Berminat Ikut Organisasi di Sekolah? Ini Manfaatnya!

Katanya masa-masa SMA adalah waktu yang paling menyenangkan. Selain belajar, kamu berkesempatan mendalami berbagai macam hal. Mulai dari bidang akademis, hobi, sampai organisasi. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata banyak manfaat ikut organisasi yang bisa kamu peroleh. Apa saja? Yuk simak artikel berikut!

1. Mengikuti Organisasi Melatihmu Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab

Kamu bisa jadi orang yang lebih bertanggung jawab dengan ikut organisasi.
Harga sebuah kebesaran ada di tanggung jawab

Selama bergabung dalam organisasi, tentunya ada banyak kegiatan atau program kerja yang kamu lakukan. Melalui momen itulah organisasi melatih anggotanya cara bertanggung jawab. Ketika dirimu menyatakan siap menerima tugas, maka komitmen itu harus dipegang betul-betul.

Kerjakan tugas semaksimal mungkin. Jangan sampai lari atau mencari kambing hitam sewaktu menemui masalah. Kamu harus siap dengan segala konsekuensi dan mau untuk berusaha menyelesaikannya. Ingat! Orang menaruh kepercayaan kepadamu, maka jagalah hal itu! Kalau kata ilmuwan Albert Einstein, harga sebuah kebesaran ada di tanggung jawab.

2. Salah Satu Manfaat Ikut Organisasi, Berlatih Mengatur Waktu

Berlatih mengatur waktu jadi salah satu manfaat ikut organisasi.
Membuat to-do list bisa memudahkanmu mengatur waktu

Anak organisasi harus siap dengan aktivitas yang lebih padat. Rapat dan banyak kegiatan acap kali dilakukan sehabis sekolah. Otomatis jam pulangmu sedikit lebih lama dari siswa lainnya. Bukan enggak mungkin pelajaranmu juga bisa ikut terganggu. Akan tetapi, kondisi seperti itu justru menuntutmu agar pandai dalam mengatur waktu. Kesibukan organisasi haruslah seimbang dengan aktivitas belajar. 

Buatlah jadwal harian atau to-do list lengkap beserta penjelasan detailnya. Selanjutnya, urutkan berdasarkan mana yang paling prioritas.  Alhasil, kamu enggak akan bingung saat menghadapi padatnya kegiatan. Oh ya, terakhir, manfaatkan waktu luang buat istirahat. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan okey!

Baca Juga: 5 Trik Belajar Efektif dalam Waktu Singkat, Apa Saja?

3. Membangun Kepercayaan Diri Jadi Manfaat Ikut Organisasi

Jangan malu terus, bangun kepercayaan dirimu lewat organisasi.
Tunjukan eksistensi dirimu, jangan malu!

Malu dan ragu merupakan perasaan yang lumrah dialami semua orang. Terlebih ketika dirimu hendak mencoba sesuatu yang baru. Sama halnya dengan berorganisasi, mungkin awalnya kamu merasa enggak mampu menjalaninya. Eits, jangan takut dulu! Justru kalau belum mencobanya, kamu malah enggak tahu apa kamu mampu atau tidak! Terus tantang dirimu keluar dari zona nyaman. Lewat organisasi kamu bisa menunjukkan eksistensi diri!

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar Agar Kamu Menjadi Siswa Anti Mager!

4. Mengasah Skill Komunikasi

kamu bisa lebih pandai bicara di depan umum juga.
Selama berorganisasi, komunikasi jadi hal penting yang bisa kamu pelajari

Salah satu keuntungan mengikuti organisasi ialah skill komunikasimu akan terasah. Lho, kok bisa? Sebuah organisasi pastinya punya bermacam-macam kegiatan. Sebagai anggota, sudah sewajarnya kamu ikut terlibat dong. Proses itulah yang kemudian menuntutmu mengasah kemampuan komunikasi. 

Kamu akan berlatih cara menyampaikan pesan secara efektif supaya enggak timbul mispersepsi. Banyaknya orang dengan berbagai karakter dan latar belakang menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam berkomunikasi. Beragam sarana melatih kemampuan komunikasi bisa kamu temukan dalam organisasi. Misalnya, salah satu temanmu yang ikut organisasi sedang menyampaikan pengumuman. Nah, itu juga salah satu bentuk skill komunikasi berupa public speaking. Bagaimana, menarik bukan?

5.Melalui Organisasi Kamu Punya Banyak Relasi

Tambah relasimu dengan mengikuti organisasi.
Perbanyak teman dan bangun relasimu

Berorganisasi memungkinkanmu mempunyai beragam teman. Enggak menutup kemungkinan barangkali ada helatan acara atau forum organisasi yang diselenggarakan antar sekolah. Saat itulah kamu bisa kenal siswa/siswi daerah lain. Lumayan kan punya pengalaman seru dan cerita-cerita baru! 

Siapa tahu hubunganmu makin erat, bahkan jadi sahabat dekat. Maka dari itu, jangan sungkan buat kenalan sama banyak orang. Siapa tahu kamu menemukan peluang baru nantinya. Bergaul juga membuatmu punya perspektif yang luas, supaya enggak mudah ngejudge orang lain! Yuk, saatnya tebar jaring relasimu!

Well, itulah 5 manfaat aktif organisasi selama SMA. Tetaplah haus akan ilmu dan pengetahuan. Percayalah jalan masih panjang. Carilah hal-hal yang ingin kamu pelajari, ini waktunya!

Oh iya, di SimulasiKu, kamu bisa jadi versi terbaik dirimu dengan mengikuti kelas online maupun try out UTBK. Cocok untukmu yang lagi mempersiapkan diri masuk kampus. Tunggu apalagi, cek website-nya!

Baca Juga: Jadi Anggota Osis, Banyak Sukanya atau Dukanya ya?

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us