Kuliah Belajar Makeup, Memangnya Ada ya? Yuk, Kenalan dengan Jurusan Tata Rias!

Siapa nih yang hobi dandan sambil menonton video-video beauty vlogger di YouTube? Nah, kamu tahu nggak sih ternyata ada jurusan yang fokus belajarnya adalah seputar makeup dan perawatan tubuh loh! Yup, ada nih Jurusan Tata Rias untuk kamu yang ingin menggali ilmu dan potensi karier di ranah kecantikan. Yuk, cari tahu serba-serbi Jurusan Tata Rias!

1. Sudah Tahu Belum Tentang Jurusan Tata Rias?

jurusan tata rias https://www.pexels.com/photo/black-and-white-photo-of-a-woman-sitting-on-chair-beside-two-woman-doing-her-hair-and-makeup-3018753/
Jurusan paling beda dari yang lain nih!

Jurusan Tata Rias adalah program studi yang mempelajari tentang penerapan perawatan kecantikan. Tentunya program studi ini mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Oleh karena itu, selama kuliah kamu akan banyak praktik tentang pengaplikasian produk kosmetik dan produk perawatan lainnya nih

Jadi, setelah lulus dan mendapatkan lisensi, kamu bisa berprofesi sebagai makeup artist, konsultan kecantikan, hair stylist, membuka salon kecantikan, mengulas produk kecantikan dalam artikel, atau menjadi beauty vlogger seperti Tasya Farasya pun boleh!

2. Apakah Jurusan Tata Rias Hanya Belajar Makeup?

serba-serbi jurusan tata rias https://www.pexels.com/photo/makeup-brush-on-black-container-1115128/
Ternyata cukup rumit juga ya program studi yang satu ini!

Tentunya makeup akan menjadi titik berat dari pembelajaran di program studi ini. Contohnya, kamu akan mempelajari dasar rias, rias pengantin, rias fantasi, dan mode rias lainnya. Namun, ga cuma itu aja, kamu akan belajar juga tentang perawatan kulit, spa, manicure dan pedicure, serta perawatan dan penataan rambut seperti cara memotong, mewarnai, dan mengkriting rambut. 

Lebih lanjut lagi, kamu bakalan bertemu mata kuliah yang membahas anatomi dan fisiologi tubuh, serta kimia loh. Bahkan, kamu juga akan belajar tentang penyakit kulit. Wah, kok gitu? Iya, karena dalam urusan makeup pun kamu harus memperhatikan kesehatan kulit dan keamanan produk kecantikan yang kamu gunakan pada klienmu nanti.  Pokoknya, lengkap deh!

Oh iya, tenang aja, meskipun kamu belum jago dandan sebelumnya, kamu akan belajar semuanya dari awal! Jadi, tidak usah khawatir ya, karena seperti bidang keilmuan lain, kamu harus berkenalan dulu dengan dasar-dasar ilmu dan konsepnya. Semangat!

Baca juga: Kuliah di Jurusan Pariwisata, Apa Benar Cuma Jalan-jalan Saja? Yuk, Cari Tahu!

3. Kampus Mana Saja yang Menyediakan Jurusan Ini?

jurusan tata rias https://www.pexels.com/photo/woman-in-pink-sweater-using-laptop-3764402/
Hmm… pilih kampus yang mana yah?

Tidak seperti jurusan pada umumnya, jurusan yang berfokus pada dunia kecantikan dan makeup ini memang cukup langka karena tidak semua kampus menyediakannya. 

Berikut ini beberapa PTN di berbagai daerah yang memiliki program studi ini: 

  • Jakarta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan jenjang S1 dan D3. 
  • Semarang, Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan jenjang S1.
  • Padang, Universitas Negeri Padang (UNP) dengan jenjang D4. 
  • Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan jenjang D3 dan D4. 
  • Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan jenjang S1. 

Untuk kampus swastanya, salah satu opsi yang bisa kamu pilih adalah LaSalle College yang berada di Jakarta dan Surabaya dengan program Artistic Makeup Certificate. Kira-kira kampus mana nih yang akan kamu tuju? 

Baca juga: 5 Pilihan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Bisa Langsung Kerja!

Nah, itu dia serba-serbi Jurusan Tata Rias. Jadi, gimana, kamu tertarik nggak untuk masuk ke bidang yang satu ini? Jika kamu hobi makeup, boleh nih pilih jurusan yang paling sesuai dengan passion-mu! 

Selanjutnya, supaya persiapan belajarmu makin oke, yuk ikutan bimbel online di SimulasiKu.id! Kamu bisa kunjungi website-nya untuk mendapatkan video materi, latihan soal, dan Try Out UTBK. Langsung aja, cuusss!

Baca juga: Yuk, Intip Jurusan Filsafat dan Seluk-beluknya!

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us