Mengenal Beasiswa Chevening: Beasiswa yang Akan Mengantarmu Kuliah S2 di Inggris!

Melanjutkan studi ke luar negeri adalah mimpi banyak orang. Selain untuk memperdalam keilmuan dari bidang yang ingin kamu geluti, juga untuk menambah wawasan akan kultur dan sosial masyarakat di luar negeri. “Tapi biayanya pasti mahal,” jangan khawatir! Setiap tahun akan selalu ada beasiswa yang menawarkan pendanaan penuh sehingga kamu tidak perlu lagi memusingkan biaya kuliah. Salah satunya adalah Beasiswa Chevening yang akan membantumu kuliah S2 di Inggris. Buat kamu yang sudah menyelesaikan studi S1 mu, yuk pelajari tentang Beasiswa Chevening!

1. Apa Itu Beasiswa Chevening?

Apa Itu Beasiswa Chevening? https://www.pexels.com/photo/person-holding-white-scroll-2292837/
Wujudkan Mimpimu Meraih Gelar Master dengan Beasiswa Chevening!

Beasiswa Chevening adalah adalah program beasiswa internasional pemerintah Inggris. Beasiswa ini menawarkan kesempatan untuk meraih gelar master pada program studi apapun dengan menyelesaikan masa studi satu tahun di Inggris. 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah pendanaan penuh biaya perkuliahan, uang saku bulanan, biaya perjalanan berangkat dan pulang dari Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan pulang, dan lainnya. 

Tentunya kamu juga akan mendapatkan akses masuk ke berbagai lembaga pendidikan terbaik di dunia, mengembangkan diri kamu secara profesional dan akademis, serta membangun jaringan eksklusif bersama lebih dari 50.000 anggota komunitas alumni global.

Program beasiswa ini terbuka untuk semua orang dari berbagai negara, sesuai dengan jargon mereka yaitu, “It doesn’t matter where you’re from, it’s where you’re going that counts.” Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar Beasiswa Chevening!

2. Apa Saja Persyaratannya?

Apa Saja Persyaratan Beasiswa Chevening? (https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-jacket-holding-books-3762800/)
Apakah Kamu adalah Orang yang Dicari?

Untuk bisa dipertimbangkan menjadi awardee Beasiswa Chevening, kamu harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Merupakan warga negara dari wilayah yang memenuhi syarat Chevening (Indonesia adalah salah satunya!)
  • Setelah menyelesaikan studi, kamu harus bersedia kembali ke negara asalmu selama minimal dua tahun.
  • Kamu harus sudah menyelesaikan gelar Sarjana agar bisa mendaftar program pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours. Nilai ini diperkirakan setara dengan IPK 3.33-3.67 di Indonesia. 
  • Kamu harus memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja (setara dengan 2.800 jam) saat kamu sedang atau setelah menyelesaikan studi Sarjana.

Sayangnya, kamu tidak bisa memenuhi syarat jika sebelumnya kamu sudah pernah menempuh pendidikan dengan beasiswa pemerintah Inggris. Persyaratan lainnya bisa kamu pelajari lebih lanjut di situs resmi Chevening.

3. Bagaimana Cara untuk Mendaftar?

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Chevening?
(https://www.pexels.com/photo/person-holding-gray-twist-pen-and-white-printer-paper-on-brown-wooden-table-955389/)
Yuk, Segera Mendaftarkan Diri!

Ada kabar baik nih untuk kamu yang berminat. Pendaftaran Beasiswa Chevening 2022 sudah dibuka sejak Agustus 2021 lho! Kamu bisa langsung registrasi akun Chevening dengan mendaftarkan e-mail serta melengkapi form data yang diminta, kemudian unggah dokumen aplikasi: paspor/KTP yang berlaku, ijazah dan transkrip universitas, surat unconditional offer, surat referensi mengenai kualifikasi akademik, dan biografi singkat dirimu sebelum tanggal 2 November 2021. 

Untuk mendapatkan surat unconditional offer kamu bisa mendaftar langsung ke tiga program studi di universitas Inggris ingin kamu tuju.  Cari ketersediaan program studi dan universitas yang kamu inginkan di situs resmi Chevening. Program studi tersebut harus memenuhi kriteria berikut:

  • Dimulai saat musim gugur (September/Oktober)
  • Mengarah ke kualifikasi gelar master
  • Berbasis di Inggris
  • Durasi studi lebih dari 9 bulan, namun tidak melebihi dari 12 bulan.

Terakhir, yang perlu kamu perhatikan setelah mengajukan beasiswa, lamaran beasiswamu akan menjalani penyaringan elektronik untuk diuji kelayakannya sesuai kriteria Chevening. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengisi data karena kamu tidak bisa mengubahnya lagi.

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu pelajari mengenai Beasiswa Chevening. Jika kamu adalah pribadi yang memiliki semangat, ide, dan pengaruh kuat untuk memberikan solusi agar dapat menciptakan masa depan yang lebih baik, maka kamu adalah orang yang Beasiswa Chevening cari! Nah, agar kamu lebih percaya diri saat mendaftar beasiswa ke luar negeri, jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dan menambah informasi dengan mengunjungi situs SimulasiKu.id

Editor: Saskia Trifidita

One thought on “Mengenal Beasiswa Chevening: Beasiswa yang Akan Mengantarmu Kuliah S2 di Inggris!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us