5 Tips Efektif Kerja Kelompok, Goodbye Drama!

Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai pekerja pasti enggak asing lagi sama kerja kelompok. Sebuah aktivitas yang seringkali terasa menyenangkan tetapi di sisi lain juga kerap menyebalkan. Menyenangkan bagi mereka yang pemalas—ups!—karena merasa bisa berleha-leha dan menyebalkan buat si rajin lantaran selalu dijadikan sapi perah.  

Padahal, metode ini seharusnya bisa membuat kerja jadi lebih efektif dan membangun kekompakan tim. Oleh sebab itu, yuk simak dulu 5 tips efektif kerja kelompok berikut ini! Here we go!

1. Lakukan Pembagian Jobdesk Kerja Kelompok

Jangan lupa bagi tugas, jangan dikerjakan sendiri!
Salah satu hal terpenting dalam melakukan kerja kelompok adalah pembagian tugas yang merata

Hal paling penting dalam kerja kelompok ialah melakukan pembagian jobdesk. Sesuai namanya, maka pekerjaannya pun harus dikerjakan bersama-sama. Usahakan enggak ada yang menganggur atau merasa terbebani sama pekerjaan berlebih. Semuanya harus punya porsi pas serta sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Jangan sampai ada teman cuma “titip nama”! Pasti kamu juga bakalan merasa jengkel bukan? So, buat meminimalisir drama-drama di dalam kelompok, atur pembagian kerjanya secara adil. Apabila perlu, tentukan juga siapa yang akan mengerjakan slide presentasi—kalau ini tugas presentasi yes—, bagaimana pengumpulannya, hingga persiapan lainnya. 

2. Simpan Kontak Nomor Teman Kelompokmu

Pastikan kamu memiliki kontak anggota kelompokmu.
Simpan kontaknya dan buat grupnya supaya gampang koordinasi!

Biar koordinasinya gampang, jangan lupa juga buat nyimpen kontak nomor teman-teman kelompokmu. Kalau perlu, bikin grup Whatsapp atau Line. Hal ini penting dilakukan karena satu hal yang kerap membuat kerja kelompok susah adalah kurangnya komunikasi dalam tim. Tiba-tiba ada teman menghilang begitu aja, muncul-muncul pas mau ngumpulin tugasnya! Ah, cerita klise!

Selain itu, grup chat juga bisa menjadi wadah share bahan referensi, draf tugas, sampai tempat diskusi. Misalkan, kelompokmu lagi enggak ingin ketemuan buat ngerjain tugas bersama-sama, nah, grup bisa jadi solusinya! Minta teman-temanmu untuk diskusi di sana, asalkan semuanya aktif! Seumpama mau lebih nyaman, boleh kok pakai video conference atau video call.

3. Kerja Kelompok Efektif dengan Menetapkan Deadline

Tetapkan deadline agar kerja kelompok jadi lebih efektif.
Ingat, deadline wajib kamu patuhi!

Mungkin terdengar strict sih, tetapi keberadaan deadline memang perlu banget sewaktu kerja kelompok. Tujuannya untuk mengantisipasi tugas yang terbengkalai akibat keseringan menunda. Masing-masing anggotanya pun wajib mematuhinya. Jikalau ada yang melanggar, jangan sungkan untuk memberinya peringatan mengingat ini terkait kepentingan bersama. 

Sikap egois itu musuh terbesar dalam kerja kelompok! Misalkan kamu sedang enggak bisa memenuhi tugas sesuai deadline-nya karena suatu alasan penting, ada baiknya beri tahu teman-temanmu! Komunikasikan hal tersebut dengan harapan kemudian dapat menemukan solusi bersama-sama. 

Intinya, semua mesti mematuhi deadline! Bahkan kalau bisa, selesaikan sebelum waktu pengumpulan tiba buat mengecek ulang hasil pekerjaan.

Baca Juga: Teknik Skimming dan Scanning, Cocok untuk Mengerjakan Soal Bahasa UTBK

4. Saling Membantu

Saling bantu satu sama lain, jangan malah saling bersaing!
Namanya juga kerja kelompok, harus saling bantu!

Selama bekerja kelompok, mungkin saja kamu menemui beberapa kesulitan. Namun, jangan menyerah, kamu bisa meminta bantuan teman kelompokmu. Ketika dirimu ragu sama hasil kerjamu, apa salahnya buat minta tolong teman? Ajaklah mereka berdiskusi, siapa tahu dapat pencerahan. 

Begitu pun sebaliknya, mungkin ada kalanya temanmu membutuhkan bantuan, tentu kamu harus membantunya. Hindari perasaan berkompetisi sesama teman kelompokmu sebab kalian punya tujuan yang sama. Jadi, bekerja sama dan berkolaborasilah dengan baik demi mendapatkan hasil maksimal. 

Baca Juga: Ingin Melancarkan Speaking Bahasa Inggris? Ikuti Tips Ini!

5. Ciptakan Bonding dengan Rekan Kerja Kelompok

Bangun hubungan erat dengan rekan setimmu agar kerja kelompok berjalan baik.
Makan bersama teman kelompok bisa jadi ajang mengakrabkan diri

Ngomongin soal kerja kelompok bukan melulu berorientasi pada pekerjaan. Terkadang perlu juga menciptakan bonding dengan temanmu. Misal ada waktu lenggang, bolehlah sesekali buat makan bareng. Sekadar mengakrabkan diri atau mengenal lebih dalam teman-temanmu sehingga selama mengerjakan tugas, kamu akan terasa lebih nyaman!

Mengutip dari sebuah sumber, nyatanya team building punya banyak manfaat, antara lain, membangun rasa kepercayaan, membuat tim makin kuat, serta meningkatkan produktivitas.

Itulah 5 tips kerja kelompok efektif yang bisa kamu terapkan. Berusahalah untuk senantiasa aktif serta turut berpartisipasi di dalam kelompokmu. Lalu, biarkan proses menentukan hasilnya, alright?

BTW, sudah tahu belum nih kalau sekarang di SimulasiKu ada video materi pembelajaran lo! Cukup merogoh kocek Rp50.000,00 kamu boleh akses berbagai materi UTBK selama setahun. Penasaran? Buruan cek website-nya!

Baca Juga: 5 Trik Belajar Efektif dalam Waktu Singkat, Apa Saja?

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us