Manfaat Ikut Kursus Online, Apa Saja?

Proses menimba ilmu nyatanya enggak hanya dapat dilakukan di bangku sekolah dan perguruan tinggi. Saat ini, banyak alternatif tersedia buatmu yang haus akan pengetahuan. Salah satunya belajar lewat kursus online. Apalagi, jika kamu merasa ingin mempelajari skill baru, pas banget nih! Berikut manfaat mengikuti kursus online buat mahasiswa, apa saja? 

1. Meningkatkan Skill serta Menambah Portofolio

Kursus online membantumu melatih skill dan kemampuan.
Mau upgrade skill? Ikut kursus online aja!

Lewat kursus, tentu skill yang kamu miliki akan turut meningkat. Biasanya,  mentor bakal memberi tugas maupun kuis guna melatih kemampuanmu. Dengan begitu, selain mendapatkan ilmu baru, kursus juga sekalian jadi ajang untuk menguji sejauh mana pemahamanmu terhadap keterampilan tersebut. 

Oh iya, hasil mengerjakan tugas selama mengikuti kursus juga boleh kamu tambahkan ke dalam portofolio. Lumayan kan buat modal melamar kerja nantinya! Mengingat banyak fresh graduate yang terkendala dengan minimnya portofolio saat hendak melamar kerja.

2. Kursus Online Punya Banyak Pilihan

Pilihan pelajaran yang ditawarkan juga banyak.
Tersedia beragam pilihan kelas, jangan sampai bingung memilihnya!

Yup, kursus online menyediakan berbagai pilihan buatmu. Enggak terbatas pada satu bidang saja melainkan ada beragam kelas tersedia. Mulai dari desain grafis, editing video, digital marketing, sampai public speaking. Hal ini akan menguntungkan sewaktu kamu telah menyelesaikan kelasmu dan hendak mengambil yang lainnya. Alhasil, kamu enggak perlu repot-repot buat mencari tempat lain. 

Namun, pertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan ikut kursus secara online ini. Jangan hanya karena harganya murah, tetapi pilih yang memang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai setelah mengambilnya malah jarang kamu pelajari, kan rugi! 

3. Fleksibel

Waktunya fleksibel, sehingga kamu bebas mau mengiutinya kapan saja.
Kamu bisa belajar dimana saja dan kapan saja!

Salah satu kelebihan yang ditawarkan kursus online adalah fleksibilitas bagi penggunanya. Kamu bisa belajar kapan saja, dimana pun, bahkan sambil melakukan kegiatan lain. Cocok banget buat kamu yang masih berkuliah. Kadang kala, kesibukan berkuliah seperti mengerjakan tugas membuatmu enggan ikut kursus karena merasa bakalan enggak efektif. Padahal, kamu dapat membuka materi tersebut kapan saja kamu mau. 

Kursus online juga enggak mengharuskanmu duduk di hadapan meja seharian selayaknya kuliah. Kalau badan lagi pegel, bisa kok menonton video pembelajaran sembari rebahan. Pokoknya cari posisi paling nyaman deh!

4. Murah Biayanya!

Biayanya juga murah.
Biaya yang kamu keluarkan selama kursus online bisa dibilang murah

Biaya yang kamu keluarkan guna mengikuti kursus online bisa dibilang tergolong murah. Sebab, seluruh prosesnya dilakukan dari rumah. Jadi, enggak ada pengeluaran  biaya transportasi maupun makan. Kamu hanya perlu menyiapkan komputer, laptop, atau smartphone beserta internet. Murah biayanya, ilmunya juga tetap dapat! 

Baca Juga: 5 Tips Mencari Kerja Part Time untuk Mahasiswa!

5. Memperluas Relasi

Kamu bisa memperluas relasimu.
Saatnya tebar jaring relasimu seluas-luasnya!

Bertemu dengan banyak orang dari beragam latar belakang tentu hal yang menyenangkan bukan? Biasanya dalam kursus online pesertanya bukan cuma mahasiswa tetapi ada pegawai kantoran, freelancer, sampai pengusaha. Nah, kesempatan ini boleh kamu manfaatkan guna menebar jaring relasimu seluas-luasnya. Meskipun hanya bertemu via chatting atau video conference, enggak menutup kemungkinan hubungan tersebut dapat berlanjut seterusnya. Who knows?

Mengingat networking merupakan hal yang penting untuk kamu punyai demi menunjang kariermu pada masa depan, mengikuti kursus ini kesempatan emas buatmu. Banyak peluang didapat melalui relasi yang luas, misalnya terlibat proyek. Kamu juga bisa lebih mudah memasuki dunia kerja nantinya

Baca Juga: 5 Tips Efektif Kerja Kelompok, Goodbye Drama!

6. Kursus Online Melatih Disiplin Diri!

Mengikuti kursus online akan melatih kedisiplinan diri.
Salah satu tantangan mengikuti kursus online ialah kebiasaan menunda-nunda!

Mungkin tantangan terbesar dalam mengikuti kursus ialah perasaan menunda-nunda. Penyebabnya utamanya yaitu enggak ada motivasi atau dorongan yang membuatmu segera melakukannya. Berbeda dengan kuliah dimana ada risiko mendapat nilai jelek dan keharusan mengulang mata kuliah. Oleh sebab itu, kamu perlu memotivasi diri supaya selalu semangat dalam menjalaninya!

Itulah 6 manfaat mengikuti kursus online buat mahasiswa! Seandainya memang benar-benar ingin mengikutinya, kamu bisa mulai cari penyedia kursus mana yang hendak dipilih. Hitung-hitung upgrade kemampuanmu bukan?

By the way, sudah tahu belum kalau di SimulasiKu sekarang ada video materi pembelajaran nih? Materi yang tersedia juga lengkap lo! Persiapan menghadapi UTBK jadi makin mantap. Yuk cek website-nya! 

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Cara Membuat Presentasi yang Baik?

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us