Mengenal Jurusan Teknik Fisika, Jurusan Teknik yang Fisika Banget!

Apa, sih, yang terkenal dari jurusan-jurusan keteknikan? Tentu, materi fisikanya. Namun, ternyata ada, lo, jurusan teknik yang fisika, banget. Namanya adalah Teknik Fisika. Kira-kira, apakah program studi (prodi) ini hanya mempelajari fisika dasar atau malah keteknikan secara umum, ya?

Terus, apa perbedaannya dengan jurusan saudaranya di ilmu murni? Apa bedanya dengan jurusan lain di fakultas yang sama? Kalau penasaran, mending scroll terus karena Sobat akan mendapat penjelasan tentang arti “fisika” dari nama jurusan tersebut. Check it out!

1. Teknik Fisika, Penghubung Semua Jurusan Keteknikan

Teknik Fisika, Penghubung Semua Jurusan Keteknikan. Pexels
Teknik Fisika menghubungkan berbagai jurusan teknik

Sebenarnya, di luar negeri, Teknik Fisika setara dengan Engineering Physics. Jadi, seharusnya jurusan ini bernama “Fisika Rekayasa/Keteknikan”. Meskipun punya julukan yang berbeda, isi dari Teknik Fisika dan Engineering Physics tetaplah sama. Penambahan kata “teknik” kemungkinan supaya bisa masuk ke fakultas serupa.

Lantas, apakah ada perbedaan dengan jurusan engineering lainnya? Sesuai namanya, Teknik Fisika tentu mempelajari fisika, tetapi dalam tujuan untuk mengembangkan solusi bagi permasalahan umat manusia. Jurusan ini seperti menjadi “lem” bagi jurusan-jurusan teknik lainnya supaya terhubung satu sama lain.

Walaupun begitu, Sobat tidak mempelajarinya sebagai satuan-satuan yang terpisah. Justru, semuanya digabung menjadi satu untuk membuat berbagai instrumentasi untuk kebutuhan inovasi umat manusia. Dalam hal ini, yang paling umum adalah industri.

2. Mata Kuliah Jurusan Teknik Fisika

Mata Kuliah Jurusan Teknik Fisika. Pexels
Mata kuliah Teknik Fisika mempelajari banyak materi dari jurusan teknik lain

Teknik Fisika memiliki banyak hulu, tetapi bermuara pada satu fokus: menciptakan alat-alat untuk kebutuhan umat manusia dengan fokus pada alat instrumentasi. Walaupun begitu, banyak perguruan tinggi yang juga memberikan pilihan konsentrasi bagi para mahasiswanya, meliputi Fisika Bangunan, Instrumentasi, Sistem Kontrol, Elektronika, Material, dan Energi.

Mata kuliahnya terbagi menjadi fisika teoretik dan fisika terapan. Fisika teoretik berguna sebagai landasan dasar dalam memahami bagaimana proses rekayasa dapat terjadi. Untuk bagian teoretiknya, terdapat Elektromagnetika, Mekanika, Gelombang, Termodinamika, Fisika Material, dan Fisika Modern.

Untuk mata kuliah terapan, Sobat akan menjumpai Fisika Bangunan, Pemrosesan Sinyal, Sistem Digital, Pengantar Informatika, Sistem Fotonika, Pengolahan Data, Akustik, Energi Baru dan Terbarukan, dan Sistem Audio.

Baca juga: Wajib Tahu! Serba-Serbi Jurusan Teknik Fisika

3. Cocok untuk Kamu yang Bagaimana?

fisika adalah penekanan utama di sini. Pexels
Teknik Fisika melihat teknologi rekayasa sebagai suatu proses besar

Seperti kita ketahui sebelumnya, Teknik Fisika memiliki beragam hulu yang mengarah kepada beberapa konsentrasi. Oleh karena itu, mata kuliah di dalamnya banyak yang merupakan perpaduan dari beberapa jurusan dalam fakultas yang sama. 

Untuk yang ingin melihat dunia rekayasa sebagai suatu bingkai besar dan terdiri dari banyak proses berbeda-beda yang terkait, jurusan ini cocok buat kamu. Namun, apabila kamu ingin memperdalam pemahaman di salah satu proses tertentu, seperti elektronika, bangunan, dan sebagainya, lebih baik pilih jurusan keteknikan lain.

Selain itu, seperti namanya, fisika sangat ditekankan di sini. Alhasil, akan ada banyak perhitungan. Dalam hal ini, Sobat SimulasiKu harus senang dengan fisika dan segala perhitungannya yang terkenal kompleks kalau berminat masuk ke jurusan ini.

4. Prospek Kerja

Prospek Kerja. Pexels
Salah satu karier lulusan Teknik Fisika adalah perekayasa optik

Karena melihat dunia rekayasa sebagai sebuah proses besar, lulusan Teknik Fisika dapat menempati posisi beragam di dalam dunia industri. Selain itu, para lulusannya juga tetap dapat menjadi fisikawan sebagai cadangan jika kekurangan lulusan Fisika.

Adapun beberapa posisi yang dapat diisi oleh anak Teknik Fisika adalah

  • teknisi laboratorium,
  • teknisi mesin industri,
  • fisikawan,
  • desainer mesin,
  • engineer supervisor,
  • engineering consultant,
  • process engineer,
  • system engineer,
  • optical engineer, dan
  • electrical engineer.

5. Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Fisika

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Fisika. Pexels
Teknik Fisika tidak sepopuler jurusan teknik lainnya

Terdapat beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Teknik Fisika. Walaupun tidak semua, beberapa pilihan perguruan tinggi di bawah ini layak menjadi pertimbanganmu. Berikut daftar selengkapnya:

  • ITERA (Institut Teknologi Sumatera)
  • UGM (Universitas Gadjah Mada)
  • Telkom University
  • UMN (Universitas Multimedia Nusantara)
  • ITB (Institut Teknologi Bandung)
  • ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Sekarang, Sobat sudah mengenal Teknik Fisika lebih dekat. Jurusan ini wajib banget menjadi pertimbanganmu terlebih karena materi dan pengetahuannya yang begitu luas. Namun, kalau belum yakin, kamu masih punya waktu, kok, untuk memutuskan mau masuk mana sebelum mendaftar UTBK-SBMPTN.

Setelah mendaftar, baiknya Sobat lanjutkan dengan belajar. Urusan belajar, SimulasiKu jagoannya, nih! Di sana, terdapat video materi hingga try out yang bisa kamu coba. Yuk, kunjungi simulasiku.id untuk mendapatkan benefit dari berbagai media pembelajaran yang disediakan!

Baca juga: 4 Jurusan Teknik untuk Kamu yang Suka Biologi

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us