Universitas Negeri Semarang Kampus Impianmu? Simak 5 Fakta Menariknya!

Adakah di antara kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Semarang? Kampus hijau yang juga mendapat sebutan UNNES ini berlokasi di Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahun, peminat di kampus ini selalu meningkat.

Motto UNNES adalah Sutera (Sehat, Unggul, Sejahtera) dan saat ini UNNES memiliki 8 fakultas beserta 85 program studi yang terdiri dari program sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), pendidikan vokasi (D3), serta pendidikan profesi. Kabarnya, UNNES memiliki syarat yang unik bagi mahasiswanya agar bisa lulus skripsi, lo! Penasaran? Yuk, simak fakta-fakta Universitas Negeri Semarang lainnya melalui penjelasan di bawah ini!

1. Sejarah dan Predikat UNNES

Perpustakaan Universitas Negeri Semarang
Perpustakaan Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang telah berdiri sejak masa kolonial Belanda, tetapi pemerintah Indonesia baru meresmikannya setelah masa kemerdekaan, lebih tepatnya tahun 1950. Setelah mendirikan kelas dan sekolah kursus terlebih dahulu, UNNES akhirnya membuka Fakultas Pendidikan dan Olahraga pada tahun 1960.

Saat ini, UNNES adalah perguruan tinggi negeri yang telah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi A atau unggul menunjukkan bahwa PTN tersebut telah memenuhi standar terkait pelaksanaan program pendidikan dengan memberikan lulusan yang berkualitas.

Tak hanya itu saja, UNNES juga menjadi universitas terkonservatif ke-3 setelah IPB University dan Universitas Indonesia (UI), serta berada di peringkat ke-74 dunia. Hal ini dapat kamu lihat dengan penataan ruang di UNNES yang tampak berorientasi dengan alam, salah satunya gedung perpustakaan UNNES.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Apa Saja?

2. Kampus Calon Guru

kampus keguruan terbaik di indonesia
UNNES salah satu kampus keguruan terbaik di Indonesia

Perlu Sobat tahu, ternyata dahulu UNNES bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Pada tahun 1999, barulah kampus ini mengubah namanya menjadi Universitas Negeri Semarang. 

Sejak saat itu, UNNES terkenal sebagai kampus para calon guru dan menjadi salah satu kampus keguruan terbaik di Indonesia. Di samping itu, UNNES juga telah membuktikan diri dengan melahirkan bibit unggul dan berprestasi, baik di kancah nasional maupun internasional.

3. Jurusan Favorit di UNNES

jurusan hukum di Universitas Negeri Semarang
Salah satu jurusan favorit di UNNES adalah Hukum

Selain akreditasi kampus, akreditasi jurusan juga tak kalah penting, lo. Namun, kamu tak perlu khawatir karena di Universitas Negeri Semarang, ada sekitar 50 lebih jurusan yang telah terakreditasi A. Daftar jurusan dan akreditasinya dapat kamu lihat di situs resmi UNNES.

Nah, seperti kampus-kampus lainnya, ada beberapa prodi di UNNES yang menarik banyak peminat setiap tahunnya. Berikut ini tujuh jurusan favorit UNNES yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untukmu:

  • Manajemen
  • Ilmu Hukum
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Kesehatan Masyarakat
  • Akuntansi
  • Teknik Informatika
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah dan Santai, Apa Saja?

4. Syarat Unik Lulus Skripsi

gerakan menanam pohon UNNES
Gerakan menanam pohon sebagai syarat lulus skripsi

Ada satu syarat unik yang UNNES terapkan bagi mahasiswa yang hendak mengambil tugas akhir penulisan skripsi. Para mahasiswa memiliki kewajiban untuk menanam minimal satu pohon lalu mengunggah hasil dokumentasinya di platform resmi UNNES, yaitu Siomon (Sistem Informasi Penanaman dan Perawatan Pohon), sebagai bukti telah melakukan penanaman.

Melansir Liputan6, gerakan penanaman pohon ini merupakan upaya dalam mendukung program UNNES H-BAT (Hijau, Bersih, dan Sehat). Program ini juga menjadi bukti nyata UNNES yang mengemban predikat sebagai kampus konservasi, yang mana hal tersebut mengantarkannya menduduki peringkat ke-47 dalam kategori Energy and Climate Change pada UI Greenmetric.

Baca juga: 6 Jurusan UNDIP yang Sepi Peminat pada SBMPTN 2021, Kamu Tertarik?

5. Beasiswa di UNNES

beasiswa di UNNES
UNNES menyediakan banyak beasiswa hingga lulus

Bagi kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Semarang, tetapi terkendala finansial, kamu tak perlu khawatir. UNNES menawarkan banyak beasiswa yang bisa kamu ambil nanti. Beberapa beasiswa tersebut, antara lain Bidikmisi, Beasiswa Bank Indonesia (BI), Beasiswa PPA, BBP-PPA, Beasiswa Pendidikan Lazis, Supersemar, dan Van Deventer-Maas. 

Untuk informasi lebih lanjut dan tata cara pendaftaran dapat kamu simak di situs resmi Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama (BAAKK) UNNES.

Nah, itulah tadi fakta-fakta seputar Universitas Negeri Semarang (UNNES). Agar kamu dapat masuk ke kampus impianmu, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana untuk membantumu dalam belajar. Kamu bisa menonton video materi pembelajaran, ikut bimbel intensif UTBK, maupun berlatih soal-soal try out setiap minggunya. Yuk, ikutan!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us