6 Kegunaan Senyawa Turunan Alkana dalam Kehidupan Sehari-hari

Halo, Sobat SimulasiKu! Kali ini, kita akan membahas mengenai kegunaan senyawa turunan alkana. Bagi kalian yang sudah mempelajari materi tentang hidrokarbon, pasti familier banget dong ya dengan alkana.

Alkana adalah senyawa hidrokarbon yang jenuh karena hanya terdiri dari ikatan tunggal pada rantai karbonnya. Alkana memiliki beberapa senyawa turunan lainnya. Senyawa turunan alkana ini dapat terbentuk jika ada suatu gugus fungsi yang menggantikan satu atau lebih atom H pada alkana.

Masing-masing senyawa turunan alkana memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? Yuk, simak! Berikut, 6 senyawa turunan alkana beserta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Alkohol

kegunaan senyawa turunan alkana
Alkohol sebagai bahan baku hand sanitizer

Senyawa turunan alkana yang pertama adalah alkohol. Alkohol terdiri dari beberapa macam turunan, seperti metanol, etanol, etilen glikol, dan gliserol. Jenis alkohol yang paling sering digunakan adalah etanol, yaitu sebagai bahan baku pembuatan hand sanitizer, campuran untuk minuman beralkohol, bahan bakar spiritus, pelarut senyawa organik, dan sebagainya.

Sementara itu, metanol memiliki kegunaan sebagai campuran bensin dan bahan pembuat formalin serta polimer plastik. Etilen glikol bermanfaat sebagai zat antibeku untuk radiator mobil, sedangkan gliserol biasa digunakan dalam obat-obatan, kosmetik, dan pembuatan tinta.

Baca juga: Prospek Kerja Bidang Jurusan Manajemen

2. Eter

kegunaan senyawa eter
Eter berguna sebagai stabilizer bensin

Senyawa turunan alkana yang kedua adalah eter. Di bidang rumah tangga, eter memiliki kegunaan sebagai pelarut lemak, minyak, lilin, parfum, resin, dan pewarna. Sementara itu, eter juga memainkan peran penting dalam dunia farmakologi dan obat-obatan. Anestesi dalam dunia medis biasa memanfaatkan eter sebagai bahan bakunya. 

Dimetil eter (metoksi metana) adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif dan merupakan bahan utama dalam pembuatan morfin. Di bidang industri, dietil eter (etoksi etana) cukup stabil untuk digunakan sebagai cairan starter mesin diesel dan mesin bensin dalam cuaca dingin. Selain itu, methyl tert-butyl ether (MTBE) adalah zat stabilizer bensin yang meningkatkan konsentrasi oktan dan mengurangi polusi.

3. Aldehida

kegunaan senyawa aldehida
Aldehida berfungsi sebagai desinfektan

Jenis aldehida yang paling umum adalah formaldehida. Formaldehida adalah gas, tetapi pada umumnya berwujud larutan 37% dalam air yang terkenal dengan sebutan formalin. Kegunaan senyawa turunan alkana yang satu ini adalah untuk mengawetkan mayat di rumah sakit, pembalsaman, dan sebagai bahan pembasmi kuman (desinfektan).

4. Keton 

fungsi senyawa aseton
Aseton sebagai pembersih cat kuku

Siapa di antara kalian yang suka memakai kutek? Nah, salah satu senyawa dari golongan keton, yaitu aseton, merupakan bahan baku untuk menghilangkan cat kuku.

Di samping itu, keton juga bermanfaat sebagai pelarut dalam industri kimia, serta bahan untuk menstabilkan ramuan pada parfum dan cat agar tidak terdegradasi dengan cepat.

5. Asam Karboksilat

kegunaan senyawa asam karboksilat
Bahan penyedap rasa berasal dari golongan asam karboksilat

Siapa yang menyangka bahwa salah satu senyawa turunan alkana ini ternyata biasa kita gunakan sebagai bumbu dapur? Cuka, yang merupakan bahan penyedap rasa, menggunakan asam asetat sebagai bahan bakunya.

Tidak hanya itu, asam asetat juga bermanfaat sebagai koagulan dalam pembuatan karet serta bahan pembuatan parfum dan krayon. Golongan asam karboksilat yang lain, yaitu asam metanoat, memiliki kegunaan untuk pembuatan pewarna, insektisida, parfum, obat-obatan, plastik, dan untuk menggumpalkan lateks. 

6. Ester

kegunaan senyawa ester
Ester terkandung dalam essence makanan

Senyawa turunan alkana yang terakhir adalah ester. Ester paling umum digunakan sebagai essence (penambah aroma) pada makanan atau minuman.

Ester-ester seperti aspirin dan metil salisilat biasa dimanfaatkan dalam pengobatan sebagai analgesik dan anti peradangan. Lemak dan minyak merupakan ester penting yang terdapat pada makanan kita. Selain itu, ester juga memiliki kegunaan sebagai bahan pembuat sabun dan mentega.

Nah, itu tadi kegunaan senyawa turunan alkana dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana? Apakah Sobat SimulasiKu mendapat pengetahuan baru setelah membaca artikel ini? Kalian juga bisa melihat materi lainnya melalui video pembelajaran di website SimulasiKu, loh! Yuk, buruan cek!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us