Rekomendasi Timeline Persiapan UTBK-SBMPTN untuk Gapai Kampus Impianmu!

Punya timeline persiapan UTBK itu penting loh! Dengan punya timeline, agenda belajarmu jadi bisa teratur. Selain itu, kamu bisa memprioritaskan materi mana yang akan kamu pelajari terlebih dahulu. Apalagi, kalau kamu berminat lintas jurusan, entah itu dari Saintek ke Soshum atau sebaliknya, punya timeline belajar bakal banyak membantumu.

Nah, kali ini ada rekomendasi timeline persiapan UTBK-SNMPTN buat kamu! Tentunya untuk mendukungmu menggapai kampus impian!

1. November-Desember: 4 Bulan Sebelum UTBK, Atur Persiapanmu!

Timeline Persiapan UTBK bulan november
Desember: Perayaan Akhir Tahun dan Babak Awal Timeline Persiapanmu!

November-Desember, 4 bulan sebelum pelaksanaan UTBK. Pada bulan ini, kamu bisa memulai menentukan kelompok ujian yang akan kamu ambil. Jika, sudah menentukan kelompok ujiannya, maka kamu bisa menyusun prioritas materi UTBK yang akan kamu pelajari.

Menyusun skala prioritas untuk materi UTBK itu penting. Kenapa? Sebab kamu juga harus tau sejauh mana pemahamanmu akan mater-materi yang ada. Hal itu akan menentukan agenda belajarmu secara keseluruhan. Dengan kata lain, prioritas mapel yang akan dipelajari dan kelompok ujian kamu pilih adalah poin penting yang menjadi dasar susunan timeline-mu.

2. Januari: 3 Bulan Sebelum UTBK, Mulai Fokus Belajar

Fokus pada persiapan utbk
Januari: Awali Tahun dengan Persiapan UTBK

Tiga bulan menuju pelaksanaan UTBK. Euforia perayaan tahun baru telah mereda. Hal itu menjadi tanda bahwa kamu harus fokus untuk persiapan UTBK. Dengan demikian, mengurangi kegiatan yang nggak penting-penting amat itu jadi langkah yang bijak. 

Mulai bulan Januari, tabungan pemahaman materi harus mulai gencar kamu cicil dengan belajar. Eits, jangan jadikan agenda persiapan ini jadi beban ya, fren! Ingat, kamu punya teman. Nah, teman-temanmu bisa turut menyemarakkan detik-detik persiapanmu.

3. Februari: Ikut Tryout UTBK Secara Rutin Agar Persiapan Semakin Matang

Timeline persiapan UTBK dengan tryout
Februari, kamu bisa variasikan persiapanmu dengan ikut tryout

Bulan Febuari merupakan dua bulan menjelang pelaksanaan UTBK. Seharusnya sih, tabungan pemahaman materi UTBK-mu sudah mulai menggunung. Dengan demikian, kamu bisa mengikuti try out UTBK untuk menilik sejauh tingkat pemahamanmu. Tryout dengan keberagaman soal-soalnya juga bisa jadi kisi-kisi. Mantab, nggak tuh?

Ada baiknya kamu mengikuti tryout lebih dari satu kali. Dengan rutin mengikuti tryout, kamu bisa terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK. Ingat, soal-soal Ujian Masuk Berbasis komputer itu punya karakteristik HOTS (Higher Order Thinking Skills)

4. Maret: Satu Bulan Sebelum UTBK, Jadwal Belajar Semakin Intens

Satu bulan menjelang UTBK, tetap belajar dan jaga kesehatan ya, fren!

Maret, satu bulan sebelum ujian. Dengan demikian, jadwal belajarmu jadi semakin intens. Namun, jangan terlalu memforsir dirimu secara berlebihan. Kesehatanmu juga penting untuk dijaga. Jangan sampai kamu jatuh sakit ya, gengs! Apalagi, kalau kamu sampai merasa stres. Sekali-kali kamu boleh meluangkan waktu untuk meretas rasa penatmu. Misalnya, ketemuan dan nongkrong sama teman-temanmu.

Oiya, hasil tryout yang kamu ikuti bakal banyak membantu pada bulan ini. Dari pengalaman dan hasil tryout yang kamu ikuti, kamu bakal tau materi yang belum kamu kuasai. So, kamu bisa fokus belajar ke materi tersebut. 

5. April-Mei: Pelaksanaan UTBK, Sudah Siapkah Kamu?

UTBK telah tiba! Pastikan dirimu sudah siap!

April-Mei, biasanya ujian akan digelar pada dua bulan tersebut. Pertanyaannya, sudah siapkah kamu? Nah, untuk menjawabnya kamu bisa bagi persiapan menjadi dua bentuk. Pertama, persiapan akan materi yang sudah kamu lakukan pada bulan-bulan sebelumnya. Kedua, persiapan persyaratan ikut UTBK.  Dokumen-dokumen penting harus kamu siapkan, jangan sampai ada yang kurang. 

Berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian. Yakinlah, jerih payahmu pada bulan-bulan sebelumnya akan berbuah manis saat pelaksanaan ujian. Tabungan pemahaman materi lewat proses belajarmu pasti akan banyak membantumu.

6. Juni: Pengumuman UTBK, Garis Finish dari Timeline Persiapanmu

Siapkan Opsi Alternatif di sela-sela pengumuman UTBK

Mei, selepas pelaksanaan ujian. Biasanya hasil ujian, akan diumumkan pada bulan ini. Dengan demikian, ini ada garis finish dari masa-masa persiapanmu untuk UTBK. Namun, ada baiknya informasi dari kampus impian yang ingin kamu gapai sudah kamu kantongi. Baik itu informasi terkait daya tampung, maupun ujian mandiri kampus tersebut. So, kamu bisa bikin pilihan opsi alternatif dari informasi tersebut.

Jika hasil akhir menunjukkan kamu diterima oleh salah satu kampus incaranmu, berarti ‘timeline persiapan UTBK’ sudah resmi berganti jadi ‘time persiapan kuliah’. Sedangkan, jika hasil kurang memuaskan, masih ada jalur ujian mandiri yang bisa kamu ikuti. Apapun hasilnya tetaplah semangat, fren!

So, itulah rekomendasi timeline persiapan UTBK yang bisa kamu pakai. Adabaiknya sih timeline ini kamu sesuaikan dengan dirimu sendiri. Terlebih lagi, jangan lupa untuk menilik informasi terkait SBMPTN di web resmi LTMPT.

Oiya, SimulasiKu punya bimbel online dan tryout yang bisa jadi teman persiapanmu menggapai kampus impian nih! Silahkan mendaftar ya, fren!

Akhir kata, semangat ‘tuk menggapai kampus impianmu, Kamerad! 

Editor: Putri Zuhairah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us