5 Hal Penting Perlu Dilakukan Saat Pelaksanaan UTBK, Jangan Lewatkan!

Hai, Sobat SimulasiKu! Sudah sejauh mana persiapan belajarmu untuk UTBK nanti? Persiapan belajar memang penting, tetapi pelaksanaan ujiannya juga tak kalah penting, lo!

Oleh karena itu, jangan menyepelekan hal-hal sederhana, seperti menaati peraturan yang berlaku, bagaimana mengerjakan ujian dengan maksimal, dan sebagainya. Yuk, simak! Berikut, 5 hal yang perlu kamu lakukan saat Hari-H pelaksanaan UTBK!

1. Menjaga Kesehatan 

jaga kondisi mendekati pelaksanaan utbk
Tidur cukup agar kondisi fisikmu optimal saat Hari-H Pelaksanaan UTBK

Hal pertama yang penting untuk kamu lakukan mendekati pelaksanaan UTBK adalah menjaga kesehatan. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah dengan tidur yang cukup. Bila kamu kurang tidur, hormon dalam tubuh bisa kacau dan merusak mood saat ujian.

Oleh karena itu, pada malam menjelang Hari-H pelaksanaan UTBK, pastikan kamu beristirahat dengan cukup, yaitu minimal delapan jam. Jangan justru menggunakannya untuk belajar dengan sistem kebut semalam, ya!

Di samping itu, pastikan juga kamu menjaga pola makanmu minimal seminggu sebelum Hari-H. Hindari makanan pedas, berminyak, atau minuman dingin untuk meminimalkan penyakit yang sering muncul, seperti flu, batuk, maupun demam.

Meskipun sepele, meremehkan kebiasaan begadang bisa mengganggu konsentrasimu saat mengerjakan ujian. Sebagai tambahan, alangkah lebih baik jika kamu sarapan terlebih dahulu kalau kamu mendapat sesi pagi saat ujian nanti.

Baca juga: Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

2. Datang Tepat Waktu

datang sebelum ujian
Datang ke lokasi ujian sebelum waktu yang ditentukan

Apa pun sesi yang kamu dapatkan dan di mana pun lokasi ujianmu, pastikan kamu datang tepat waktu. Lebih bagus lagi jika kamu datang lebih awal, minimal 30 menit sebelum waktu ujian. Hal ini bertujuan agar kamu tidak panik maupun tergesa-gesa karena datang terlambat, yang mana hal tersebut hanya akan memecah konsentrasimu.

Oleh karena itu, kamu wajib mencari informasi terlebih dahulu terkait lokasi UTBK agar ketika Hari-H tak perlu kerepotan mencari lokasi ujiannya. Selain itu, kamu juga dapat membuat perkiraan waktu tempuh dari rumah atau lokasi asalmu ke lokasi ujian untuk mengestimasi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan, misalnya kemacetan lalu lintas.

3. Menaati Aturan

menaati aturan
Menaati aturan yang berlaku, salah satunya protokol kesehatan

Tak kalah penting, kamu juga wajib menaati peraturan yang berlaku saat Hari-H pelaksanaan UTBK. Hal ini dapat mencakup pakaian dan atribut yang harus kamu kenakan, alat tulis, berkas-berkas sebagai syarat perlengkapan yang harus dibawa, serta protokol kesehatan yang berlaku di lokasi ujian.

Adapun, beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa untuk UTBK, antara lain masker, kartu identitas, kartu tanda peserta UTBK, serta fotokopi ijazah atau SKL (Surat Keterangan Lulus).

4. Menenangkan Diri 

menenangkan diri
Hindari kata-kata negatif, perbanyak motivasi diri

Menenangkan diri adalah salah satu hal penting agar kamu dapat melaksanakan ujian dengan maksimal. Ada beberapa cara untuk menenangkan diri, salah satunya dengan menghindari kata-kata bernada negatif. 

Sebelum ujian, kamu mungkin akan berkumpul bersama teman, entah untuk belajar kelompok atau sekadar mengobrol terkait ujian. Sebisa mungkin, hindari obrolan bernada negatif, seperti kecemasan atau ketakutan bila tidak lulus, karena hal itu hanya akan memberi sugesti kepada dirimu untuk gugup.

Sebaliknya, perbanyaklah mengucapkan kata-kata positif atau motivasi. Entah sadar atau tidak, hal tersebut bisa membantu memupuk kepercayaan dirimu, lo!

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba melakukan teknik-teknik relaksasi. Contohnya, melakukan deep breathe atau memijat beberapa titik di tangan, seperti bagian antara ibu jari dan jari telunjuk. Dengan begitu, pikiran dan tubuhmu bisa lebih rileks saat menghadapi ujian.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

5. Berdoa

berdoa untuk pelaksanaan utbk
Berserah kepada Tuhan untuk kelancaran ujianmu

Hal terakhir dan yang tak boleh lupa kamu lakukan saat pelaksanaan UTBK adalah berdoa. Walaupun kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, kamu tetap harus mengandalkan Tuhan agar pelaksanaan ujianmu lancar dan memperoleh hasil yang terbaik untuk masa depanmu.

Nah, itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan saat Hari-H pelaksanaan UTBK. Semoga dapat bermanfaat, ya! Sebagai tambahan, SimulasiKu menyediakan berbagai fasilitas untuk membantumu dalam belajar, seperti video materi, bimbel intensif UTBK, dan Try Out online. Yuk, segera ikutan!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us