Mengenal Jurusan Ilmu Komputer, Cocok buat Kamu yang Tertarik Dunia IT

Mengakarnya teknologi informasi alias information technology (IT) dalam kehidupan masyarakat membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam. Di Indonesia sendiri, sudah ada jurusan kuliah yang menawarkan pembelajaran tentang IT, salah satunya adalah jurusan ilmu Komputer.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentangnya, simak ulasannya di bawah ini, yuk! Sedikit bocoran, bidang ini ternyata juga menawarkan prospek kerja menjanjikan di masa kini dan masa depan, lo!

1. Apa Itu Jurusan Ilmu Komputer?

Apa Itu Jurusan Ilmu Komputer?
Ilmu Komputer mempelajari bagaimana mengoptimalkan kinerja komputer

Secara definisi, jurusan Ilmu Komputer adalah jurusan kuliah yang mempelajari tentang bagaimana membuat komputer mampu mengatasi permasalahan di dunia nyata secara efisien dan efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu harus memberi komputer rangkaian program yang dalam bentuk bahasa pemrograman dengan perhitungan matematika. Oleh karena itulah, jurusan ini kerap dihubungkan dengan mempelajari bahasa pemrograman.

2. Apa Saja yang Dipelajari?

belajar bahasa pemrogaman dan matematika
Flowchart menjadi salah satu alat bantu mahasiswa dalam belajar membuat program

Pada awalnya, Sobat akan berkenalan dengan bahasa pemrograman dan bagaimana cara menggunakannya. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang sangat terstruktur sehingga penulisannya harus sangat mengikuti aturan yang berlaku. Sobat juga akan mempelajari cara memanfaatkan matematika agar komputer dapat menajalankan program yang kamu tulis secara efisien. Inilah yang menjadi alasan pentingnya kemampuan matematika dalam jurusan ini.

Setelah mengenal dasar bahasa pemrograman dan matematikanya, barulah mahasiswa mulai mempelajari topik yang lebih spesifik, seperti proses membangun internet, tahapan-tahapan dalam pembuatan software, cara membuat website, ataupun cara memprogram komputer agar dapat menjadi secerdas manusia.

Baca juga: Ketahui Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah, Penting!

3. Skill yang Kamu Butuhkan dalam Jurusan Ilmu Komputer

Skill yang Kamu Butuhkan dalam Jurusan Ilmu Komputer
Ilmu Komputer menekankan pada pentingnya berpikir kreatif dalam merancang program

Pada dasarnya, Ilmu Komputer mempelajari berbagai algoritme dan penerapannya dalam mengefisienkan kerja komputer. Algoritme sendiri merupakan rangkaian perintah yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mendukung kinerja komputer menjadi seefektif (agar cepat mengeksekusi program komputer) dan seefisien mungkin (komputer hanya memerlukan sumber daya yang minim), butuh pemikiran kreatif yang out of the box atau perhitungan matematika untuk merancang algoritme supaya bisa mencapai hasil yang seperti itu.

Selain gemar matematika dan pemikiran yang kreatif, kemampuan pemrograman atau programming juga dapat menjadi nilai tambah. Walaupun semua mahasiswa baru belajar pemrograman dari nol, memiliki kemampuan pemrograman sejak awal dapat mempercantik CV mahasiswa Ilmu Komputer karena banyak sekali tawaran magang untuk mahasiswa Ilmu Komputer, bahkan sejak semester 1.

4. Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer

Prospek Kerja
AI engineer menjadi salah satu pekerjaan yang sedang berkembang pesat

Keluasan bidang IT dan penggunaannya yang telah menjamur di segala bidang kehidupan ikut meningkatkan prospek kerja lulusan Ilmu Komputer. Berikut sejumlah prospek kerja lulusan Ilmu Komputer yang populer:

a. Software Developer

Seorang software developer bertugas mengetahui kebutuhan pengguna, mendesainnya dalam bentuk rancangan, mengaplikasikannya dalam bentuk kode program, mengetes software tersebut sebelum dipublikasikan, dan melakukan perbaikan apabila terdapat masalah. Biasanya software developer berfokus pada suatu perangkat dengan sistem operasi tertentu, baik itu android developer, windows developer, maupun iOS developer.

b. Web Developer

Tugas web developer cukup mirip dengan software developer. Hanya saja, program yang didesain berjalan pada arsitektur jaringan. Pada perkembangannya, web developer terbagi menjadi dua, yakni front end developer yang mengurusi tata letak tampilan website dan back end developer yang mengurusi algoritma transfer data dari server ke komputer pengguna.

c. AI Engineer

AI engineer punya kewajiban untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam suatu bidang sehingga bidang tersebut dapat berpikir dan menentukan pilihan layaknya manusia. Dalam meraih tujuannya tersebut, AI engineer harus menentukan model kecerdasan buatan dan algoritme apa yang cocok untuk diterapkan di bidang tersebut berdasarkan prinsip dan logika kecerdasan buatan yang sudah ada.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Jurusan Statistika, No. 3 Paling Banyak Dicari!

5. Lantas, Ilmu Komputer Cocok untuk Siapa Saja?

Ilmu Komputer Cocok untuk Siapa Saja?
Ilmu Komputer cocok untuk mereka yang berpikir kritis dan ingin belajar hal baru

Jurusan Ilmu Komputer cocok untuk calon mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang IT ataupun mata pelajaran matematika. Tidak harus sudah memiliki kemampuannya, yang penting tertarik di bidang tersebut saja dahulu. Selain itu, bidang ini juga cocok untuk mereka yang senang berpikir kritis dan senang belajar hal baru.

Akan tetapi, jurusan ini kurang cocok untuk mereka yang hanya ingin belajar Ilmu Komputer di bangku perkuliahan saja. Pasalnya, Ilmu Komputer adalah ilmu yang luas dan setiap hari selalu berkembang sehingga membutuhkan komitmen seumur hidup untuk mempelajarinya. Bidang ini juga kurang sesuai dengan orang yang anti matematika karena di dalamnya, kita akan banyak berkutat dengan matematika.

Itulah penjelasan seputar Ilmu Komputer. Bagaimana, nih, apakah ada yang mulai tertarik dengan bidang studi ini? Buat Sobat SimulasiKu yang tertarik masuk Ilmu Komputer setelah mengetahui informasi di atas, yuk, persiapkan dari sekarang!

For your information, nih, Sobat bisa mempersiapkan UTBK secara terencana lewat SimulasiKu, lo! Mulai dari video pembelajaran yang lengkap, bimbel intensif, hingga try out, semuanya tersedia. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cek website simulasiku.id!

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us