Belum Tahu Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa? Ini Jawabannya!

Kuliah merupakan masa dimana kamu berkesempatan mengeksplorasi banyak hal. Enggak cuman sekedar belajar, kamu juga bisa menekuni passion, mencari banyak teman, termasuk mengikuti organisasi. Beragam organisasi tersedia, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),  Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), hingga himpunan mahasiswa. Namun, tahukah kamu apa manfaat dari mengikuti organisasi? Berikut jawabannya, here we go!

1. Mengikuti Organisasi Akan Menambah Relasi

Salah satu manfaat organisasi adalah untuk menambah relasimu.
Mulai bangun relasi ketika kamu berkuliah

Salah satu manfaat terbesar bergabung ke dalam organisasi ialah menambah relasi. Kamu akan bertemu teman baru dari berbagai jurusan. Dalam dunia kampus, relasi merupakan hal penting yang harus kamu miliki. Relasi dapat membantu memudahkan kamu dalam beberapa hal. Misalnya, ketika memiliki kenalan kakak tingkat, kamu berkesempatan mendapatkan kisi-kisi soal ujian, bertanya materi yang belum kamu pahami, bahkan meminjam bukunya.

Melalui relasi pula kamu bisa membangun eksistensi diri. Apabila kamu memiliki rekam jejak yang baik dan mampu melaksanakan kewajiban organisasimu, maka seiring dengan itu eksistensimu terbangun. Enggak menutup kemungkinan muncul peluang buat mengikuti lomba, menjadi panitia acara, bahkan terlibat proyek bareng dosen. Who knows? Pokoknya jaring relasi sebanyak-banyaknya! 

2. Berorganisasi Menuntutmu Berlatih Mengatur Waktu

Berorganisasi menuntutmu untuk bisa menggunakan waktumu dengan baik.
Sudahkah kamu memiliki manajamen waktu yang baik?

Anggapan jika mengikuti organisasi membuat kuliahmu terbengkalai itu salah besar. Nyatanya, banyak orang mampu menjalani keduanya secara beriringan. Justru bersama organisasi inilah kamu akan belajar mengatur waktu. Bagaimana memilih serta memilah hal-hal prioritas dan bukan.

Aktif di organisasi juga menuntutmu untuk menghargai waktu. Setiap pertemuan ataupun rapat yang berlangsung biasanya tidak pernah terlambat! Kebiasaan-kebiasaan seperti inilah yang membentuk karakter disiplin waktu, membuat kamu jadi terbiasa di kehidupan sehari-hari. Bagaimana, semakin tertarik untuk ikut organisasi?

3. Manfaat Organisasi untuk Melatih Jiwa Kepemimpinan

Organisasi juga mengasah jiwa kepemimpinan.
Selama mengikuti organisasi, kamu dituntut untuk bisa memimpin

Manfaat selanjutnya yaitu melatih jiwa kepemimpinan. Walaupun di dalam organisasi jabatanmu bukanlah sebagai ketua atau pengurus inti, tetapi jiwa kepemimpinan tetaplah harus tertanam. Mungkin akan ada waktunya kamu dipercaya untuk memimpin sebuah diskusi, menjalankan program kerja (proker), atau mengorganisir teman-temanmu. Dalam momen itulah kamu berlatih menjadi pemimpin yang sebenarnya.

Selama mengikuti organisasi, kamu juga berlatih cara bertanggung jawab, mengambil keputusan yang tepat, memotivasi, hingga cara menghadapi masalah. Enggak perlu takut gagal, lawan rasa kurang percaya diri! Ketika kamu dipercaya memimpin sesuatu, berarti orang-orang menganggap bahwa kamulah yang paling tepat dan kompeten. So, jagalah kepercayaan itu gaes!

Baca Juga: 5 Trik Belajar Efektif dalam Waktu Singkat, Apa Saja?

4. Mempercantik CV Jadi Salah Satu Manfaat Ikut Organisasi

Mempercantik CV0mu dengan berbagai jenis pengalaman jadi manfaat organisasi berikutnya.
Mau kan punya pengalaman banyak di CV?

Selain menambah kemampuan soft skill, organisasi juga bakal bermanfaat ketika kamu mencari pekerjaan. Mungkin kamu masih merasa enggak ada untungnya ikut organisasi itu, banyak mengeluarkan duit, dan bikin capek. Namun percayalah, semua itu akan terbayar ketika melihat di lembar CV-mu tercantum beragam organisasi dan pengalaman. 

CV yang penuh dengan pengalaman organisasi bisa menambah kepercayaan diri kamu sewaktu bersaing mendapatkan pekerjaan ataupun beasiswa. Buat perekrut terkesan atas banyaknya pengalaman milikmu! Well, selagi berkuliah, manfaatkan semua peluang yang ada. Sejatinya, keberuntungan tercipta saat kesempatan bertemu dengan persiapan. 

5. Manfaat Organisasi untuk Melatih Kemampuan Komunikasi

Di organisasi, kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik.
Komunikasi adalah koentji dalam organisasi

Organisasi tentu tak lepas dari yang namanya komunikasi. Kamu akan sering rapat, brainstorming, atau sekedar koordinasi suatu hal. Itu semua harus dilakukan melalui komunikasi yang efektif.  

Sampaikan pesan dan informasi secara jelas agar orang lain dapat menerima dan memahaminya dengan baik. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir adanya mispersepsi. So, pastikan kamu belajar banyak soal kemampuan berkomunikasi selama berorganisasi! 

Itu dia 5 manfaat yang kamu peroleh saat mengikuti organisasi. Gunakan masa kuliah dengan hal-hal yang produktif. Nongkrong boleh, jalan-jalan juga silahkan, tetapi masa depan jangan sampai lupa. Ingat, penyesalan baru tiba di akhir waktu!

Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan diri masuk kampus, boleh banget ikutan try out dan kelas online dari SimulasiKu loh! Yuk cek website-nya!

Baca Juga: 5 Tips Belajar Anti Bosan Ala Jerome Polin

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us