5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Kenali Minat Bakatmu!

Halo, Sobat SimulasiKu! Masih bingung menentukan pilihan program studi untuk kuliah nanti? Mungkin tak sedikit juga di antara kamu yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara memilih jurusan sesuai passion?

Mengapa passion penting dipertimbangkan? Tentu saja agar kamu tidak merasa salah jurusan saat menjalani masa perkuliahan. Untuk itu, SimulasiKu telah merangkum 5 cara memilih jurusan kuliah sesuai passion. Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Kenali Minat dan Bakat

cara memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat
Ambil jurusan sesuai minat dan bakatmu

Pertama-tama, kamu harus menggali minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu bisa memulainya dari hal-hal sederhana, misalnya mencari tahu kegiatan apa yang kamu senangi. Mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu akan memperkecil kemungkinan kamu merasa salah jurusan.

Bila merasa sulit menemukan minat bakatmu, kamu bisa mencoba mengikuti tes minat bakat. Tes ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Sementara itu, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning

Baca juga: 5 Strategi Persiapan UTBK untuk Gap Year, Apa Saja?

2. Lakukan Riset

cara memilih jurusan kuliah melalui riset
Lakukan riset sebelum menetapkan pilihan jurusan

Cara memilih jurusan kuliah yang kedua adalah melakukan riset. Ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Kamu dapat mempelajari setiap bidang ilmunya, prospek kerja, serta hal-hal lain yang kamu rasa penting.

Langkah-langkah tersebut akan menuntun kamu mengerucutkan pilihan jurusanmu, atau lebih bagusnya lagi menjatuhkan pilihan ke satu titik keputusan.

3. Konsultasi dengan Orang Terdekat

konsultasi dengan orang terpercaya
Meminta rekomendasi dari orang terdekat

Selain menggali minat bakat dan melakukan riset, kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah mengenalmu secara dalam. Contohnya, orang tua, saudara, maupun sahabat. Bukan tidak mungkin, mereka dapat memberikan inspirasi agar kamu semakin menyadari passion yang ada dalam dirimu.

Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan diskusi dengan ahlinya, misalnya guru BK atau psikolog pendidikan. Para ahli yang telah berpengalaman dapat memberikanmu sudut pandang dan pengetahuan baru yang fresh.

Baca juga: 7 Tips Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu!

4. Pahami Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan

pahami konsekuensi jurusan
Pentingnya memahami konsekuensi jurusan yang dipilih

Layaknya peribahasa, tak ada gading yang tak retak, setiap jurusan kuliah pun pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisa jadi jurusan kuliah A sesuai dengan minatmu, tetapi prospek kerjanya terbilang kurang menarik. Atau sebaliknya, ada jurusan kuliah B yang bidang ilmunya kurang menarik, tetapi kemampuanmu cukup baik di situ.

Intinya, sebaik apa pun jurusan yang kamu pilih, tetap akan ada rintangan yang harus kamu jalani. Oleh karena itu, mengetahui konsekuensi dari pilihan jurusan kuliah yang diambil itu sangatlah penting.

5. Jangan Ikut-ikutan Teman

jangan ikut-ikutan teman
Hindari memilih jurusan karena ikut-ikutan teman

Cara memilih jurusan kuliah yang terakhir dan tak kalah penting adalah kamu harus mengikuti kata hatimu sendiri. Jangan ikut-ikutan teman, ya! Mendengarkan pendapat orang lain memang penting, tetapi alangkah baiknya kamu memilih jurusan yang benar-benar menjadi keinginanmu. 

Teman baru masih bisa kamu cari saat kuliah, tetapi kalau kamu sampai salah jurusan, tentunya tidak semudah itu untuk pindah ke jurusan yang lain. Apalagi kalau harus mengulang semuanya dari awal lagi. Sayang banget, bukan?

Nah, itulah 5 cara memilih jurusan kuliah sesuai passion. Semoga setelah melakukan langkah-langkah di atas, keputusanmu menjadi lebih mantap, ya! Oh ya, berhubung tanggal pelaksanaan UTBK sudah semakin dekat, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana untuk membantumu dalam belajar, lo! Ada video materi, bimbel intensif UTBK, serta Try Out online yang diadakan setiap minggunya. Lengkap banget, bukan? Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us