Teknik Industri: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

Halo, Sobat SimulasiKu! Pasti kalian sudah familier dong, ya, dengan jurusan yang satu ini? Teknik Industri atau Industrial Engineering adalah salah satu dari sekian banyak jurusan teknik yang tak pernah sepi peminat. 

Fakta uniknya, banyak yang menyebut jurusan ini sebagai jurusan teknik yang ‘nggak teknik banget’. Kok bisa? Yuk, kenalan lebih jauh dengan Jurusan Teknik Industri lewat penjelasan di bawah ini!

1. Teknik Industri, Belajar Apa?

bidang ilmu teknik industri
Tak hanya belajar dari sisi teknik, tetapi juga manajemen

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mendalami tentang proses industri melalui kacamata teknik dan manajemen. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengoptimalisasi kegiatan produksi.

Tidak hanya konsep dasarnya, kamu akan belajar bagaimana sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana cara menyelesaikan permasalahan industri dengan pendekatan matematis.

2. Mata Kuliah

mata kuliah teknik industri
Perancangan produk adalah contoh mata kuliah Jurusan TI

Melansir dari ie.ui.ac.id, pada semester awal, kamu akan mempelajari mata kuliah dasar, seperti Kalkulus, Pengantar Ilmu Ekonomi, Fisika Mekanika dan Panas, Statistika Dasar, dan sebagainya. 

Selanjutnya, akan ada mata kuliah yang lebih mendalam, yaitu Akuntansi Biaya, Perancangan Organisasi dan Psikologi Industri, Perancangan Produk, Pemasaran Industri, dan masih banyak lagi. Namun, perlu kamu ingat juga bahwa setiap kampus bisa memiliki mata kuliah yang berbeda-beda, ya.

3. Rekomendasi Kampus

rekomendasi kampus teknik industri
Rekomendasi kampus jurusan teknik industri terbaik

Di Indonesia, ada beberapa kampus yang telah memiliki prodi ini dengan kriteria unggul dan akreditasi A. Berikut ini deretan kampus yang memiliki program studi S1 Teknik Industri dengan Akreditasi Unggul dan Akreditasi A:

5 Kampus dengan Akreditasi Unggul

  • Universitas Andalas (UNAND)
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

10 Kampus dengan Akreditasi A

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Telkom University
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  • Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
  • Unika Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Trisakti

Baca juga: 5 Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

4. Prospek Kerja

prospek kerja jurusan teknik industri
Product Analyst, salah satu prospek kerja yang menjanjikan

Mengingat ilmu yang dipelajari di jurusan ini sangat luas, maka tentunya lulusan Teknik Industri dapat bekerja di berbagai sektor. Mulai dari industri, pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, hingga otomotif, membutuhkan tenaga ahli Teknik Industri.

Baca juga: 4 Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat, Kamu Tertarik?

Kisaran pendapatannya juga cukup menggiurkan, lo! Lulusan Teknik Industri diperkirakan dapat meraih gaji hingga belasan juta per bulannya dengan prospek kerja berikut.

a. Product Analyst

Seorang Product Analyst bertugas untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk suatu produk dan membandingkannya dengan tren industri terkini. 

b. Engineering Manager

Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam mengarahkan proyek-proyek penting dalam perusahaan agar berjalan dengan baik. Sebagai seorang Engineering Manager, kamu tak hanya membuat rencana kerja, tetapi juga mengatur sumber daya yang dibutuhkan dalam proyek tersebut.

c. Sales Engineer

Profesi ini menuntutmu untuk memiliki product knowledge yang baik dan kemampuan mengeksplorasi detail produk. Dengan demikian, kamu dapat menjelaskan kualitas dan kegunaan produk perusahaan dengan optimal.

d. Quality Control Engineer

Profesi ini memiliki peran penting pada akhir atau hilir proses produksi. Seorang Quality Control Engineer harus memastikan bahwa semua produk final telah memenuhi standar kualitas yang berlaku.

Itulah penjelasan mengenai Jurusan Teknik Industri, mulai dari info kuliah, kampus-kampus dengan akreditasi terbaik, hingga prospek kerjanya. Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini?

Nah, agar kamu bisa diterima di salah satu kampus dengan Jurusan Teknik Industri terbaik di Indonesia, yuk, belajar bareng SimulasiKu! Kamu bisa mengakses berbagai video pembelajaran, ikut bimbel intensif UTBK, serta mencoba Try Out yang diadakan SimulasiKu setiap minggunya. Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftar!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us