Ketahui 5 Jurus Ampuh Belajar Fisika Ini agar Kamu Semakin Jago!

Anak rumpun IPA yang suka pusing belajar Fisika, mana nih suaranya? Yuk, kita cari tahu bagaimana sih tips belajar Fisika agar kita mudah mengerti dan nggak pusing lagi? Sudah siap? Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

1. Pahami Konsep Dasar dari Tiap Materi

tips belajar fisika https://www.pexels.com/photo/teacher-teaching-a-lesson-8617740/
Simak penjelasan gurumu dengan baik ya!

Seperti halnya dengan bidang ilmu yang lain, Fisika juga berangkat dari konsep-konsep dasar yang menjadi fondasi dari percabangan ilmu selanjutnya. Karenanya, kamu perlu memahami dulu konsep-konsep dasar tersebut sebagai starting point untuk pembelajaran kedepannya. 

Jadi, usahakan untuk selalu mencatat konsep dasar yang gurumu jelaskan di kelas ya, lalu “terjemahkan” konsep tersebut ke bahasa yang lebih sederhana, sehingga kamu pun mudah untuk memahaminya saat mempelajarinya kembali. 

2. Kenalan dengan Rumus-rumus Fisika

tips blajar fisika https://www.pexels.com/photo/woman-writing-on-a-whiteboard-3862130/
Kenali tiap lambang dan posisinya dalam rumus

Selanjutnya, kita semua pasti tahu kalau pelajaran yang satu ini akan menggunakan banyak rumus di setiap materi belajarnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali rumus utama dari masing-masing topik belajar. Di samping itu, kamu juga perlu mengetahui lambang-lambang dalam rumus Fisika dan artinya, serta posisi mereka dalam persamaan rumus. 

Contohnya, dalam rumus Gaya (F=m a)), kamu harus tahu bahwa “m” adalah berat dan “a” adalah percepatan, sehingga saat dikalikan keduanya akan menghasilkan satuan gaya “F” yang disebut “Newton”. 

3. Eksperimen Rumus Fisika dengan Latihan Soal

tips belajar fisika https://www.pexels.com/photo/black-ballpoint-on-top-of-white-printer-paper-197293/
Latihan soal juga akan meningkatkan kemampuan Matematikamu lho!

Kemudian, setelah kamu mengenal banyak rumus, percuma dong jika tidak pernah kamu ajak “bereksperimen”. Ya, mulai pikirkan pelajaran ini sebagai game asah otak yang menantang, sehingga kamu pun merasa bersemangat saat belajar!

Nah, kamu bisa mulai uji coba rumus-rumus yang sudah kamu pelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan. Perhatikan rumus yang kamu gunakan, apakah sudah tepat atau mungkinkah ada rumus lain yang lebih cepat untuk penyelesaian soal? Yuk, bereksperimen! 

Baca juga: 5 Jurus Jitu Belajar Matematika

4. Kumpulkan Rumus dalam Satu “Area”

kumpulkan rumus fisika https://www.pexels.com/photo/man-wearing-black-and-white-stripe-shirt-looking-at-white-printer-papers-on-the-wall-212286/
Catat rumus dan turunannya dalam flash card atau catatan mini

Untuk melanjutkan poin ke-3, kamu bisa banget membuat flash card atau buku catatan kecil berisi rumus-rumus yang masih berhubungan dengan satu sama lain. Karena tak jarang beberapa rumus dalam penggunaannya bisa saling menggantikan atau melengkapi.

Contohnya seperti rumus Gaya (F= m x a) yang bisa kamu temui lagi dalam rumus tekanan (P= FA) atau rumus gravitasi (g=Fm). Nah loh, ada di mana-mana kan si Gaya ini?

Oleh karena itu, supaya tidak bingung dan lupa, rumus-rumus yang saling berkaitan ini bisa kamu tulis di tempat yang sama. 

5. Menonton Video Materi Fisika

materi fisika https://www.pexels.com/photo/woman-using-laptop-and-drinking-beverage-in-bed-4050415/
Penjelasan dengan gambar pasti akan mempermudah pemahamanmu!

Terakhir,  agar tidak terlalu membingungkan saat belajar kamu bisa sambil menonton video materi yang ada kanal belajar. Pastinya banyak video belajar yang menjelaskan materi sambil menampilkan gambar dan animasi, dengan begitu kamu pun bisa langsung mendapatkan visual dari materi belajar, seperti bagaimana gerak arah medan magnet atau cara kerja pegas. 

Begitu deh tips belajar Fisika yang bisa kamu lakukan agar tidak lagi sulit memahaminya. Intinya, jangan berburuk sangka dulu atau bete terhadap pelajarannya dengan menganggap ini sebagai beban berat karena ini akan menghambat proses belajarmu. Fisika itu seru kokNah, untuk kamu yang suka banget Fisika, kamu juga bisa loh masuk jurusan Teknik Fisika!

Kebetulan nih, SimulasiKu.id punya video materi dan pembahasan soal lho! Bahkan ada kelas online-nya juga, jadi kamu bisa belajar bareng teman-teman yang lain di sana. Yuk, cek website-nya!

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us