Sekolah Tatap Muka Dimulai! Kamu Sudah Persiapkan Hal Ini Belum?

Tahun baru, aturan baru. Yup, mulai 3 Januari 2022, pelaksanaan sekolah tatap muka sudah bisa berjalan, khususnya bagi sekolah-sekolah di Jakarta. Hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah mengatur pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas siswa hingga seratus persen. Proses belajar akan berlangsung dari Senin sampai Jum’at dengan maksimal durasi belajar 6 jam pelajaran. Pastinya ada persiapan dalam menjalani aturan sekolah tatap muka ini. Kira-kira apa saja ya persiapan “Back to School” di era pandemi ini? Yuk, simak!

1. Peserta Didik dan Tenaga Pengajar Wajib Telah Melakukan Vaksinasi

Sekolah offline https://www.pexels.com/photo/covid-vaccine-on-blue-surface-5921833/
Bagi yang belum, yuk segera melakukan vaksin di tempat terdekat!

Untuk menghadiri sekolah tatap muka, kamu harus sudah melakukan vaksinasi. Selain siswa, para tenaga pendidik dan warga sekolah lainnya juga wajib untuk telah mengikuti vaksinasi hingga dosis kedua. Mengingat banyaknya orang dalam satu ruangan, vaksin COVID-19 dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu dari paparan virus, sehingga dapat mengurangi resiko penularan. 

Akan tetapi, jika kamu belum bisa melakukan vaksinasi karena ada pertimbangan kesehatan atau alasan lain, kamu bisa membawa surat keterangan dari rumah sakit untuk kamu tunjukkan kepada gurumu.

2. Menggunakan Masker Selama Proses Pembelajaran

persiapan sekolah tatap muka https://www.pexels.com/photo/woman-in-gray-coat-wearing-white-face-mask-3985179
Meski senang bertemu teman-teman, tetap gunakan maskernya ya!

Tentu saja benda penting yang satu ini wajib banget kamu gunakan selama belajar di sekolah. Baik siswa, guru, dan warga sekolah lainnya, semuanya harus menggunakan masker loh. Seperti prokes yang sudah kita pahami bersama, masker yang bisa kamu kenakan adalah masker medis, KN95, N95, atau KF94. Boleh juga melakukan double mask dengan cara melapisi masker medis dengan masker kain.

Tidak lupa juga untuk membawa masker cadangan, agar bisa kamu ganti secara berkala saat masker mulai terasa lembab atau basah.  Selanjutnya, jika kamu ingin menggunakan face-shield dan membawa hand sanitizer sendiri pun boleh banget, supaya semakin aman nih!

3. Jangan Lupa untuk Membawa Bekal Ya!

persiapan sekolah tatap muka https://www.pexels.com/photo/lunch-boxes-near-notebooks-on-table-5905683/
Bawa makanan dan minuman secukupnya saja!

Meskipun warga sekolah sudah wajib vaksin, akan tetapi kantin sekolahmu masih belum boleh beroperasi nih. Begitu juga dengan pedagang makanan di depan sekolah yang masih tidak boleh berjualan di lingkungan sekolah untuk memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus.

Oleh karena itu, lebih baik kamu membawa bekal sendiri dari rumah ya! Selain lebih sehat dan mengenyangkan, anggap saja ini sebagai bentuk penghematan uang jajan. Jangan lupa juga untuk membawa air minum yang cukup, supaya kamu tidak dehidrasi dan bisa fokus belajar. Oh iya, tidak boleh bertukar makanan dengan bekal temanmu ya!

Baca juga: Anak SMA Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Ikut Pertukaran Pelajar Bareng Program AFS!

4. Alat Tulis dan Bukumu Tidak Boleh Tertinggal Nih

persiapan sekolah tatap muka https://www.pexels.com/photo/spiral-notebook-pencils-and-paper-clips-flatlay-5088017/
Senang gak akhirnya tidak menatap layar lagi untuk belajar?

Terakhir, yang gak boleh ketinggalan adalah alat tulis dan buku pelajaran dong? Alasannya ada dua nih, pertama, meskipun kapasitas kelas sudah bisa lebih banyak dari sebelumnya, tetap saja antar meja siswa dengan siswa lainnya akan berjarak. Dengan begitu, jika kamu ingin pinjam-meminjam barang akan merepotkan bukan?

Kedua, sudah pasti untuk menghindari penyebaran virus melalui benda-benda itu dari tangan satu orang ke tangan orang yang lain. Jadi, sebelum berangkat ke sekolah, silakan cek kembali isi tasmu ya, untuk memastikan semuanya sudah lengkap!

Baca juga: 5 Tips Menghadapi Kehidupan Kampus Buat Maba!

Itu dia persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sekolah tatap muka. Meskipun kamu senang dan bersemangat untuk kembali ke sekolah dan bertemu teman-teman, tetap patuhi protokol kesehatan dan aturan di sekolahmu ya! Ingat, penyebaran virus COVID-19 masih belum berhenti nih! Jadi, ikuti prokes dan selalu jaga kesahatan yaa!

Gak kerasa, UTBK semakin dekat saja. Yuk, ikutan bimbel online bareng SimulasiKu.id! Ada banyak video materi yang bisa kamu tonton, dan latihan-latihan soal untuk menguji kemampuanmu. Eits, ada Try Out UTBK juga loh! Coba cek website-nya deh!

Baca juga: 5 Persiapan Hari Pertama Kuliah untuk Mahasiswa Baru, Yuk Jadi Maba Keren!

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us