menjadi Siswa Anti Mager!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us