SBM ITB, Sekolah Bisnis Kelas Dunia untuk yang Mau Jadi Wirausahawan

Dewasa ini, kehidupan manusia tampaknya semakin sulit terlepas dari ekonomi. Perkembangan ekonomi dan globalisasi ini tentu sejalan dengan makin berkembangnya lingkungan berbisnis di dunia. Perguruan tinggi pun berbondong-bondong mendukung gerakan tersebut dengan membuka sekolah bisnis, SBM ITB adalah salah satunya.

Buat yang ingin mengasah pemikiran khas entrepreneur, mengembangkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan, hingga terjun ke lapangan bisnis saat masih berada di bangku akademik, tentu sekolah bisnis ini dapat menjadi pilihan yang bukan cuma alternatif, tetapi juga terbaik. Daripada penasaran, yuk, simak sama-sama informasi tentang serba-serbi SBM ITB di bawah ini!

1. Apa Itu SBM ITB?

Apa Itu SBM ITB?. Pexels
Awalnya, program MBA hanya terdapat di Departemen Teknik Industri

SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung) adalah sekolah yang berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung yang berfokus pada pembelajaran bidang bisnis dan manajemen.

Pada awalnya, ide seputar pentingnya edukasi di bidang bisnis dan manajemen mulai muncul pada tahun 1970 sampai 1980-an di kalangan para dosen dan guru besar Departemen Teknik Industri. Namun, realisasinya baru berhasil terlaksana sebagian dengan pembentukan program MBA (Master of Business Administration) di bidang manajemen operasional. Inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya sekolah tersebut.

Pada tahun 2002, pembentukan konsep sekolah ini baru mulai menjadi bahan diskusi. Visi, misi, dan media pembelajaran menjadi topik diskusinya. Ahasil, terbentuklah sebuah tim yang bertugas merumuskan bahasan tadi.

Kemudian pada tahun 2003, akhirnya terbentuklah SBM ITB yang mulai menerima mahasiswa ajar setahun setelahnya, yakni pada Agustus 2004. Kata “sekolah” sendiri mengacu pada otonomi yang institusi ini miliki untuk mengatur proses pembelajarannya sendiri.

Sampai sekarang, sekolah bisnis yang satu ini memiliki 2 program studi (prodi) sarjana, yaitu prodi Manajemen dan prodi Kewirausahaan. Apa, sih, yang dipelajari di sana? Yuk, scroll ke pembahasan berikutnya!

2. Program Studi SBM ITB

Program Studi SBM ITB. Pexels
Banyak mata kuliah yang melibatkan proyek tim

SBM ITB memiliki prodi Manajemen dan prodi Kewirausahaan. Keduanya sebenarnya mirip, tetapi terdapat perbedaan mendasar. Pada prodi Manajemen, Sobat akan berlatih mengelola segala macam sumber daya pada bisnis yang sudah wellestablished atau ‘stabil’. Sementara itu, prodi Kewirausahaan tidak hanya berfokus pada bagaimana caranya mengelola, tetapi juga membangun bisnis dari nol.

Mata kuliah yang Sobat pelajari tentu tidak jauh-jauh dari dunia bisnis, seperti Statistika Bisnis, Marketing, Finance, Matematika Bisnis, Akuntansi, Manajemen Sumber Daya, hingga komersialisasi produk.

For your information, pada prodi Manajemen, ada khusus double degree-nya, lo! Namanya adalah Bisnis Internasional. Jadi, di tahun ke-3 nanti, kamu akan berkesempatan kuliah di luar negeri selama 1 tahun. Keren banget, kan?

Baca juga: Jurusan Akuntansi atau Manajemen Bingung Pilih Mana? Berikut Jawabannya!

3. Unggul dan Berprestasi

Harvard Business School, MIT Sloan, dan INSEAD. Pexels
Di SBM ITB, kamu akan “dipaksa” membuka bisnis dalam waktu singkat

Lantas, apa yang membuat SBM ITB layak disejajarkan dengan sekolah bisnis lainnya, seperti Harvard Business School, MIT Sloan, dan INSEAD? Pastinya, karena sekolah bisnis ini memiliki banyak keunggulan. Berikut informasi selengkapnya:

  • Pada QS World University Rankings by Subject 2021: Business & Management Studies, SBM ITB meraih peringkat 251-300 sedunia.
  • SBM ITB adalah sekolah bisnis dan manajemen terbaik di Indonesia menurut THE World University Ranking 2019.
  • Sekolah ini sudah terakreditasi internasional ABEST dan AACSB, keduanya adalah akreditasi internasional di bidang sekolah bisnis.
  • Seperti namanya, SBM ITB memiliki otonomi untuk melakukan pendekatan dalam bidang pengajaran supaya sesuai dengan output harapan.
  • Dosen yang terbuka dan ramah serta senang sharing. Pada beberapa perkuliahan, terdapat dosen tamu yang ahli di bidangnya dan merupakan praktisi.
  • Terdapat praktik harus membuat bisnis. Tugas ini wajib dan memang terkesan “memaksa” para mahasiswanya, tetapi menjadi pengalaman terjun langsung ke lapangan.

4. Jalur Masuk SBM ITB

Jalur Masuk SBM ITB. Pexels
Jalur masuk ke SBM ITB hanya melalui SNMPTN dan SBMPTN

Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, masuk ITB bisa melalui jalur SBMPTN, SNMPTN, dan Mandiri. Namun, pada SBM ITB, Sobat hanya bisa masuk melalui 2 jalur, yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja.

Selain itu, UKT (uang kuliah tunggal) yang Sobat harus bayarkan juga sudah ditentukan sehingga kamu tidak bisa melakukan negosiasi seperti pada perguruan tinggi negeri umumnya. Walaupun begitu, mengingat ini adalah sekolah bisnis terbaik di Indonesia, akan ada banyak beasiswa yang siap membantumu. Jadi, coba aja dulu!

5. Wajib Dipilih oleh Kamu yang Mau Jadi Wirausahawan

sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Pexels
Tidak berlebihan menyebut SBM ITB sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia

Dengan berbagai keunikan dan keunggulan dari SBM ITB, sangat wajar jika sekolah ini mendapat predikat sekolah bisnis terbaik di Indonesia. So, untuk yang pengin jadi wirausahawan, butuh dorongan atau mentor dalam membangun bisnis, atau mau menjadi bagian dari tim manajerial suatu perusahaan, tempat ini cocok banget buat kamu. Walaupun begitu, karena UKT-nya tidak bisa berubah, persiapkan biayanya dengan saksama, ya!

Gimana, Sobat? Fasilitas, infrastruktur, dan metode pembelajaran di SBM ITB keren semua, kan? Namun, karena hanya ada 2 jalur masuk dan peminatnya banyak, Sobat SimulasiKu harus mempersiapkan diri lebih serius lagi, nih!

Meskipun begitu, gak perlu takut karena SimulasiKu bakal menemani Sobat semua! Dengan masuk ke lamannya di simulasiku.id, kamu akan menemukan banyak media pembelajaran, seperti video materi yang lengkap, bimbel intensif, dan juga event try out. Untuk detailnya, mending Sobat cek aja sendiri!

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Sekolah Vokasi UGM, Langsung Siap Kerja?

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us