Yuk Kenalan sama Jurusan Hukum, Prospek Kerjanya Luas Lo!

Ilmu Hukum, sebuah jurusan yang kerap menjadi incaran calon mahasiswa baru. Mengapa demikian? Karena bukan hanya prospek kerjanya yang luas atau terkenal prestisius, melainkan untuk bisa menjadi mahasiswanya pun butuh perjuangan yang enggak mudah. Tercatat jurusan ini menempati peringkat 4 jurusan paling diminati dengan 330.573 mahasiswa. 

Well, kalau kamu masih bingung menentukan pilihan jurusan, yuk kenalan dulu sama Jurusan Hukum serta apa saja tawaran prospek kerjanya! 

1. Peminatan di Jurusan Hukum

Apa saja peminatan di Jurusan Hukum ini?
Jurusan Hukum menawarkan berbagai peminatan yang bisa kamu pilih sesuai passion!

Ketika kamu jadi mahasiswa Hukum, ada banyak pilihan peminatan yang bisa kamu ambil. Melalui peminatan tersebut kamu bisa memilih fokus hukum apa yang hendak dipelajari. Namun, setiap kampusnya tentu punya peminatan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini gambaran umumnya.

  • Hukum Pidana

Mahasiswa Hukum yang mengambil peminatan Hukum Pidana bakalan ketemu sama beberapa mata kuliah, seperti, Prinsip Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, Pidana Khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Narkotika, Terorisme, dan Pengadilan HAM.

  • Hukum Perdata

Kalau kamu tertarik menjadi Notaris, mengambil peminatan ini merupakan pilihan yang cocok. Peminatan ini menawarkan pembelajaran seputar hukum perjanjian dan perbuatan cidera janji (wanprestasi), masalah ganti rugi dan sengketa perdata, wakaf, waris, hingga pembagian harta gono gini.

  • Hukum Tata Negara

Peminatan satu ini enggak kalah keren dari yang lainnya kok! Bidang kajian Hukum Tata Negara meliputi Isu-isu berkatian dengan konstitusionalisme dan demokrasi, kelembagaan negara, perancangan dan pengujian peraturan perundang-undangan, perbandingan hukum tata negara, kekuasaan hakim, lembaga kepresidenan, dsb.

  • Hukum Internasional

Mahasiswa yang mengambil peminatan ini biasanya berencana meniti karier di Kementerian Luar Negeri, lembaga organisasi internasional, maupun sebagai diplomat. Adapun hal-hal yang kamu pelajari seperti Hukum Udara dan Ruang Angkasa, Penyelesaian Sengketa Internasional, Kerjasama Internasional, Hukum Humaniter, dsb.

  • Hukum Ekonomi Bisnis

Dengan mengambil peminatan ini, kamu bisa berprofesi sebagai konsultan hukum perusahaan dan pengacara yang menangani sengketa merek, hak cipta, perlindungan konsumen, permasalahan perburuhan, sengketa dagang, dsb.

2. Prospek Kerja Jurusan Hukum

Prospek kerja Jurusan Hukum ternyata sangat luas loh!
TIdak hanya jadi pengacara atau hakim, lulusan Hukum punya prospek kerja yang luas

Ngomongin soal peluang karier lulusan hukum tuh luas banget gaes. Mulai dari bekerja di pemerintahan, perusahaan, akademisi, ataupun menjadi advokat. Pokoknya banyak deh! So, inilah beberapa pilihan karier setelah lulus dari Jurusan Hukum!

  • Pengacara

Seorang pengacara mempunyai tugas memberikan pendampingan hukum dengan tujuan agar seorang klien memperoleh hak-haknya selama menjalani proses hukum.  Oh iya, profesi ini menuntut seseorang memiliki keterampilan persuasif dan negosiasi yang baik. Hmm, kedengarannya menarik ya?

  • Jaksa

Jaksa merupakan perwakilan hukum dari pemerintah yang bertanggung jawab guna menghadirkan bukti terhadap tersangka di pengadilan pidana. Mereka mempunyai wewenang sebagai penuntut umum dan pelaksanaan putusan pengadilan. 

  • Hakim

Hakim bertugas mengawasi persidangan dan proses hukum lainnya untuk memastikan masalah ditangani dengan adil. Seorang hakim harus memiliki pengalaman yang cukup di ruang pengadilan dan juga mesti mengikuti proses seleksi terlebih dahulu.

  • Legal Officer

Pekerjaan legal officer tergantung dengan masing-masing kebutuhan dan keadaaan perusahaan. Bagi perusahaan berskala besar, legal officer terbagi menjadi dua bagian yaitu mengurus dokumen dan perizinan serta menangani masalah perdata maupun pidana. Namun, di perusahaan skala menengah legal officer menangani semua hal tersebut.

Baca Juga: Monash University: Perguruan Tinggi Asing Pertama di Indonesia!

3. Pilihan Kampus

Ini dia kampus-kampus dengan Jurusan Hukum terbaik yang bisa kamu coba!
Kalau kamu mau masuk kampus nomor berapa nih?

Tentunya kamu menginginkan pilihan kampus terbaik untuk jurusanmu. Tak dapat dipungkiri bahwa nama kampus sedikit banyak punya pengaruh dalam menentukan kariermu di masa yang akan datang. Mengutip dari detik.com, di bawah ini ialah universitas dengan Jurusan Hukum terbaik menurut The World University Rankings (WUR).

  1. UI (Universitas Indonesia)
  2. UB (Universitas Brawijaya)
  3. Undip (Universitas Diponegoro)
  4. UGM (Universitas Gadjah Mada)
  5. Unpad (Universitas Padjadjaran)

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Statistika, No. 3 Paling Banyak Dicari!

4. Biaya Kuliah Jurusan Hukum

Jangan lupa cek info UKT kampus lain juga ya
Kamu bisa cek info UKT kampus lain sebagai bahan pertimbangan!

Soal biaya kuliah memang kerap kali jadi salah satu bahan pertimbangan. Maka dari itu, perlu cari tahu info tentang banyaknya uang yang harus kamu bayar. Sebagai gambaran, berikut ini adalah besaran UKT dari tiga universitas:

UB : Rp500.000,00—Rp6.100.000,00

UGM : Rp500.000,00—Rp10.000.000,00

Unpad : Rp500.000,00—Rp6.000.000,00

So, sampai sini dulu perjalanan kita kenalan dengan Jurusan Hukum. Apakah kamu berminat masuk Jurusan Hukum? Semoga saja artikel ini bisa menjadi tambahan referensi dan bahan pertimbanganmu dalam menentukan jurusan kuliah. 

By the way, gimana nih persiapan menuju kampus impianmu? Pokoknya, jangan sampai kendur semangatnya! Kalau tiba-tiba lagi merasa bosan atau butuh teman belajar, SimulasiKu siap jadi pendampingmu kok! So sweet banget deh! Nantinya kamu bisa ikut try out UTBK, kelas online, serta akses video pembelajaran. Tunggu apalagi? Buruan daftar!!!

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Jurusan Komunikasi!

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us