Bahaya Belajar SKS, Sudah Tahu Belum?

Tugas menumpuk, belum lagi besok ada ulangan, akhirnya kamu memutuskan enggak tidur semalaman. Beranjak ke dapur guna menyeduh satu gelas besar kopi sebagai amunisi. Malam itu jadi ajang penghabisan, pokoknya tugas harus selesai plus baca semua materi ujian.  Ya, apalagi kalau bukan Sistem Kebut Semalam (SKS)! Alih-alih efektif, ternyata sistem tersebut memiliki dampak buruk! Apa saja? Berikut 5 bahaya belajar SKS!

1. Cuma Bermanfaat Sesaat Saja!

Kamu cuma dapat manfaat sesaat saja!
Belajar itu memahami, bukan hanya menghafal!

Yup bener banget, SKS hanya membuatmu tahu materi pelajaran selama ujian saja, selepas itu lupa. Padahal, esensi belajar seharusnya enggak begitu. Kamu hendaknya benar-benar memahami materi tersebut, syukur-syukur mengerti bagaimana penerapannya. Alhasil pengetahuan tersebut nyantol lama di otak kamu.

Pada dasarnya, belajar adalah proses perubahan individu dari yang tidak tahu menjadi tahu. Output-nya berupa informasi serta pemahaman terhadap suatu objek tertentu. Sayangnya, proses belajar ini kerap kali dianggap membosankan, sehingga menghasilkan jalan pintas berupa SKS. Ingat gaes, semua itu butuh proses!

2. Tingkat Konsentrasi Berkurang

Tingkat konsentrasimu malah jadi berkurang, membuat kamu malah jadi kesulitan mengerjakan tugas dan ujian.
Begadang malah membuat konsentrasimu berkurang

Begadang semalaman buat belajar atau mengerjakan tugas justru menjadikanmu kurang tidur. Dampaknya adalah tingkat konsentrasi akan berkurang. Kamu jadi pelupa, susah mencerna materi, hingga sulit fokus sebab mengantuk. Faktanya, menghadapi ujian dengan cara SKS akan membuatmu kelelahan.

Sama halnya dengan kasus mengerjakan tugas Sistem Kebut Semalam. Percaya deh, hasilnya bakalan jauh dari kata maksimal. Lebih lagi untuk sekelas makalah, yang mana kamu harus cari referensi dan riset dulu baru kemudian bisa memulainya. Jangan sampai guru menganggapmu menyelesaikannya secara asal-asalan, nanti mereka malah ikut kasih nilai asal-asalan!

3. Bahaya Belajar SKS, Bikin Jam Tidur Berubah!

Bahaya belajar SKS lainnya, pola tidurmu jadi berubah.
Bahaya mengintai dibalik terlalu sering begadang!

Terlalu sering begadang ternyata menyimpan bahaya di baliknya lho! Apalagi jika kamu melakukan secara terus menerus, misalnya saat musim ujian tiba. Memang dampaknya apa? Pola tidurmu otomatis berubah. Pagi dan siang hari dihabiskan untuk tidur sedangkan malamnya beraktivitas. Eits, kok jadi nokturnal ya? 

Faktanya, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti kegemukan, diabetes, bahkan kehilangan massa otot. Kalau sudah terjebak dalam pola seperti ini, kamu harus menyiapkan strategi jalan keluarnya! Mulai dari membentuk kembali rutinitas tidur yang baik serta konsisten melakukannya. Pokoknya kesehatan tetap nomor satu!

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar Agar Kamu Menjadi Siswa Anti Mager!

4. Memengaruhi Mood

Belajar SKS juga akan memengaruhi mood-mu jadi buruk.
Hati-hati, teman atau keluargamu malah jadi sasaran amarahmu!

Mood menjadi sesuatu yang penting karena sedikit banyak memengaruhi aktivitas kita sehari-harinya. That’s why ada istilah mood booster. Namun, apa jadinya jika suasana hatimu sedang buruk? Nah, kebiasaan belajar SKS bisa membuat mood seseorang enggak stabil. Mengutip dari laman hai grid, salah satu akibat begadang adalah kamu jadi mudah tersinggung, emosional, atau murung. Waduh, bahaya dong kalau sampai ada teman atau keluarga yang kena amuk gara-gara lagi bad mood

Baca Juga: 6 Gaya Belajar Albert Einstein, No. 2 Paling Unik!

5. Tips Biar Enggak Belajar SKS

Ini dia tips untuk menghindari bahaya belajar SKS!
Apakah kamu punya tips lain?

Beragam cara dapat kamu lakukan supaya terhindar dari SKS. Kuncinya ada pada diri sendiri. Berikut tips belajar efektif nan menyenangkan :

  • Jangan Dadakan!

Jauh hari sebelum ujian, kamu bisa kok curi start belajar. Mulailah dengan membaca materi atau merangkung materi pelajaran. Jangan sekaligus melahapnya dalam satu malam.

  • Buat Kelompok!

Apabila kamu merasa belajar sendiri membosankan maka carilah teman! Selain karena menyenangkan, kelompok belajar juga bisa dijadikan ajang diskusi dan adu argumen. Jadi, kamu enggak hanya menghafal materi di buku, melainkan juga memahaminya secara mendalam.

  • Nikmati Prosesnya!

Bener banget sih kalau belajar kudu menikmati prosesnya. Karena kalau enggak, yang ada malah ngerasa terbebani. Alhasil, kamu melakukan sekadarnya saja dan lebih senang memilih SKS. 

Well, itu tadi penjelasan tentang bahaya belajar SKS. Usahakan selalu mempersiapkan diri sebelum ujian. Begitupun dengan tugas, kerjakan sesegera mungkin jangan mepet deadline

Bicara soal belajar nih, di SimulasiKu ada try out UTBK dan kelas online yang boleh kamu ikuti. Cocok untuk membantu persiapanmu masuk kampus. So, tunggu apalagi cek website-nya ya!

Baca Juga: 5 Trik Belajar Efektif dalam Waktu Singkat, Apa Saja?

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us