3 Perbedaan Utama SMA dan SMK, Sudah Tahu Belum?

Setelah selesai dari SD, lanjut ke SMP. Lalu, lulus dari SMP sobat Simulasiku sudah tahu belum mau lanjut ke SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)? Nah, sebenarnya kedua jenjang pendidikan ini memiliki beberapa perbedaan utama. Tidak hanya dari nama saja, tapi juga hal-hal mendasar lainnya juga berbeda. Sobat wajib banget tahu agar nanti tidak salah pilih. Penasaran apa saja yang berbeda? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Sistem Pendidikan SMA dan SMK

perbedaan sma dan smk https://www.pexels.com/id-id/foto/guru-wanita-yang-ketat-dengan-buku-yang-menunjuk-ke-papan-tulis-coretan-3771074/
Belajar Teori Secara Umum

Perbedaan pertama adalah sistem pendidikan. Di SMA sobat akan lebih banyak belajar secara teori sama seperti ketika sobat masih SMP. Pendidikan SMA cenderung untuk mempersiapkan sobat yang ingin lanjut ke perguruan tinggi. 

Sebaliknya, kalau kamu masuk SMK kamu akan belajar tidak hanya teori, tapi juga praktik. Mengapa seperti itu? Sebab lulusan SMK diharapkan dapat segera terjun ke dunia kerja. Meskipun demikian, baik itu lulusan SMA atau SMK pasti mendapat peluang yang sama untuk membangun karier impian masing-masing dan masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Jadi, tetap semangat ya, sobat Simulasiku! 

2. Jurusan di SMK Lebih Bervariasi daripada SMA

perbedaan sma dan smk https://www.pexels.com/id-id/foto/perekam-kamera-hitam-66134/
Belajar Broadcasting? Di SMK aja!

Perbedaan yang kedua adalah jurusan. Ketika sobat masuk SMA atau SMK kelas satu, para guru akan memberikan ujian untuk mengetahui jurusan mana yang tepat untuk kamu. Pilihan jurusan pada umumnya ada dua: IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Sebaliknya, di SMK ada banyak pilihan jurusan. Contoh:

SMK Seni Industri Kreatif memiliki lima program kejuruan, yaitu:

  1. Tari
  2. Pedalangan
  3. Teater
  4. Karawitan
  5. Broadcasting dan Film

Jika sobat ingin memfokuskan diri untuk mempelajari bidang yang disukai, SMK bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Tetapi, jika sobat ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan belajar lebih mendalam tentang teori-teori yang dipelajari di sekolah, SMA adalah jawabannya.  

3. Masa Pendidikan

perbedaan sma dan smk  
https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-mengenakan-jaket-jas-coklat-3184339/
Ingin segera siap kerja? Masuk SMK aja!

Perbedaan antara SMA dan SMK yang terakhir adalah masa pendidikan. Pada awalnya, durasi belajar SMA dan SMK itu sama, yaitu 3 tahun. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merubah peraturan ini. Sehingga, sekarang untuk SMA waktu belajarnya selama 3 tahun dan SMK selama 4 tahun. 

Apa alasan Kemendikbud mengubah peraturan lama? Alasannya kembali lagi pada tujuan pendidikan SMK yaitu untuk menghasilkan lulusan siap kerja. Oleh karena itu, pada tahun ke-4 para murid SMK akan menjalani magang di industri yang sesuai dengan kejuruan mereka.

Itu tadi adalah poin-poin utama yang membedakan antara SMA dan SMK. Kesimpulannya adalah jika sobat Simulasiku ingin fokus pada satu hal dan lebih senang dengan praktik daripada teori, maka sobat bisa memilih SMK. Namun, jika sobat ingin mempelajari teori lebih dalam, SMA adalah pilihan yang tepat. 

 
Nah, ngomong-ngomong soal belajar apakah sobat SimulasiKu sudah tahu tips-tips belajar yang efektif untuk menghadapi ujian? Kalau belum tahu, sobat bisa kunjungi kanal YouTube Simulasiku atau ikut kelas online Simulasiku. Belajar akan jadi menyenangkan jika sobat sudah tahu cara terbaik untuk belajar!

Editor: Ryfa Ayu Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us