5 Strategi Persiapan UTBK untuk Gap Year, Apa Saja?

Halo, Sobat SimulasiKu! Tak terasa tanggal pelaksanaan UTBK semakin dekat. Bagi Sobat Gap Year, bagaimana persiapan UTBK kamu? Apakah sudah cukup matang? Kalau belum, tak perlu khawatir karena kamu masih punya cukup waktu.

Kali ini, SimulasiKu telah merangkum 5 strategi persiapan UTBK yang dapat membantu kamu dalam meraih kampus impianmu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Review Materi UTBK

strategi persiapan utbk
Mengulang materi secara teratur dapat mengoptimalkan ingatanmu

Strategi persiapan UTBK yang pertama adalah me-review materi UTBK secara teratur. Dengan mempelajari ulang materi-materi UTBK, maka ingatanmu akan kembali fresh. Kamu dapat membaca kembali rangkuman atau catatanmu saat SMA, maupun menonton video pembelajaran secara online.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengikuti bimbel intensif UTBK agar semakin menguasai materi-materi yang akan keluar saat UTBK nanti.

2. Membuat Jadwal Belajar

atur jadwal belajar
Menyusun jadwal agar belajarmu teratur

Nah, agar kamu dapat mempelajari materi UTBK secara teratur, ada baiknya kamu membuat jadwal belajar. Namun, kamu dapat menentukan terlebih dahulu waktu terbaik di mana kamu dapat belajar dengan optimal, mengingat setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dapat fokus.

Selanjutnya, barulah kamu dapat menyusun jadwal belajar sendiri untuk dirimu. Selain bertujuan untuk membuat belajarmu menjadi teratur, jadwal belajar ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai tolak ukur, seberapa konsisten dirimu dengan jadwal yang telah kamu buat.

Kendati demikian, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk belajar mati-matian setiap harinya, lo! Kamu juga perlu waktu yang cukup untuk istirahat. Jangan sampai sakit atau malah burn out karena terlalu lelah belajar.

Baca juga: 7 Tips Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu!

3. Belajar Bersama Teman

belajar bersama teman
Belajar bersama teman seperjuangan

Bila kamu memiliki teman seperjuangan yang sama-sama gap year, kamu bisa mengajaknya untuk belajar bersama. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendiri.

Belajar bersama orang lain juga dinilai dapat memaksimalkan kondisi belajar dan memotivasimu untuk mencapai target. Kamu bisa membahas soal bersama dan saling bertukar pikiran mengenai materi-materi yang belum dipahami.

4. Ikut Try Out

ikut try out untuk persiapan utbk
Melatih kemampuan otak dengan mengikuti try out

Strategi persiapan UTBK yang tak kalah penting adalah mengikuti try out. Dengan ikut try out, kamu dapat semakin memahami konsep dan tipe soal UTBK, serta terbiasa dalam mengerjakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Selain itu, try out UTBK juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mengukur kemampuan dan persiapanmu untuk menghadapi soal UTBK mendatang.

Baca juga: 5 Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

5. Kembangkan Minat dan Bakat

mengembangkan bakat
Mengembangkan minat bakat di sela waktu belajar

Di samping belajar materi UTBK, masa gap year juga bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki, lo! Kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hobi yang tertunda maupun mengembangkan soft skill, mengingat pengembangan diri juga tak kalah penting dengan kemampuan akademik.

Selain dapat menjadi pengalaman berharga untuk ke depannya, mengeksplorasi minat dan bakat juga dapat membantumu untuk memilih jurusan yang tepat saat kuliah nanti. Kamu dapat mengatur waktu untuk persiapan UTBK serta pengembangan diri yang seimbang untuk menghindari stres dan kejenuhan.

Itulah 5 strategi persiapan UTBK untuk Sobat Gap Year. Buat kamu yang masih bingung mau ikut try out di mana, kamu bisa ikut Try Out Online SimulasiKu yang diadakan setiap minggunya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menonton video pembelajaran dan mengikuti bimbel intensif UTBK! Lengkap banget, bukan? Yuk, segera ikutan!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us