Mengenal Lebih Dekat Jurusan Komunikasi!

Bingung menentukan pilihan jurusan kuliah? Kenapa enggak milih Jurusan Komunikasi aja? Selain karena kuliahnya seru, banyak skill yang akan kamu dapat setelah lulus. So, jangan kemana-mana, sekarang waktunya kita mengenal lebih dekat Jurusan Komunikasi lebih dekat, here we go!

1. Pilihan Kampus Jurusan Komunikasi

Ini dia kampus-kampus terbaik di Indonesia yang memiliki Jurusan Komunikasi terbaik!
Yuk semangat belajarnya biar bisa masuk Jurusan Komunikasi di kampus favorit!

Selain mempertimbangkan pilihan jurusan, perlu juga untuk mencari universitas mana sebagai tempat belajarmu. Mengingat, lingkungan kampus punya pengaruh besar atas proses dalam berkuliah. Makanya, pastikan agar memilih perguruan tinggi yang tepat. Mengutip dari kompas.com, berikut 7 kampus dengan Jurusan Komunikasi terbaik di Indonesia tahun 2022 versi THE:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Airlangga
  3. Binus University
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Diponegoro
  6. UGM (Universitas Gadjah Mada)
  7. Universitas Padjadjaran

2. Beragam Pilihan Peminatan 

Kamu bisa memilih beragam peminatan di Jurusan Komunikasi ini.
Kamu minatnya ambil apa?

Peminatan atau konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang disediakan oleh kampus dimana mahasiswa dapat memilih sesuai dengan ketertarikan atau passion-nya. Nah, peminatan di Jurusan Komunikasi sendiri ada bermacam-macam dan tergantung dengan masing-masing kampusnya. Kira-kira apa saja ya?

  1. Jurnalisme

Ingin berkarier jadi wartawan atau reporter? Nampaknya peminatan satu ini cocok untukmu. Kamu akan belajar mencari, mengolah, serta menyebarluaskan berita melalui media cetak, online, maupun televisi. Mata kuliah yang tersedia meliputi Dasar-dasar Jurnalisme, Penulisan Berita, Reportase Investigasi, dsb.

  1. Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Selain jurnalisme, mahasiswa komunikasi juga bisa mengambil peminatan Public Relations atau PR. Selama berkuliah, kamu akan mendalami soal cara mengelola hubungan komunikasi perusahaan, baik sesama karyawan atau dengan perusahaan lain dan masyarakat. Terkait dengan mata kuliahnya, ada Teknik Kehumasan, Kampanye PR, Lobi & Negosiasi, dsb.

  1. Periklanan

Seperti namanya, mahasiswa peminatan ini akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat iklan dengan baik dan menarik. Nantinya, mata kuliah yang kamu dapat antara lain Desain Komunikasi Visual, Perencanaan Strategis, Penulisan Naskah Iklan, Penanganan Klien, dan masih banyak lainnya.

  1. Media Hiburan

Siapa nih yang gemar nonton film, acara TV, atau serial drama? Jika iya, mengambil peminatan ini merupakan sebuah keputusan tepat. Sebab, kamu akan belajar memproduksi film, program radio, hingga program televisi. Mata kuliah yang tersedia misalnya Penulisan Kreatif, Kajian Entertainment, Selebriti, Sinematografi, dsb.

  1. Kajian Media

Peminatan satu ini enggak kalah menariknya dengan yang lain, apalagi untuk kamu yang penasaran mengenai cara kerja sebuah media massa dan pengaruhnya terhadap perkembangan masyarakat. Adapun mata kuliah yang tersedia seperti Kebijakan dan Regulasi Media, Media dan Kajian Budaya, Kajian dan Dampak Media, dsb.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Masa Depan!

3. Lulusan Komunikasi Punya Banyak Skill!

Lulusannya dibekali dengan banyak skill!
Ingat, skill itu penting buat kamu miliki

Setelah mengetahui apa saja peminatan di Jurusan Komunikasi, saatnya lanjut kepoin apa saja skill yang akan kamu dapat! Kelak, skill-skill ini bakal berguna di dunia kerja!

  1. Public Speaking

Banyak orang beranggapan bahwa skill satu ini wajib dimiliki oleh semua orang. Karena bagaimanapun juga, kamu pasti akan berhubungan sama banyak orang, entah itu ketika bekerja ataupun bermasyarakat. Namun jangan khawatir,  kemampuan satu ini telah menjadi makanan sehari-hari bagi anak Komunikasi. Mulai dari belajar gestur tubuh hingga cara menyampaikan pesan secara efektif, semuanya pasti kamu pelajari!

  1. Marketing

Well, mahasiswa di Jurusan Komunikasi juga ada yang mendapatkan materi seputar Marketing Communication lo! Kamu akan dibekali kemampuan seperti strategi kreatif periklanan dan copywriting. Wah, menarik juga ya!

  1. Videography

Melihat tren saat ini dengan banyaknya konten berbentuk video membuat kemampuan videography penting untuk dimiliki. Untungnya, di Jurusan Komunikasi kamu juga akan belajar seputar kemampuan ini. 

  1. Desain Grafis

Selain videography, desain grafis juga salah satu kemampuan yang akan kamu pelajari di Jurusan Komunikasi. Lantaran, beberapa peminatan kerap kali bersinggungan dengan desain grafis. 

  1. Fotografi

Punya kemampuan fotografi memiliki banyak manfaat. Contohnya, kamu dapat bekerja sebagai fotografer model, produk, atau makanan. Guna mendalami skill ini bisa dengan memilih peminatan jurnalistik atau media hiburan.

Baca Juga: Masih Bingung Pilih Jurusan? Yuk, Kenali Jurusan Ekonomi Syariah!

4. Jurusan Komunikasi Prospek Kerjanya Luas!

Prospek kerja Jurusan Komunikasi ini juga sangat luas.
Yup, lulusan Jurusan Komunikasi punya peluang karier yang luas!

Prospek kerja Jurusan Komunikasi boleh dibilang luas dan bermacam-macam tergantung peminatan atau konsentrasi yang diambil. Akan tetapi secara umum, lulusan jurusan ini bisa berkarier sebagai jurnalis, penyiar, analisis media, humas, videografer, sutradara, penulis skenario, hingga content creator. Mantap bukan?

Usai sudah perkenalan kita dengan Jurusan Komunikasi. Bagaimana, tertarik untuk mendaftar? Fyi, Jurusan Komunikasi jadi salah satu yang paling diminati pendaftar UTBK-SBMPTN di tahun 2021 nih! Oleh sebab itu, pastikan kamu betul-betul belajar!

Apalagi kalau belajarnya bareng SimulasKu, pasti makin asyik deh! Kamu bisa ikutan try out UTBK, kelas online, dan menonton video materi pembelajaran. Yuk, cek website-nya!

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Statistika, No. 3 Paling Banyak Dicari!

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us