Jadi Anggota Osis, Banyak Sukanya atau Dukanya ya?

Saat mendengar kata OSIS, apa yang pertama kali terbesit di pikiranmu? Kesayangan guru, anak keren dan terkenal, atau suka bikin razia tiba-tiba? Kehadirannya di sekolah kerap membuat perhatian banyak orang tertuju pada mereka. Enggak jarang, hal itu membuat banyak anak ingin bergabung.  Eits tunggu dulu! Tahukah kamu kalau ternyata jadi anak OSIS itu banyak suka dukanya? Apa saja? Simak artikel berikut!

1. Belajar Banyak Soal Soft Skill saat Bergabung dengan OSIS

Suka duka pertama jadi anak OSIS, kamu pastinya bisa mengasah kemampuan soft skill-mu disini!
Kamu akan belajar mengasah soft skill-mu

Meski sering dibilang sebagai “budak sekolahan”, kamu anggota OSIS tak perlu bersedih. Nyatanya, kamu bisa belajar banyak hal, khususnya soal kemampuan soft skill. Mulai dari berlatih tanggung jawab, komunikasi, hingga cara bekerja sama dalam tim. Sebagai anak OSIS, pastinya kamu bakalan banyak mempunyai kegiatan.

Melalui kegiatan tersebut, kamu akan belajar bertanggung jawab. Bagaimana merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi sebuah kegiatan. Anggota OSIS juga dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, menyampaikan pesan secara efektif guna menghindari mispersepsi. Jangan sampai deh gara-gara masalah sepele, malah menimbulkan drama-drama yang enggak banget. 

2. Duka Jadi Anak OSIS: Rapat Teros!

Sayang, kamu kudu rapat terus-terusan!
Jangan bosan rapat yes

Yup, sedihnya jadi anak OSIS yaitu sering banget rapat. Setelah satu hari pusing dengan pelajaran, pas waktunya mau pulang, eh disuruh ikut rapat. Alhasil jam pulang sekolah sering molor. Apalagi mendekati penyelenggaraan acara di sekolah. Beuh, sibuknya bukan main. Hari ini rapat, besoknya lagi iya, setiap hari rasanya rapat melulu, saking banyaknya hal yang perlu dibahas.

Akan tetapi percayalah, momen seperti itu yang sering membuatmu kangen sehabis lulus. Secara enggak langsung kamu juga berlatih untuk menjadi orang yang disiplin, membiasakan diri mengatur waktu, yang mana hal itu pasti berguna banget di kehidupan sehari-hari. So, take it easy my friend! 

3. Saat-Saat Pensi Paling Dinanti

Eit, tapi kamu bisa dapet akses langsung saat pensi lho!
Kamu punya momen tak terlupakan saat pensi?

Rasa-rasanya kita boleh sepakat kalau semua siswa satu sekolah juga bakal excited sama acara satu ini. Apalagi teruntuk anak OSIS, lelahnya mencari sponsor, cari bintang tamu, dan begadang untuk rapat bakalan terbayar lunas ketika melihat acaranya berhasil digelar. Bahkan kamu anggota OSIS bisa dengan mudah dapat akses buat nonton dari dekat atau foto bareng sama artisnya. Asyik banget!

Baca Juga: 5 Macam Sandi Pramuka yang Mudah dan Asyik Dipraktekkan, Yuk Ketahui!

4. Duka Jadi Anak OSIS yaitu Kerap Ketinggalan Pelajaran

Suka duka anak OSIS lain, kamu jadi sering ketinggalan pelajaran.
Butuh usaha ekstra biar enggak ketinggalan pelajaran

Memang iya sih anak OSIS sering ketinggalan pelajaran, tiba-tiba materi sudah ganti bab baru. Padahal, yang sebelumnya juga belum paham. Kamu kerap ninggalin pelajaran buat ikut rapat, hadir di seminar, atau kesibukan lain, akibatnya sering merasa keteteran sama pelajaran. 

Namun enggak apa-apa, kamu tetap bisa kok dapat nilai bagus. Pinjamlah buku catatan milik teman. Pelajari dan salin catatan tersebut untuk belajar di rumah nantinya. Kalau kamu masih belum paham, coba diskusikan bersama guru.

5. Mendapatkan Sertifikat

Tapi paling gak, kamu bisa mendapatkan sertifikat atas hasil kerja kerasmu.
Lumayan banget dapat sertifikat buat daftar kuliah

Walaupun menjadi OSIS kamu enggak mendapat bayaran, malah sering dapat capeknya, tetapi di akhir masa jabatan kamu akan memperoleh sertifikat. Lantas, apa untungnya sertifikat tersebut? Kamu melampirkannya sewaktu mendaftar ke perguruan tinggi. Siapa tahu hal itu membuatmu keterima!

Beberapa kampus bahkan membuka jalur masuk perguruan tinggi untuk ketua OSIS, misalnya IPB University. Melalui jalur penerimaan ini, harapannya dapat menemukan calon-calon pemimpin masa depan yang kredibel. Wah, kesempatan menarik nih!

Well, itu tadi suka duka yang sering anak OSIS alami. Pengalaman selama sekolah sedikit banyak pasti memberimu manfaat dalam hidup. Ingat! Masa-masa SMA adalah masa yang menyenangkan. Saatnya mengeksplorasi banyak kagiatan dan menemukan hal-hal yang kamu suka.

Oh iya, agar persiapan masuk kampusmu makin mantap, SimulasiKu punya kelas online dan try out yang bisa kamu coba lho! Tersedia pula artikel menarik seputar perkuliahan, ujian masuk, serta kiat-kiat belajar. Yuk, buruan daftar!

Baca Juga: Menilik Pentingnya Pelaksanaan OSPEK dari Segi Manfaatnya

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us