Yuk Kenali 5 Macam Sistem Indra pada Tubuh Manusia dan Fungsinya!

Pernahkah kamu berhenti sejenak dan menyadari bahwa tubuh kita terdiri dari bagian-bagian yang sangat kompleks, tetapi hebatnya semua bagian itu mampu “bekerja sama” dan membentuk jaringan yang menggerakkan sistem tubuh. Termasuk juga sistem indera yang sangat membantumu untuk merasakan semua yang ada di dunia. Tidak tanggung-tanggung, kita diberi lima indra loh!

Yakin sudah memahami semua indra yang kita punya? Yuk, coba cek lagi pengetahuanmu dengan membaca artikel ini!

1. Kedua Mata Kita adalah Si Indera Penglihat

https://www.pexels.com/photo/close-up-photography-of-a-woman-792994/
Berkat indra yang satu ini kamu bisa melakukan banyak aktivitas, termasuk membaca artikel ini!

Yap, sesuai dengan judulnya, fungsi utama dari indra ini adalah untuk menangkap cahaya dari objek visual dan mengirimkannya ke otak supaya kita bisa melihat benda. Selain itu, indra ini jugalah yang mengatur banyak cahaya yang masuk ke dalamnya, makanya ia juga disebut sebagai fotoreseptor karena ia peka terhadap cahaya. 

Beberapa struktur mata yang perlu kamu ketahui di antaranya: Kornea, yang merupakan lapisan terluar mata dan menjadi gerbang masuknya cahaya yang memantul dari sebuah objek. Ia lalu mengirimkan cahaya tersebut ke pupil untuk mengatur sedikit/banyaknya cahaya dengan bantuan iris dan meneruskannya ke lensa

Sampai di sini, lensa akan memfokuskan cahaya supaya jatuh tepat di bintik kuning retina. Selanjutnya, retina akan mengolah cahaya dan memberikannya ke saraf mata untuk dibayangkan oleh otak sehingga menghasilkan gambar dari objek yang kita lihat. 

Eitstapi jangan lupakan anggota yang lain seperti otot mata yang menggerakan bola mata kita, sklera yang menopang, membentuk, dan mempertahankan bola mata. Wah, cukup banyak ya struktur indra penglihatan kita?

2. Sepasang Telinga Kita sebagai Indera Pendengaran

sistem inderahttps://www.pexels.com/photo/person-in-white-tank-top-wearing-white-pearl-necklace-9421333/
Dari alunan musik sampai bisingnya kota, indra ini bantu kamu dengar semuanya!

Oke,  kamu juga sudah tahu kan bahwa indera yang satu ini fungsinya adalah untuk menangkap getaran suara sehingga kita bisa mendengar berbagai macam bunyi. Namun, apakah kamu tahu bahwa telinga kita juga sebagai alat keseimbangan tubuh? Nah, sekarang kamu tahu!

Pada bagian terluar telinga terdapat daun telinga yang berfungsi untuk mengumpulkan suara dan mengirimkannya melalui saluran telinga agar sampai ke gendang telinga untuk memproses getaran suara. 

Setelah itu, gendang telinga akan mentransfernya ke bagian tengah telinga yang terdiri atas tiga tulang penting yaitu: tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggurdi (stapes). Ketiganya menjadi penghubung antara bagian luar dan bagian dalam telinga.

Nah, di bagian dalam telinga kita akan menemui saraf-saraf pendengaran seperti koklea atau rumah siput yang memiliki cairan endolymph dan perilymph yang menerima getaran suara, kemudian organ corti akan mengubah getaran tersebut menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke otak. Akhirnya, kita jadi bisa mendengar suara di sekitar kita deh! Bagaimana? Kompleks bukan, sistem indera kita yang satu ini?

3. Indera Peraba yang Ada di Seluruh Tubuh Kita: Kulit!

sistem indera https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-s-open-hands-2258248/
Kasar atau lembut, dingin atau panas, indra ini yang membantumu mengetahuinya!

Sebagai lapisan terluar tubuh, fungsi utama dari indera ini adalah untuk merasakan berbagai macam hal seperti tekstur, suhu, dan rasa sakit. Namun selain itu, kulit juga punya fungsi sebagai alat ekskresi dengan mengeluarkan keringat, yang sekaligus mengatur suhu tubuh, dan tentunya juga sebagai pelindung tubuh. 

Kulit terdiri atas tiga lapisan utama. Yang pertama adalah lapisan epidermis, merupakan bagian terluar kulit yang tipis dan terus berganti, serta tidak memiliki pembuluh darah. Di bawahnya terdapat lapisan dermis yang terdiri atas pembuluh darah, akar rambut, kelenjar keringat, kelenjar keringat, dan ujung saraf. Pada lapisan inilah terdapat reseptor yang akan membedakan sentuhan, panas-dingin, dan rasa sakit. 

Selanjutnya, jangan sampai lupa, ada juga lapisan hipodermis yang mengandung banyak lemak untuk cadangan makanan dan melindungi dari benturan. 

Baca juga: Yuk, Belajar Perbedaan dan 7 Unsur Cuaca dan Iklim!

4. Lidah, Si Indera Pengecap yang Mampu Membedakan Rasa

sistem indera https://www.pexels.com/photo/woman-with-wide-open-mouth-and-tongue-out-922531/
Pernah membayangkan jika makanan atau minuman tidak memiliki rasa?

Bagi kamu yang hobi kulineran, udah pasti gak bisa membayangkan jika manusia tidak bisa mencicipi rasa makanan atau minuman dan semuanya terasa hambar. Untungnya, kita punya sistem indera pengecap, dengan lidah sebagai organnya. Lidah kita memiliki papila yang bisa kamu lihat di permukaan lidah. 

Ada tiga jenis papila di lidah kita: pertama, papila filiformis yang berbentuk benang halus pada bagian paling depan lidah. Kedua, papila fungiformis yang menyerupai jamur dan berada di bagian depan serta kedua sisi lidah. Ketiga, papila sirkumvalata yang berbentuk seperti huruf V terbalik dan berada di pangkal lidah. 

Masing-masing papila memiliki tunas pengecap yang berfungsi sebagai penopang dan reseptor rasa. Itu berarti, para papila inilah yang berjasa dalam membedakan rasa manis, asin, pahit, dan asam. 

5. Indera Pembau yang Tak Pernah Bertugas yaitu Hidung Kita

https://www.pexels.com/photo/woman-s-face-892220/
Hmm… kalau mencium wangi masakan mengapa kita jadi lapar ya?

Terakhir nih, ada hidung yang fungsi utamanya adalah sebagai alat pernapasan dan penyaring udara. Selain itu tentunya hidung juga bertugas untuk mencium bebauan yang ada di sekitar kita, baik yang harum seperti parfum atau sedap seperti semangkuk mie, atau yang kurang enak seperti amisnya ikan dan kamu kalau belum mandi seharian.

Bagian-bagian hidung dimulai dari lubang hidung yang menjadi jalan masuk udara sekaligus juga penyaringnya dengan bantuan silia atau rambut halus yang ada di sana. Selanjutnya ada rongga hidung yang terdiri atas empat dinding yaitu: dinding superior (bagian atas), dinding inferior (bagian bawah), dinding medial (bagian tengah), dan dinding lateral (bagian samping). 

Kemudian ada saraf olfaktori yang merupakan pemeran utama dalam sistem indra pembau yaitu sebagai reseptor yang akan mengolah aroma dan mengirimkannya ke otak untuk membedakan rasa. Oh iya, saraf ini berhubungan langsung dengan saraf pusat kita loh!

Nah itu dia sekilas tentang lima macam sistem indera yang kita miliki. Setelah mengetahui fungsi kelimanya, kamu harus semakin rajin menjaganya ya! Jangan lupa juga untuk menyayangi bagian tubuhmu yang lain karena mereka mereka merupakan anugerah yang sangat berharga.

Ingin belajar lebih lanjut tentang materi biologi yang lainnya? Yuk ikutan bimbel online bersama SimulasiKu.id! Di sana kamu juga bisa ikutan Try Out UTBK, nonton video materi dan pembahasan soal, serta ada banyak latihan soal yang bisa kamu coba. Lengkap banget kan? Yuk cek website-nya! 

Baca juga: Hukum Newton: Sejarah, Rumus, dan Penerapannya dalam Kehidupan

Editor: Saskia Trifidita

One thought on “Yuk Kenali 5 Macam Sistem Indra pada Tubuh Manusia dan Fungsinya!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us