Serba-Serbi IPB University!

Siapa di sini yang punya cita-cita masuk IPB University? Apakah kamu salah satunya? Jika iya, pastikan simak baik-baik artikel berikut yes! Karena bakalan banyak informasi menarik seputar “kampus pertanian” satu ini. Langsung saja, ini dia serba-serbi IPB University!

1. Sejarah Panjang IPB University

Simak sejarah dari IPB University.
Ternyata IPB saudaranya UI ya?

IPB University bisa dibilang punya sejarah cukup panjang, bahkan masuk ke dalam jajaran kampus tertua di Indonesia. 82 tahun yang lalu pendidikan pertanian pertama kali diselenggarakan di tanah air, yakni pada tahun 1940. IPB kemudian berdiri secara resmi pada 1 September 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No.91 Tahun 1963 dan disahkan oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 279 Tahun 1965.

Berawal dari tahun 1946 ketika Belanda mendirikan Nood-Universiteit di Jakarta yang juga mengelola Fakultas Pertanian di Bogor. Kemudian, Nood-Universiteit berganti nama menjadi Universiteit van Indonesie di tahun 1947. Universiteit van Indonesie lantas bergabung dengan Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BPTRI) menjadi Universitet Indonesia. 

Pada tahun 1955, Universitet Indonesia berubah menjadi Universitas Indonesia (UI). Akhirnya, kampus UI di Bogor memisahkan diri dan secara resmi menjadi Institut Pertanian Bogor pada 1963.

2. Termasuk Kampus Beken lo!

Ternyata IPB University termasuk kampus terkenal loh!
Masuk peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik oleh Kemendikbud RI 2020

Selain umurnya yang tua, ternyata IPB University juga termasuk kampus favorit di Indonesia. Enggak percaya? Pada tahun 2020 IPB, University berhasil meraih peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain itu, IPB juga masuk ke dalam Top 10 Asia QS World University Ranking 2020 oleh Subject Agriculture and Forestry. Ia juga duduk di peringkat 3 Indonesia versi webometrics.info edisi 2021.

Baca Juga: Mengenal Universitas Brawijaya, Kampus Keren yang Ada di Kota Malang!

3. Punya Jurusan Langka 

IPB University punya jurusan langka yang enggak bisa ditemukan di kampus lain.
Mari kenalan dengan jurusan IKK dan SKPM!

Terdapat dua jurusan yang hanya bisa kamu temukan di IPB University. Pertama adalah Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK). Mahasiswa jurusan ini belajar seputar teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen, termasuk ekonomi keluarga. Lulusannya bisa bekerja sebagai pengelola pendidikan anak usia dini, spesialis riset pemasaran dan konsumen, serta penanganan pelayanan konsumen.

Selanjutnya ada jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM). Selama berkuliah kamu bakal mendapatkan mata kuliah seperti Dasar-Dasar Komunikasi Pembangunan, Antropologi Sosial, Ekologi Manusia, Kajian Agraria, Sosiologi Pedesaan, dan sebagainya. Prospek kerjanya antara lain bekerja di lembaga swasta, pemerintah, atau BUMN.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta di Yogyakarta, Apa Saja?

4. Beragam Jalur Masuk IPB University!

Ini dia jalur pendaftarannya, simak baik-baik!
Ingat kata pepatah, banyak jalan menuju Roma!

Tertarik jadi mahasiswa IPB University? Kamu bisa mendaftar lewat jalur seleksi yang telah tersedia. Ada beragam pilihan lo, apa saja?

  • SNMPTN: Terhitung jumlah pendaftar jalur ini pada tahun 2021 sebanyak 17.029 peserta.    Sedangkan untuk pendaftar diterima total 1.933.  
  • SBMPTN:  Pendaftar yang memilih IPB University melalui jalur SBMPTN berjumlah 19.942. dengan jumlah peserta berhasil lolos yaitu 1.500. Btw, 5 jurusan paling diminati antara lain Ilmu Komputer, Ilmu Gizi, Teknologi Pangan, Manajemen, dan Agribisnis.
  • Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK): Pelaksanaan UTMBK terdiri dari dua metode seleksi yaitu berdasarkan hasil UTMBK online dan berdasarkan hasil skor UBK LTMPT. Kamu boleh memilih salah satunya atau mendaftar keduanya. Kalau mendaftar keduanya maka seleksi akan berdasarkan perolehan nilai terbaik.
  • Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN): Buat kamu yang berprestasi dalam lomba (karya ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Olahraga, Hafiz, serta Pramuka) di tingkat internasional maupun nasional boleh banget daftar lewat jalur ini.
  • Ketua OSIS: Apabila kamu pernah menjadi ketua OSIS selama SMA/MA, IPB University membuka pintu kesempatan buatmu nih! Nantinya mahasiswa dari jalur ini akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan lainnya.
  • Beasiswa Utusan Daerah: Merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan, ataupun lembaga swasta. 
  • Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI): Nah, untuk pendaftar Sekolah Vokasi bisa refistrasi lewat jalur USMI. IPB University akan mengundang sekolah setingkat SMA guna mengirim siswa/siswinya. Seleksi berdasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa.

Bagaimana, setelah tahu serba-serbi IPB University rasa-rasanya makin jatuh hati kan? Kalau memang serius, jangan lupa rajin belajar kurangin leha-lehanya! Sebab yang naksir banyak woy

Makanya, biar tambah semangat, yuk belajar bareng SimulasiKu! Kamu bisa ikutan try out UTBK, kelas online, plus akses video materi pembelajaran. Saatnya berambis ria untuk masa depan!

Baca Juga: Monash University: Perguruan Tinggi Asing Pertama di Indonesia!

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us