5 Jenis Metode Pembelajaran yang Bisa Kamu Terapkan

Sobat SimulasiKu pernah merasa kesulitan ketika belajar? Jika jawabannya adalah “ya”, maka sebaiknya kamu coba merubah metode belajarmu. Ada banyak jenis metode pembelajaran yang dapat membantu memaksimalkan proses belajarmu. Ingin tahu apa saja jenis metodenya? Yuk, simak penjelasannya! 

1. Sulit Fokus? Coba Metode Belajar Pomodoro

Mudah terdistraksi saat belajar? Coba metode pembelajaran Podomorohttps://www.pexels.com/id-id/foto/kubus-rubik-4x4-di-tangan-pria-1002693/
Mudah terdistraksi saat belajar? Coba metode pembelajaran Podomoro

Metode belajar pertama adalah pomodoro. Metode ini cocok untuk kamu yang sulit untuk fokus ketika belajar. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah langkah belajar dengan metode pomodoro:

  1. Kamu harus membagi materi yang akan kamu pelajari. Contoh: 
    • Materi 1 present tense
    • Materi 2 past tense
    • Memahami perbedaan present dan past tense
    • Latihan 
  2. Beri waktu sekitar 25 menit untuk setiap materi yang kamu pelajari. 
  3. Setelah selesai belajar satu materi kamu bisa beristirahat selama 5 menit. Gunakanlah waktu istirahat ini sebaik-baiknya, ya!
  4. Ketika kamu sudah selesai memenuhi target belajarmu hari ini, kamu dapat beristirahat lebih lama dan jangan lupa untuk tandai setiap tugas yang telah diselesaikan. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengevaluasi hasil pembagian tugas yang telah kamu lakukan pada hari itu.

2. Belajar Bersama dengan Metode Feynman

metode pembelajaran feyman
Senang mengajari kawan? Teknik Freyman cocok untuk kamu

Selanjutnya adalah metode Feynman, nama ini berasal dari nama penciptanya yaitu Richard Feynman. Tahukah kamu, apa yang membuat teknik ini berbeda dengan sebelumnya? Hal yang membuatnya unik adalah teknik ini mirip sekali dengan ketika sobat mengajari kawan sobat. Penasaran bagaimana caranya? Ayo, perhatikan dengan seksama langkah-langkah berikut ini!: 

  1. Pilih materi yang sobat ingin pelajari. 
  2. Baca dan pahami dengan baik materi yang kamu pilih.
  3. Tulis kembali materi yang kamu pelajari sambil menjelaskan materi tersebut seolah-olah kamu sedang mengajari kawanmu.

Kelebihan dari metode ini adalah ketika kita menerangkan materi yang kita baca, terkadang kita akan menyadari bahwa ada yang kurang atau tidak lengkap. Oleh karena itu, teknik belajar ini sangat bagus untuk kamu yang sulit memahami materi dan tidak tahu apa yang kurang atau terlewat ketika belajar.

3. Terlalu Banyak Aktivitas? Metode Pembelajaran Eat That Frog Solusinya!

metode pembelajaran eat the frog https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-penulisan-pensil-anak-6183739/
Ayo, buat daftar aktivitas prioritasmu

Metode belajar ketiga adalah eat that frog. Sobat jangan salah paham, ya. Teknik belajar ini tidak meminta kamu untuk makan katak, kok. Namun, ia dapat membantu kamu untuk menentukan aktivitas mana yang harus kamu prioritaskan. Bagaimana bisa? Yuk, kita simak tahapannya di bawah ini!

  1. Buatlah daftar aktivitas berdasarkan urgensi dan niat. Contoh:
    • Kegiatan yang harus dikerjakan dan kamu ingin menyelesaikannya.
    • Hal yang wajib kamu kerjakan, tapi kamu malas menyelesaikannya.
    • Pekerjaan yang tidak wajib dan kamu malas mengerjakannya.
    • Dan hal tidak penting, tapi kamu ingin mengerjakannya. 
  2. Dari daftar aktivitas ini, pilihlah kategori aktivitas yang penting, tapi kamu malas untuk mengerjakannya. Setelah itu, jadikan kategori tersebut sebagai “frog” yang harus kamu selesaikan pertama. 
  3. Teruslah memilih “frog” selanjutnya hingga semua kategori yang kamu buat telah selesai.

4. Teknik Mind Mapping Meningkatkan Otak Kanan dan Kiri

metode pembelajaran mind mapping
Buat mind mapping? Mudah!

Beralih ke metode pembelajaran selanjutnya yaitu mind mapping. Sobat pasti sudah pernah dengar dengan teknik belajar satu ini, bukan? Mind mapping adalah metode belajar yang dapat meningkatkan otak kanan dan kiri sobat. Tidak hanya itu, cara menerapkan metode ini pun cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:  

  1. Baca materi yang ingin kamu pelajari.
  2. Tentukan inti utama dari materi tersebut.
  3. Beri cabang yang berhubungan pada topik utama. 
  4. Gunakan gambar dan warna yang sesuai saat memetakan materi.

5. Metode Pembelajaran SQ3R 

Ingin memahami teks secara efektif? SQ3R jawabannya! https://www.pexels.com/id-id/foto/siswa-perempuan-yang-pintar-membaca-buku-di-perpustakaan-3808060/
Ingin memahami teks secara efektif? SQ3R jawabannya!

Metode belajar terakhir adalah SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review). Teknik ini efektif untuk kamu yang sedang mempelajari buku teks. Penasaran bagaimana caranya? Di bawah ini adalah rincian tahapannya:

  • Survey: Kamu harus membaca materi yang kamu pelajari cukup sepintas saja. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan gambaran umum dari teks yang kamu baca. 
  • Question: Buatlah daftar pertanyaan dari teks yang sudah kamu baca tadi. 
  • Read: Pada tahap ini, kamu harus mencari jawaban dari pertanyaan yang kamu buat dengan membaca kembali materinya. Perlu kamu ingat, ketika sedang membaca fokuskan diri pada paragraf yang mengandung jawaban dari pertanyaanmu.
  • Recite: Sebutkan kembali jawaban yang telah kamu buat. Namun, usahakan untuk tidak melihat catatan. Jika ada soal yang tidak terjawab, tidak masalah. Lanjutkan saja pada soal berikutnya. 
  • Review: Pada tahap akhir ini kamu dapat meninjau ulang pertanyaan dan jawaban yang telah kamu buat dan mendapatkan kesimpulan dari materi yang kamu baca.

Itu tadi adalah lima jenis metode pembelajaran yang dapat kamu terapkan. Apakah diantara lima metode ini, ada yang ingin kamu coba? Boleh tulis di kolom komentar, ya!   
Sambil memilih metode belajar yang cocok, kamu bisa daftar di Simulasiku untuk gabung bersama kawan-kawan menyiapkan diri menghadapi UTBK. Ada beragam program yang bisa kamu pilih, lho! Mulai dari kelas dan try out online hingga video belajar membahas bab yang akan keluar di UTBK. So, tunggu apalagi? Ayo, segera daftar!

Baca juga: Metode Montessori: Cara Belajar yang Mandiri dan Menyenangkan!

Editor: Ryfa Ayu Lestari

4 thoughts on “5 Jenis Metode Pembelajaran yang Bisa Kamu Terapkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us