3 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris, Jauh dari Kata Bosan!

Banyak orang merasa bosan ketika mempelajari sesuatu, salah satunya adalah ketika belajar bahasa Inggris. Padahal, terdapat banyak cara atau metode belajar yang menyenangkan. Metode belajar yang menyenangkan tentu akan bertahan lebih lama daripada metode belajar yang membosankan. Apalagi jika tujuan utama dari belajar akan suatu hal adalah pemahaman yang matang serta kemampuan untuk menguasai hal yang telah dipelajari.

Saat ini telah terjadi perkembangan dalam berbagai bidang, yang mana hal itu tentu akan membantu seseorang dalam mempelajari suatu hal. Contohnya platform-platform digital yang menjadi semakin interaktif tentu akan banyak membantu seseorang dalam mempelajari suatu hal, salah satunya bahasa Inggris. Selain bantuan dari platform digital, masih ada banyak cara asyik lainnya untuk mempelajari bahasa Inggris lho.

Nah, apakah Sobat Simulasiku, sering merasa bosan ketika belajar bahasa Inggris? Yuk, mari kita simak 5 cara yang super mengasyikkan dan jauh dari kata bosan!

1.Belajar Bahasa Inggris Sambil Mendengarkan Musik

Anti bosan belajar bahasa inggris dengan mendengarkan musik
Belajar Bahasa Inggris Sambil Mendengarkan Musik Pastilah Menyenangkan

Cara yang satu ini merupakan cara paling mudah dan menarik untuk Sobat coba. Sobat bisa belajar bahasa Inggris dengan mendengar lagu-lagu favorit Sobat atau lagu-lagu yang sedang hits. Selain itu, cara ini akan mengasah kemampuan listening sekaligus kemampuan speaking seiring Sobat berkaroke. Yang tak kalah menarik, cara ini juga akan mengantarkan Sobat menjadi paham akan makna dari lagu-lagu favorit Sobat.

Sobat bisa mencoba menuliskan kata atau kalimat apa saja yang musisi tersebut ucapkan. Jika sobat merasa tidak yakin, sobat bisa mencari keterangan dari lirik lagu tersebut di Google. Setelah itu, cobalah mengartikan lirik tersebut ke dalam bahasa Indonesia, tujuannya untuk menambah pemahaman dan referensi Sobat akan kosa kata bahasa Inggris. Sobat juga bisa meniru pengucapan sang musisi. Menyenangkan bukan?

2. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris

menonton film bikin jago berbahasa inggris lho!
Belajar dan Terhanyut dalam Magisnya Film

Percayalah, Sobat, belajar bahasa Inggris sambil menonton film akan jauh dari kata monoton. Banyaknya film berbahasa Inggris dalam berbagai genre yang menarik tentu akan menjadikan masa-masa belajar bahasa Inggris Sobat tak akan terasa membosankan. Sinematografi yang memanjakan mata, informasi terkait banyak hal, sekaligus tumpah ruahnya referensi akan bahasa Inggris adalah hal-hal yang akan sobat dapatkan melalui menonton film berbahasa Inggris.

Tontonlah film tanpa menggunakan bantuan subtitle bahasa Indonesia. Hal tersebut akan melatih kepekaan Sobat dalam mencerna apa saja yang terucap dari lisan para pemain film tersebut. Selain itu sobat juga dapat mengamati bagaimana cara pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris hingga memahami perbedaan dialek yang ada dalam bahasa Inggris. Tak ada salahnya jika sobat tak memahami dialog film tersebut seutuhnya, ingatlah bahwa ini adalah proses belajar Sobat.

3. Tetap Asyik Berlatih Berbahasa Inggris dengan Metode Menulis Kreatif

Rajin Menulis Bikin kamu Jago Bahasa Inggris
Menulis Dapat Melatih Kepercayaan Diri dan Imajinasi Kamu Lho!

Metode menulis untuk belajar bahasa Inggris memang sudah banyak instasi pendidikan atau lembaga kursus bahasa Inggris ajarkan, namun kali ini kita mencoba metode ini secara menyenangkan dan kreatif. Kunci dari suksesnya metode ini terletak pada konsistensi Sobat, dengan rutin menulis dalam Bahasa Inggris perlahan-lahan namun pasti sobat akan terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Pada akhirnya, kita kembali lagi ke satu permasalahan, bagaimana agar metode tulis-menulis ini bisa terasa nggak ngebosenin?

Pada tahap awal Sobat bisa menulis tentang apa-apa saja yang terjadi dalam keseharian sobat, entah itu perihal yang menyedihkan maupun menyenangkan, tulislah hal tersebut. Tak perlu Sobat merasa insecure atau takut salah akan tulisan sobat, yakinlah seperti Romeo akan cintanya pada Juliet. Sobat juga bisa mengunggah tulisan tersebut ke media sosial milik Sobat, narsis dikit tak ada salahnya, lho. Seiring berjalannya waktu, bahkan nulis berlembar-lembar dalam Bahasa Inggris pun pasti Sobat bisa. Percayalah!

Jadi itulah tiga cara asyik untuk belajar Bahasa Inggris yang patut untuk Sobat coba. Silahkan warnai kolom komentar yang tersedia dengan pengalaman-pengalaman Sobat ketika belajar Bahasa Inggris. Oh ya, jangan lupa kunjungi kanal youtube Simulasiku.id untuk mendapatkan informasi perihal tips-tips belajar lainnya!

Editor: Putri Zuhairah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us