7 Pekerjaan Online untuk Pelajar SMA, Sobat Gap Year Wajib Tahu!

Apakah Sobat gap year sedang bingung memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan selain mempersiapkan UTBK? Nah, kali ini SimulasiKu akan membagikan informasi seputar pekerjaan online untuk pelajar SMA. Daripada burn out karena terlalu banyak belajar, lebih baik kamu selingi dengan kegiatan yang bermanfaat, bukan?

Pekerjaan kecil-kecilan ini bisa kamu lakukan di rumah sebagai pengalaman baru, sekaligus untuk menambah uang sakumu. Bukan tidak mungkin juga, kamu bisa menabung sedikit demi sedikit untuk meringankan biaya kuliahmu nanti. Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Dropshipper

pekerjaan online untuk pelajar SMA
Dropshipper tidak perlu mengurus stok barang seperti reseller

Pekerjaan online untuk pelajar SMA yang pertama adalah menjadi seorang dropshipper. Dropship saat ini terbilang sedang naik daun di kalangan anak muda. Pasalnya, berjualan dengan sistem dropship cukup mudah dilakukan karena kamu tidak perlu stok barang. 

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sedang populer dan mudah dijual, terutama bagi orang-orang seusia kamu. Contohnya, note book, alat tulis, tote bag, aksesori handphone, produk pakaian, dan sebagainya. Selanjutnya, kamu bisa mulai menawarkannya ke teman-temanmu atau memasarkannya di media sosial.

Baca juga: 6 Pilihan Jurusan Desain Beserta Rekomendasi Kampus Negeri Terbaik

2. Penulis Lepas

pekerjaan content writer
Menjadi content writer banyak manfaatnya

Kamu suka menulis? Maka kamu bisa mencoba pekerjaan menjadi penulis lepas. Saat ini, banyak brand atau perusahaan yang membutuhkan konten tulisan di situs web atau media sosial resminya untuk memberikan informasi yang tepat bagi pelanggan. Kamu biasanya akan mendapat insentif per jumlah artikel yang bisa kamu tulis dalam kurun waktu tertentu.

Menjadi seorang penulis banyak manfaatnya, lo. Kamu bisa menambah wawasan baru dan skill kepenulisanmu akan banyak berguna untuk tugas-tugas kuliahmu nanti. Beberapa situs yang membuka freelance untuk penulis dapat kamu lihat pada artikel MySkill

3. Tutor Online

menjadi tutor online
Kamu dapat belajar sekaligus menambah uang saku dengan menjadi tutor

Selanjutnya, tutor juga menjadi pekerjaan online untuk pelajar SMA yang cukup menjanjikan. Jika kamu mahir pada bidang pelajaran tertentu dan berminat untuk membagikannya pada orang lain, cobalah untuk menjadi tutor online

Dengan menjadi tutor, kamu akan mendapat pengetahuan baru maupun memperkuat ilmu yang telah kamu kuasai. Terlebih, jika pelajaran yang kamu ajarkan merupakan bagian dari materi UTBK nanti. Tak hanya itu, kamu juga bisa melatih kemampuan komunikasimu. Tutor online biasanya akan mendapat bayaran untuk setiap sesi pengajaran yang kamu lakukan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Apa Saja?

4. Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis
Menawarkan jasa desain dapat menambah portofoliomu

Bagi kamu yang gemar mendesain, kamu bisa memanfaatkan bakatmu dengan membuka jasa desain grafis. Selain itu, kamu juga bisa melamar freelance pada perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis, misalnya untuk desain logo, konten promosi di media sosial, bumper video, materi iklan, dan sebagainya.

Adapun, bayaran yang akan kamu dapatkan biasanya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas desain yang mampu kamu hasilkan. Nantinya, kumpulan hasil desain ini dapat kamu manfaatkan sebagai portofolio untuk melamar kerja.

5. Jasa Penerjemah

pekerjaan penerjemah
Pandai berbahasa asing? Kamu bisa membuka jasa penerjemah

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang mahir berbahasa asing. Selain menawarkan jasa translator, kamu juga bisa menjadi interpreter untuk acara resmi yang memungkinkan pelajar untuk bekerja. Kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk menambah relasi dari negara lain.

Jasa penerjemah tidak melulu bahasa Inggris, lo. Bahasa asing lain seperti bahasa Mandarin, Korea, Jepang, dan bahasa Jerman juga semakin dibutuhkan akhir-akhir ini. Untuk menjadi seorang penerjemah andal, pengetahuan saja tak cukup. Kamu harus banyak latihan agar kemampuan berbahasa penerjemahan kamu dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah dan Santai, Apa Saja?

6. Admin Media Sosial

admin media sosial
Admin medsos, pekerjaan online yang bisa dilakukan pelajar

Sebagian besar dari kamu tentu sudah terbiasa menggunakan media sosial, bukan? Nah, hal tersebut dapat kamu manfaatkan dengan menjadi admin dari suatu perusahaan yang memiliki akun Instagram atau toko-toko di marketplace. Tugasmu biasanya meliputi meng-upload foto, membuat caption, membalas pesan, dan sebagainya.

7. Menjual Pulsa

menjual pulsa
Menjual pulsa, pekerjaan sederhana dengan waktu fleksibel

Pekerjaan online untuk pelajar SMA yang terakhir adalah menjual pulsa. Dewasa ini, pulsa menjadi salah satu kebutuhan utama bagi pelajar dan mahasiswa, apalagi di masa pembelajaran daring. 

Peluang ini dapat kamu gunakan dengan menjual pulsa bagi mereka yang tidak bergantung pada mobile banking atau dompet digital. Kamu bisa memulainya dari teman-temanmu, sebelum kemudian menawarkannya ke pelanggan yang lebih luas melalui internet.

Nah, itulah 7 pekerjaan online untuk pelajar SMA maupun Sobat gap year yang sedang mencari kegiatan lain seiring dengan persiapan UTBK. Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan video materi pembelajaran, bimbel intensif UTBK, dan try out online, lo! Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us