Serba-serbi Ilmu Psikologi: Jenis, Info Kampus, dan Prospek Kerjanya

Apa yang pertama kali muncul di benakmu ketika mendengar kata “psikologi”? Segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan mental? Memang benar, tetapi ilmu psikologi tak semata-mata mempelajari itu saja.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengambil Jurusan Psikologi, wajib banget nih untuk simak penjelasan di bawah ini! Berikut ini serba serbi ilmu psikologi, mulai dari cabang ilmu, info kampus, hingga prospek kerjanya.

1. Mengenal Jurusan Psikologi

mengenal ilmu psikologi
Psikologi mempelajari cara memahami perilaku seseorang

Ilmu psikologi berkaitan erat dengan manusia, mulai dari cara memahami karakter dan perilaku, menganalisis fungsi mental, hingga meneliti alur pemikiran seseorang dan mencari tahu alasan di balik perilakunya. Melalui jurusan ini, kamu diajak untuk mengenal diri sendiri, orang lain, serta cara bersikap dan berinteraksi di masyarakat. 

Secara umum, ilmu psikologi dapat menjadi bagian dari rumpun saintek maupun soshum. Psikologi dengan pendekatan saintek akan berfokus pada teori dan analisis, sementara psikologi dengan pendekatan soshum akan berfokus ke aplikasi gejala sosialnya. Kendati demikian, tidak ada pengaruh yang signifikan antara perbedaan tersebut untuk peluang karier ke depannya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah dan Santai, Apa Saja?

2. Cabang Ilmu Psikologi

cabang ilmu psikologi
Psikologi Klinis, cabang ilmu dasar untuk menjadi psikolog

Jurusan Psikologi memiliki 6 cabang ilmu lagi di dalamnya, yaitu Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial. Berikut penjelasan dari masing-masing cabang ilmunya:

a. Psikologi Umum dan Eksperimental

Cabang ilmu psikologi yang pertama ini berfokus pada penelitian atau eksperimen dalam bidang psikologi. Kamu akan mempelajari bagaimana sebuah penelitian psikologi dilakukan dengan menggunakan peralatan atau berbagai metode ilmiah sehingga memiliki akurasi yang tinggi. Singkatnya, cabang ilmu ini akan membantu untuk merinci, menjabarkan, memprediksi, serta mengendalikan proses-proses psikologi. 

b. Psikologi Klinis

Psikologi Klinis adalah spesifikasi yang akan mengarahkan kamu untuk menjadi psikolog. Pada cabang ilmu ini, kamu akan mempelajari pola tingkah laku manusia dalam kasus yang lebih fokus dan mendalam. Kamu sudah lepas dari pola umum dan siap untuk menangani berbagai macam gangguan terkait mental manusia.

c. Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan berfokus pada proses perkembangan mental manusia. Kamu akan belajar untuk melakukan observasi pada kasus-kasus perkembangan psikologi, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Psikologi Perkembangan memungkinkan kamu untuk mengetahui perkembangan manusia, mengenali gangguan-gangguan atau krisis yang terjadi, hingga menentukan cara untuk menghadapinya. 

d. Psikologi Pendidikan

Sebagai aspek penting dalam kehidupan manusia, pendidikan adalah suatu hal yang berhubungan erat dengan psikologi. Misalnya, bagaimana pendidikan yang tepat untuk anak dalam usia tertentu. Melalui cabang ilmu Psikologi Pendidikan, kamu akan belajar untuk membuat pemetaan kebutuhan dan ketepatan akan pendidikan untuk berbagai situasi dan kondisi. 

e. Psikologi Industri dan Organisasi

Dalam sebuah industri, organisasi atau perkantoran, psikologi juga memainkan peran penting. Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) adalah cabang psikologi yang khusus untuk mendalami hal tersebut. PIO akan mempersiapkan kamu untuk menempati posisi di bagian sumber daya manusia pada suatu perusahaan.

f. Psikologi Sosial

Cabang psikologi yang terakhir adalah Psikologi Sosial. Cabang ilmu ini juga tak kalah penting, mengingat manusia adalah makhluk sosial yang selalu melibatkan orang lain dalam hidupnya. Psikologi Sosial menjelaskan bagaimana konflik sosial dapat terjadi hingga bagaimana seseorang dapat memiliki masalah dalam interaksi sosialnya. 

Baca juga: 6 Jurusan UNDIP yang Sepi Peminat pada SBMPTN 2021, Kamu Tertarik?

3. Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik

rekomendasi kampus jurusan psikologi
Psikologi saintek terbaik salah satunya berada di Unpad

Mengingat setiap kampus dapat memasukkan prodi Psikologi ke dalam rumpun ilmu yang berbeda, maka kamu harus memperhatikan baik-baik, ya, sebelum menetapkan pilihan kampus. Berikut rekomendasi PTN favorit di Indonesia dengan Jurusan Psikologi terbaik dari masing-masing rumpun!

Rumpun Saintek:

  • Unpad (Universitas Padjadjaran) 
  • Unsri (Universitas Sriwijaya)
  • UNS (Universitas Sebelas Maret)
  • Unhas (Universitas Hasanuddin)

Rumpun Soshum:

  • UI (Universitas Indonesia)
  • Undip (Universitas Diponegoro)
  • UGM (Universitas Gadjah Mada)
  • Unair (Universitas Airlangga)

4. Prospek Kerja Lulusan Psikologi

prospek kerja lulusan psikologi
Lulusan Psikologi dapat menjadi HRD

Lulusan Psikologi memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan, terutama bidang-bidang yang berhubungan langsung dengan manusia. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

a. Psikolog

Prospek kerja utama lulusan Psikologi tentu saja adalah psikolog. Perlu kamu tahu, psikolog dengan psikiater merupakan profesi yang berbeda, lo! Meskipun sama-sama menangani kesehatan mental, tetapi kedua profesi ini merawat pasiennya dari aspek masing-masing. 

Seorang psikiater berlatar belakang prodi kedokteran sehingga bisa meresepkan obat untuk terapi kesehatan mental dan emosional pasiennya. Sementara itu, psikolog yang merupakan lulusan Psikologi lebih fokus pada psikoterapi untuk menakar kondisi mental seseorang melalui tes psikologis, sebelum kemudian merekomendasikan jenis terapi yang efektif. Jadi, jangan sampai bingung lagi, ya!

b. HRD

Lulusan Psikologi juga dapat bekerja di perusahaan korporasi dengan posisi human resource development (HRD). Profesi ini berkaitan dengan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Lulusan Psikologi banyak menempati posisi ini karena dianggap dapat mengenali seseorang dengan lebih baik, mengingat HRD juga memiliki jobdesk sebagai recruiter karyawan.

c. Konsultan dan Tenaga Pendidik

Tugas pokok dari seorang konsultan adalah memberi saran atau solusi mengenai permasalahan perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Selain itu, lulusan Psikologi juga dapat menjadi tenaga pendidik, baik dosen maupun guru bimbingan konseling (BK). Kedua profesi ini cocok untuk kamu yang suka mengajar atau membagikan ilmu secara akademis. 

Untuk menjadi dosen, minimal kamu harus menempuh studi S2, atau bahkan S3, karena hal itu menjadi bagian dari persyaratan. Sementara itu, guru BK biasanya memberikan pendampingan kepada siswa yang memiliki masalah dalam belajar maupun konsultasi mengenai masa depan mereka.

Nah, itulah tadi serba-serbi ilmu psikologi, mulai dari info kuliah, cabang ilmu, rekomendasi kampus, hingga prospek kerjanya. Untuk membantu mencapai jurusan dan kampus impianmu, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana pembelajaran, mulai dari video materi, bimbel intensif UTBK, dan try out online yang bisa kamu ikuti setiap minggunya. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us