Perbanas Institute: Info Kampus, Program Studi, dan Biaya Kuliahnya

Nama Perbanas Institute mungkin sudah tidak perlu kita ragukan lagi dalam kancah pendidikan tinggi Indonesia, terutama di bidang keuangan-perbankan dan informatika. Perbanas Institute adalah Yayasan Pendidikan yang didirikan oleh Perbanas, yakni organisasi yang menjadi payung industri perbankan nasional.

Sobat SimulasiKu sendiri sudah tahu belum, nih? Kalau belum, yuk, kenalan lebih jauh dengan kampus keren yang satu ini, mulai dari informasi kampus, program studi, hingga benefit yang akan kamu dapatkan bila berkuliah sana. Simak informasinya sampai akhir, ya!

Sejarah dan Prestasi

Perbanas Institut unggul di bidang perbankan
Perbanas Institute, kampus unggulan di bidang perbankan

Berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Perbanas (Perhimpunan Bank-Bank Nasional), Perbanas Institute merupakan perguruan tinggi swasta di bidang keuangan, perbankan, dan informatika yang berdiri sejak 19 Februari 1969. Kampus yang dahulu bernama ABFI Institute Perbanas ini berlokasi di kawasan segitiga emas bisnis Jakarta dan pusat kota Bekasi.

Dengan moto “Envision Your Future, Today“, Perbanas Institute berkomitmen menghadirkan berbagai kurikulum perbankan yang mudah diaplikasikan di masa kini maupun mendatang.

Perlu kamu tahu, Perbanas juga memiliki segudang prestasi, antara lain penghargaan sebagai institute terbaik di Jakarta dari Kemenristek Dikti pada tahun 2016 dan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2020 lalu untuk prodi S-1. Tak hanya itu, berdasarkan hasil Tracer Studi, 88% mahasiswa Perbanas Institute mendapat pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah lulus. Keren, bukan?

Baca juga: 7 Pekerjaan Online untuk Pelajar SMA, Sobat Gap Year Wajib Tahu!

Mengapa Perbanas Institute Layak Jadi Pertimbanganmu?

fasilitas penunjang kuliah di Perbanas Institute
Perbanas memiliki banyak fasilitas untuk menunjang perkuliahan

Berkuliah di Perbanas Institute akan memberikanmu kesempatan untuk memperoleh pengajaran dari dosen yang kompeten di bidangnya, di mana sebagian besar bergelar magister atau doktor dan merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, benefit lainnya yang akan kamu dapatkan bila berkuliah di Perbanas Institute, yaitu:

  • Kesempatan mendapatkan beasiswa untuk program studi pilihan.
  • PTN Guarantee, berupa pengembalian dana saat resmi menjadi mahasiswa di PTN atau kedinasan.
  • Potongan biaya pendaftaran gelombang.
  • Layanan akademik berbasis teknologi informasi.
  • Laboratorium (termasuk Lab. Praktikum Bank Umum/ Syariah) dan dealing room.
  • Fasilitas memadai lainnya yang mendukung perkuliahan.

Fakultas dan Program Studi

Fakultas dan Prodi
Teknik Informatika, salah satu prodi di Perbanas Institute

Perbanas Institute menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari diploma (D-3), sarjana (S-1), hingga pascasarjana (S-2). Berikut ini daftar fakultas dan program studi jenjang D-3 dan S-1 yang bisa jadi pilihanmu:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

  • Akuntansi (S-1)
  • Manajemen (S-1)
  • Ekonomi Syariah (S-1)
  • Akuntansi Perpajakan (D-3)
  • Keuangan dan Perbankan (D-3)

2. Fakultas Teknologi Informasi:

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Kesehatan Paling Menjanjikan Selain Kedokteran, Apa Saja?

Biaya Kuliah dan Beasiswa

biaya kuliah di Perbanas Institue
Terdapat beasiswa di Perbanas yang bisa meringankan biaya kuliahmu

Untuk jenjang S-1, kamu akan dibebankan uang pangkal dengan kisaran Rp19,5 juta hingga Rp24,5 juta dan biaya per semester dengan rentang Rp2,5 juta hingga Rp8,5 juta. Sedangkan untuk program D3 memiliki kisaran biaya Rp14,5 juta sampai dengan Rp17,5 juta. Namun, bagi kamu yang memiliki kendala dalam keuangan, tak perlu khawatir karena Perbanas juga menyediakan beasiswa yang bisa kamu dapatkan sebagai calon mahasiswanya. 

Secara umum, terdapat tiga jenis beasiswa yang bisa kamu peroleh, yakni Beasiswa Prestasi Akademik, Prestasi Atlet, dan Bidikmisi. Dari segi akademik, beasiswa ini akan diberikan kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik dengan mendapatkan peringkat 1-5 di kelas pada semester 5. 

Oiya, tersedia satu beasiswa khusus dari Asosiasi Perbanas, yaitu berupa bebas uang pangkal dan uang semester I.

Sementara itu, untuk bidang nonakademik, tentunya Sobat harus memiliki prestasi di bidang olahraga atau seni dengan menyertakan sertifikat asli dari prestasi yang sudah kamu raih. Untuk informasi lebih lengkap mengenai biaya kuliah dan persyaratan berkas untuk pendaftaran beasiswa, kamu bisa membacanya di situs resmi Perbanas.

Itulah serba-serbi Perbanas Institute, mulai dari info kampus, jurusan, hingga biaya kuliahnya. Sebagai informasi tambahan, Perbanas juga memiliki pusat karier dengan program yang bertujuan untuk menyiapkan mental, soft skill, dan hard skill, serta menyalurkan mahasiswa maupun lulusannya ke berbagai kesempatan magang atau bekerja di berbagai lembaga berkualitas.

Nah, agar kamu bisa masuk ke kampus keren seperti Perbanas, yuk, belajar bersama SimulasiKu! Kamu bisa mengakses berbagai video materi maupun mengikuti bimbel intensif UTBK dan try out online setiap minggunya.

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us