Yuk, Simak Persebaran Materi TKA Soshum Dari Tahun ke Tahun!

Hai Sobat Simulasiku, nggak terasa ya pelaksanaan UTBK tahun 2022 tinggal tiga bulan lagi. Gimana nih persiapan kamu? Biar kamu semakin semangat dalam mempersiapkan UTBK, kali ini Simulasiku ingin membahas persebaran materi TKA Soshum dari tahun ke tahun, loh. 

Persebaran materi TKA Soshum kali ini mencakup materi yang sering keluar sampai paling jarang keluar dalam UTBK, plus prediksi materi yang mungkin keluar dalam tes UTBK tahun 2022. Wah lengkap banget nih pembahasannya!

Pasti kamu udah nggak sabar banget ya. Yuk langsung scroll dan simak pembahasannya!

1. Apa Itu Tes Kompetensi Akademik (TKA)?

Jumlah soal UTBK untuk masing-masing mata pelajaran adalah sebanyak 15 soal
Jumlah soal UTBK untuk masing-masing mata pelajaran adalah sebanyak 15 soal

Tes Kompetensi Akademik (TKA) berperan sebagai tolak ukur tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada materi yang telah diajarkan di sekolah. Soal-soal TKA menekankan pada Higher Order Thinking Skill (HOTS). Secara umum alokasi waktu untuk mengerjakan TKA Soshum sekitar 195 menit. 

Mulai tahun 2021, nggak ada lagi materi matematika Soshum pada tes UTBK sehingga kamu hanya perlu mempelajari materi Sejarah, Geografi, Ekonomi, serta Sosiologi. Berikut persebaran materi TKA Soshum yang penting untuk kamu ketahui.

2. Sebaran Materi Geografi

Persebaran materi geografi dari tahun ke tahun didominasi oleh pengelolaan sumber daya alam dan atmosfer
Persebaran materi geografi dari tahun ke tahun didominasi oleh pengelolaan sumber daya alam dan atmosfer

Materi yang sering kali muncul di UTBK pada mata pelajaran geografi ialah interaksi desa-kota, litosfer, at1140mosfer, hidrosfer, peta, pengelolaan sumber daya alam, antroposfer, serta  penginderaan jauh.

Sedangkan materi lingkungan, industri, Sistem Informasi Geografi (SIG), posisi strategis Indonesia, pembangunan berkelanjutan, serta konsep wilayah dan tata ruang hanya beberapa kali muncul di UTBK. Itu artinya materi tersebut memiliki frekuensi kemunculan yang nggak terlalu banyak. Bahkan materi pembangunan berkelanjutan hanya muncul satu kali tepatnya pada SBMPTN tahun 2017.

Adapun materi lain yang mungkin keluar pada UTBK tahun 2022, yaitu biosfer, pedosfer, hakikat geografi, serta negara maju dan berkembang

Baca Juga: Info Seputar Tes Minat Bakat, Penting untuk Menentukan Jurusan Kuliah!

3. Sebaran Materi Sejarah

Frekuensi kemunculan Materi Perang Dunia I dan II tergolong sedikit dalam UTBK
Frekuensi kemunculan Materi Perang Dunia I dan II tergolong sedikit dalam UTBK

Materi sejarah yang memiliki jumlah soal terbanyak pada UTBK ialah orde baru dan reformasi, masa penjajahan bangsa Eropa, dinamika politik dunia, pendudukan Jepang sampai proklamasi, demokrasi liberal dan terpimpin, kerajaan Hindu-Budha, peradaban kuno, serta pergerakan nasional.

Materi Perang dunia I dan II sebenarnya sempat beberapa kali keluar dalam SBMPTN yaitu pada tahun 2014 sampai 2017, tapi jumlah kemunculannya sangat sedikit sekitar 1-2 soal saja.

Jangan lupa ya pelajari juga materi masa praaksara, sejarah dunia, hakikat ilmu sejarah, kebangkitan nasional, serta organisasi regional dan global. Meskipun materi tersebut memiliki jumlah soal yang terbatas dalam tes UTBK, nggak ada salahnya untuk mempelajari kelima materi tadi.

4. Sebaran Materi Ekonomi

Cakupan materi ekonomi yang sering keluar di UTBK adalah siklus akuntansi dan pendapatan nasional
Cakupan materi ekonomi yang sering keluar di UTBK adalah siklus akuntansi dan pendapatan nasional

Materi ekonomi yang biasanya muncul dalam tes UTBK dengan jumlah soal yang cukup banyak antara lain, mekanisme pasar dan elastisitas, siklus akuntansi, pendapatan nasional, serta badan usaha dan ketenagakerjaan.

Eits.. ingat ya masih ada materi lain loh yang harus kamu pelajari juga, seperti konsep dasar dan sistem ekonomi, bentuk dan jenis pasar, kebijakan moneter, perilaku konsumen dan produsen, serta uang, bank, dan inflasi. Untuk materi perdagangan internasional, biaya produksi, dan kebijakan fiskal biasanya memiliki jumlah soal sedikit dalam tes UTBK.

5. Sebaran Materi Sosiologi

Materi penelitian sosial termasuk materi yang jarang muncul dalam tes UTBK
Materi penelitian sosial termasuk materi yang jarang muncul dalam tes UTBK

Beberapa materi sosiologi berikut sering banget keluar loh, Sobat Simulasi. Setidaknya kamu harus menguasai materi kelompok sosial dan masyarakat multikultural, konflik dan integrasi sosial, perilaku menyimpang dan pengendalian sosial, diferensiasi dan stratifikasi sosial, serta materi interaksi sosial supaya target nilai sosiologi kamu dapat tercapai. 

Sedangkan materi sosiologi mengenai gender, lembaga sosial, penelitian sosial, masalah sosial, serta nilai, norma, dan keteraturan sosial termasuk kelompok materi yang  memiliki frekuensi kemunculan soal sedikit dalam tes UTBK setiap tahunnya.

Materi lainnya yang berpotensi muncul di UTBK tahun 2022 antara lain, hakikat perubahan sosial, modernisasi dan globalisasi, mobilitas sosial, sosialisasi dan kepribadian, serta hakikat ilmu sosiologi. Perkiraan jumlah soal mengenai kelima materi tersebut sekitar 1-2 soal.

Itulah pembahasan mengenai sebaran materi TKA Soshum beserta prediksi materi yang mungkin keluar dalam tes UTBK tahun 2022. Gimana Sobat Simulasi setelah tau persebaran materi TKA soshum? Kalian jadi semakin ambis atau malah makin deg-degan nih? Pelaksanaan UTBK tahun 2022 memang sebentar lagi, tapi bukan berarti kamu nggak bisa mempersiapkannya dengan maksimal. 

Supaya Sobat Simulasi semakin siap menghadapi UTBK tahun 2022, yuk langsung kunjungi Simulasiku.id. Kamu bisa mengerjakan Try Out online untuk mengukur kemampuanmu dalam memahami materi plus mengikuti pembahasan Try Out setiap minggu tanpa dipungut biaya. Ada juga bimbingan belajar UTBK bersama para tutor Simulasiku. Wah lengkap banget ya! Tunggu apa lagi, yuk langsung kunjungi Simulasiku.id

Baca Juga: 5 Hal Penting Perlu Dilakukan Saat Pelaksanaan UTBK, Jangan Lewatkan!

Penulis: Afifah Febriyanti

Editor: Dinan Fuzianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us