Kuliah di Jurusan Pariwisata, Apa Benar Cuma Jalan-jalan Saja? Yuk, Cari Tahu!

Saat sedang mengunjungi tempat wisata, pernahkah kamu merasa penasaran apa sih latar belakang pendidikan kakak-kakak pemandu wisata? Yup, bener banget, jawabannya adalah Jurusan Pariwisata. “Asik dong bisa jalan-jalan terus selama kuliah?”, hmm… apa benar begitu? Untuk itu, yuk langsung aja simak serba-serbi Jurusan Pariwisata di bawah ini!

1. Mengenal Jurusan Pariwisata

serba-serbi jurusan pariwisata https://www.pexels.com/photo/man-sitting-beside-black-backpack-near-railway-346768/
Apakah seperti yang kalian bayangkan selama ini?

Melihat dari namanya saja, tentu kamu sudah bisa memiliki gambaran mengenai Jurusan Pariwisata. Namun, untuk sedikit lebih merincinya, jurusan ini berfokus pada sumber daya pariwisata, manajemen, strategi, dan pengembangan destinasi wisata. Ini mencakup tour dan travel, event, ticketing, serta perhotelan. 

Setelah lulus, harapannya kamu akan mampu mengelola dan mengembangkan bidang pariwisata dengan menerapkan teori, membuat strategi dari hasil analisis data observasi suatu tempat yang memiliki potensi wisata. 

Lebih lanjut, sepertinya kamu tidak perlu khawatir soal prospek kerjanya nih. Karena sektor pariwisata adalah salah satu yang paling banyak peminatnya dan terus tumbuh. Lagipula, siapa sih yang gak mau jalan-jalan setidaknya sekali dalam setahun?

Nah, beberapa peran yang bisa kamu ambil selepas kuliah adalah sebagai pemandu wisata, manajer tempat wisata, hotel, dan penginapan, atau bisa juga menjadi seorang event organizer. Menarik sekali kan?

Baca juga: Ini Rasanya jadi Mahasiswa Jurusan Komunikasi!

2. Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ini?

pelajaran jurusan pariwisata https://www.pexels.com/photo/group-of-friends-hanging-out-933964/
Tetap banyak jalan-jalannya sihtapi sambil observasi dan belajar!

Memang tidak salah sih kalau banyak yang menduga jurusan ini hanya jalan-jalan saja. Karena kamu memang bakalan sering mengunjungi tempat-tempat tertentu nih untuk mengamati dan menganalisis tempat wisata tersebut mulai dari tawaran rekreasinya, akses menuju tempat, sampai cara-cara mempromosikannya.

Oleh karena itu, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti statistik pariwisata, ekonomi pariwisata, geografi pariwisata, pengetahuan budaya, bahasa asing, manajemen wisata, dan lain-lainnya. 

Baca juga: Jurusan Psikologi dengan Akreditasi A di Indonesia

3. Kampus-kampus dengan Jurusan Pariwisata

jjurusan pariwisata https://www.pexels.com/photo/brown-and-black-wooden-chairs-inside-room-207691/
Yok pilih kampus kesukaanmu dan daftar ke jurusan ini!

Sebelumnya kamu perlu mengetahui bahwa ada dua jenjang yang ditawarkan untuk jurusan ini yaitu Sarjana (S1) dan Ahli Madya (D3). “Bedanya apa sih?”, jadi kalau kamu memilih jenjang S1, kuliahmu akan lebih menekankan pada kajian, teori, dan analisis. Sedangkan D3 akan lebih banyak prakteknya. Silakan pilih yang paling tepat untuk studimu ya! 

Selanjutnya, ini dia beberapa PTN di beberapa daerah yang menyediakan Jurusan Pariwisata. Coba cek, lokasinya dekat dengan rumahmu gak?

  • Yogyakarta, Universitas Gajah Mada → jenjang S1, S2, S3, dan D3.
  • Malang, Universitas Brawijaya → jenjang D3. 
  • Depok, Universitas Indonesia → jenjang D3.
  • Surabaya, Universitas Airlangga → jenjang D3.  
  • Denpasar, Universitas Udayana → jenjang S1, S2, D3, dan D4.

Oke deh, setelah ini kamu boleh selidiki lebih lanjut mengenai masing-masing kampus yaa, supaya persiapan mendapatkannya semakin mantap. Jangan lupa untuk selalu gigih belajar!

Gimana, apakah setelah mengetahui serba-serbi Jurusan Pariwisata kamu jadi tertarik untuk mendaftar ke Jurusan Pariwisata? Siapa tahu, jika kamu tekun belajarnya, nanti kamu bisa menjadi bagian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan membantu meningkatkan sektor pariwisata negara kita. Yuk, semangat belajarnya! 

Nah, biar semakin semangat mengejar jurusan di kampus impian, ayo ikut bimbel online bareng SimulasiKu.id! Ga cuma video materi dan latihan soal aja yang dapat kamu peroleh, kamu juga bisa ikutan Try Out UTBK nih. Oh iya, jangan lupa main ke YouTube SimulasiKu yaaa, banyak video pembahasan soal yang bisa kamu tonton gratis!

Baca juga: Yuk, Intip Jurusan Filsafat dan Seluk-beluknya

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us