Serba-serbi Teknik Komputer, Jurusan Komputer yang Ada Unsur Elektro

Pernah dengar jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, gak? Ternyata, kedua jurusan tersebut berhubungan, lo! Di satu sisi, ilmu komputer butuh alat komputasi yang terdiri dari rangkaian elektronika. Di sisi lain, teknik elektro butuh pemahaman terhadap algoritme agar rangkaiannya berfungsi dengan benar.

Hmm, kira-kira, ada gak, ya, jurusan yang mencakup kedua hal itu? Tentu ada, dong! Namanya adalah jurusan Teknik Komputer. Biar makin kenal, langsung aja baca informasi berikut ini!

1. Jembatan Hardware dan Software

Hardware dan Software
Teknik Komputer mempelajari pengintegrasian prinsip, logika, dan algoritme Ilmu Komputer dalam level mesin

Seperti Sobat ketahui, mata kuliah Ilmu Komputer banyak banget yang berkutat dengan logika-logika dalam pemrograman. Namun, logika-logika dan algoritme yang kita pelajari masih dalam tahap abstrak. Bahkan, kata “komputer” pada Ilmu Komputer pun mengacu pada komputer yang masih berupa ide. Dari situ, kita masih butuh mengintegrasikannya ke mesin asli.

Sebaliknya, Teknik Elektro lebih berfokus pada penerapan prinsip-prinsip kelistrikan dalam rangkaian elektronika yang lebih konkret. Karena jangkauannya yang luas, jurusan ini kurang mencakup bahasan algoritme dan logika yang membuat komputer mampu berpikir beraneka ragam. Pada akhirnya, kita tetap butuh orang yang mengerti hal yang lebih abstrak tadi.

Nah, di situlah keunggulan Teknik Komputer. Pada jurusan ini, kita akan belajar bagaimana mengintegrasikan prinsip, logika, dan algoritme Ilmu Komputer dalam level mesin agar mesin komputasinya dapat berpikir lebih kompleks. Bahkan, kita akan berfokus pada otak komputer, yaitu mikroprosesor, lo!

2. Fokus Pembelajaran Teknik Komputer

Fokus Pembelajaran Teknik Komputer
Selain mikroprosessor, sistem tanam juga menjadi fokus Teknik Komputer

Karena Teknik Komputer berada di tengah-tengah antara software dan hardware, Sobat bakal menemukan hal yang unik, nih. Pertama, kamu akan belajar bagaimana cara merancang mikroprosesor yang kecil, tetapi komponen di dalamnya kompleks dan banyak. Gak hanya mikroprosesor, tetapi ada IoT (Internet of Things), perangkat wireless, dan komputer secara keseluruhan juga.

Selanjutnya, kamu juga akan mempelajari pemrograman. Eits, pemrograman yang ini berbeda karena kamu akan ngoding pada level mesin. Jadi, butuh ketelitian ekstra, nih, dalam menulis kodenya karena bahasa pemrogramannya tidak secanggih bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Selain mata kuliah campuran kedua ilmu pembangunnya, Sobat juga akan mempelajari mata kuliah khas Teknik Elektro, seperti rangkaian listrik, sistem digital, elektronika, hingga pemrosesan sinyal. Kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah Ilmu Komputer, antara lain jaringan komputer, berbagai paradigma pemrograman, rekayasa perangkat lunak, hingga basis data.

Baca juga: 4 Mitos Seputar Ilmu Komputer, Gak Hanya Belajar Microsoft Office, lo!

3. Masuk Teknik Komputer Butuh Skill Apa Aja?

mata pelajaran fisika dan matematika
Memahami kelistrikan tentu membutuhkan keahlian fisika

Dari subbagian sebelumnya, pasti bisa mengira-ngira, dong, skill apa yang perlu Sobat asah? Yap, mata pelajaran fisika dan matematika. Teknik Elektro yang berurusan dengan listrik tentu memerlukan hukum-hukum dan prinsip fisika. Tidak lupa pula, materi seputar sinyal juga ikut mempelajari fenomena fisika. Selain mata kuliah turunan Teknik Elektro, mata kuliah keteknikan pun mencakup fisika. Jadi, akan sangat memudahkanmu jika sudah memiliki pemahaman pada fisika.

Selain fisika, adanya mata kuliah keteknikan lain, seperti aljabar linear dan kalkulus, membuat kamu harus siap-siap dengan matematika. Belum lagi, terdapat matematika diskrit yang memang khasnya jurusan IT. Wah, setelah lelah menghitung hukum-hukum fisika, kita harus lanjut menghitung rumus-rumus matematika, nih. Namun, buat kamu yang belum menguasai skill tersebut, kamu akan tetap belajar dasar-dasarnya lagi pada awal perkuliahan, kok!

4. Prospek Kerja

Prospek Kerja Teknik Komputer
Dengan banyak industri yang sudah menggunakan robot, insinyur robotika menjadi menjanjikan

Setelah capek-capek belajar mati-matian, tentu kamu ingin berkarier supaya dapat menerapkan ilmumu di dunia nyata. Tenang saja, bagi yang sudah gak sabaran pengin kerja, jurusan Teknik Komputer menyediakan segudang prospek kerja, lo! Beberapa di antaranya adalah:

  • ahli sistem tanam;
  • programmer;
  • insinyur robotika;
  • insinyur keamanan komputer;
  • technical support; dan
  • analis Sistem Komputer.

5. Universitas dengan Jurusan Teknik Komputer

Universitas dengan Jurusan Teknik Komputer
Jurusan Teknik Komputer di Indonesia sudah mumpuni untuk prospek karier

Sobat SimulasiKu mungkin sudah memahami apa itu Teknik Komputer. Sekarang, saatnya menargetkan ingin masuk perguruan tinggi yang mana. Daripada pusing-pusing, berikut adalah daftar perguruan tinggi yang mengadakan program studi Teknik Komputer, baik negeri maupun swasta:

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Telkom University (TEL-U)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Komputer Indonesia

Bagaimana, nih, Sobat SimulasiKu? Ada yang tertarik dengan Teknik Komputer? Buat yang senang fisika, matematika, dan teknologi, boleh banget masuk jurusan ini. Namun, gak boleh asal masuk, nih. Sobat wajib belajar giat untuk menghadapi ketatnya persaingan masuk perguruan tinggi.

Sayangnya, tidak jarang kamu bingung di tengah materi, tapi gak tau harus bertanya ke siapa. Mungkin, kamu harus coba belajar di simulasiku.id, tuh. Di sana, tersedia video pembelajaran, bimbel intensif dengan tutor yang bisa kamu tanyain sampai puas, serta try out yang dapat mempertajam kemampuanmu. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, cek sekarang juga!

Baca juga: Teknik Industri: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us